BasketEdukasi Olahraga

Rahasia Atlet Basket Tetap Bugar Selama Bulan Puasa

5 Mins read

Mungkin kamu bertanya-tanya apa sebenarnya rahasia atlet basket tetap bugar? Jika diperhatikan, para atlet basket memiliki postur tubuh atletis dan selalu tampak aktif berenergi. Terlebih saat di lapangan.

Baca Juga : Pentingnya Gerakan Olahraga Saat Puasa dan Contohnya

Dalam kehidupan sehari-hari banyak yang melakoni segudang aktifitas termasuk para atlet dengan lancar. Bagaimana ketika memasuki bulan Ramadhan? Apakah menjalani puasa selama sebulan penuh mempengaruhi produktifitas?

Jadwal pertandingan bola Basket yang sudah ditetapkan tidak terpengaruh dengan bulan Ramadhan. Pemain harus tetap berlaga meski sedang puasa. Padahal tubuh atlet bekerja lebih keras dari orang biasa.

Rahasia Atlet Basket Tetap Bugar dengan Latihan Fisik

Meski sedang menjalani puasa, maka salah satu hal paling utama yang perlu diperhatikan adalah harus selalu menjaga latihan fisik. Meski tubuh mengalami perubahan secara cepat karena kurang asupan makanan, tetapi latihan tetap wajib dilakukan.

Latihan yang dimaksud adalah olahraga selain basket. Bisa jogging, jalan cepat, latihan kardio ringan, gym dan sebagainya. Aktifitas ini tetap dijalani setiap hari agar otot tetap prima, tidak kaku.

Bermain basket mengharuskan para atlet untuk berlari dengan cepat, melompat, berkoordinasi dengan teman. Dengan latihan fisik rutin, stamina seperti ini tetap terjaga. Tetap fokus selama bertanding di lapangan.

Latihan rutin harusnya dilakukan baik selama Ramadhan atau hari biasa. Minimal 30 menit sudah cukup untuk menjaga kebugaran. Ini adalah rahasia atlet basket tetap bugar pada saat puasa agar tidak langsung lemas dan tetap semangat.

Latihan fisik selama puasa sama dengan meningkatkan stamina ketika harus bertanding. Banyak atlet yang tetap menjalani puasa penuh meski berlaga. Ini menjadi rahasia atlet tetap bugar yang perlu dicontoh.

Latihan fisik rutin ini terlihat dari postur tubuh para atlet senior. Tidak mengalami obesitas meski usia sudah tidak lagi muda. Otot sudah terbiasa untuk bergerak aktif sehingga tidak berubah.

Bila perlu cobalah mengkonsumsi vitamin C karena berfungsi untuk suplemen agar tidak mudah sakit. Dengan begitu bisa membuat tubuh terhindar dari paparan virus dan bakteri. Anda bisa mendapatkannya dari buah segar, suplemen, dan madu.

Minum Air Putih Efektif Membuat Badan Lebih Segar

rahasia atlet basket tetap bugar

Rahasia atlet basket tetap bugar lainnya adalah mencukupi kebutuhan air putih. Air merupakan kebutuhan utama setiap manusia. Terutama bagi atlet, sangat dianjurkan memperbanyak minum air putih.

Air putih tidak dapat tergantikan dengan minuman lain. Pada saat merasa haus, minum air putih dengan minuman berasa atau berwarna, hasilnya berbeda. Lebih teratasi jika kamu langsung minum air putih dan menjadi rahasia atlet basket tetap bugar.

Tidak mengandung rasa dan pewarna buatan, sehingga lebih sehat. Jika kamu mengkonsumsi minuman berasa seperti the, kopi, soda, susu dan sebagainya, ada kalori yang harus dibatasi.

Kamu butuh lebih banyak latihan fisik untuk mengurangi kalori tersebut. Sama dengan yang terjadi pada tubuh atlet. Kelebihan kalori dari minuman manis dan berasa lainnya harus segera dibakar.

Pada hari biasa tentu tidak ada masalah untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Selama bulan Ramadhan, setiap atlet harus mampu mengatur pola hidup dengan lebih ketat. Kebiasaan siang hari dialihkan malam hari.

Beberapa atlet basket melakukan kebiasaan mengkonsumsi air putih pada saat berbuka, setelah makan, malam hari, sebelum tidur, dan saat sahur. Porsi setiap kali minum disesuaikan dengan kemampuan.

Hal ini bisa kamu contoh agar kebutuhan air putih tetap terpenuhi seperti hari biasa. Air putih lebih sehat, membantu menghidrasi tubuh dengan maksimal sekaligus mendukung kinerja organ.

Basket merupakan olahraga yang berat. Pola hidup atlet terbukti membantu meningkatkan performa di lapangan. Jadi tepat jika kamu mengikuti pola tersebut termasuk dalam mencukupi kebutuhan makan dan minum.

Istirahat Termasuk Rahasia Tubuh Bugar

rahasia atlet basket tetap bugar

Istirahat cukup merupakan salah satu rahasia atlet basket tetap bugar. Pada hari biasa, istirahat menjadi kebutuhan setiap orang. Umumnya meningkat pada saat memasuki bulan puasa.

Banyak alasan menambah jam tidur siang. Kurang jam tidur di malam hari, menghindari lapar, mengatasi lelah dan sebagainya. Namun perlu diingat bahwa cukup tidak sama dengan banyak.

Atlet basket lebih mengutamakan tidur yang berkualitas. Empat sampai lima jam sudah cukup untuk mengembalikan energy. Tidak perlu lama hingga lebih dari 10 jam seperti orang kebanyakan saat puasa.

Memang pada malam hari waktu istirahat lebih sedikit mungkin hanya 4 sampai 5 jam saja. Namun ini sudah cukup jika kamu tidur berkualitas. Pada saat bangun tidak merasa kantuk.

Siang hari pada saat harus bekerja, tubuh tidak lemas. Sebab istirahat yang sebentar sudah mampu mengembalikan stamina. Baik di awal hingga akhir bulan, hal ini bisa dipertahankan.

Salah satu tips untuk bisa segera tidur setelah selesai beraktifitas ibadah malam hari adalah, menghindari ngemil. Ini juga salah satu rahasia atlet basket tetap bugar selama puasa.

Ngemil, sangat tidak dianjurkan bagi atlet. Terlebih mengkonsumsi makanan tinggi pengawet, penyedap dan gula. Makanan ini tidak menimbulkan kenyang sebaliknya, memiliki efek buruk bagi kesehatan.

Bahkan jika dilakukan dalam jangka panjang bisa menyebabkan tubuh mengalami obesitas. Maka dari itu sudah seharusnya bila tubuh dijaga dengan baik dengan cara beristirahat cukup dan melakukan sedikit latihan ringan.

Kurangi Latihan Berat Bisa Membuat Tubuh Bugar

rahasia atlet basket tetap bugar

Rahasia atlet basket tetap bugar selama bulan puasa yang tidak boleh dilewatkan adalah mengurangi latihan berat. Meski permainan basket membutuhkan kekuatan dan kecepatan, latihan berat bisa dikurangi.

Olahraga kardio meski diperlukan untuk menunjang performa pada saat bertanding, sebaiknya dikurangi selama menjalani puasa. Hal ini untuk menghindari risiko cedera otot. Pada saat puasa tubuh perlu disetting terkait olahraga.

Jika melakukannya secara berlebihan, tubuh akan cepat lelah. Akibatnya lebih mudah haus dan lapar. Kamu akan lebih mudah mencari alasan untuk segera membatalkan puasa jika dalam kondisi seperti ini, bukan?

Durasi latihan juga perlu dibatasi. Ini merupakan salah satu rahasia atlet basket tetap bugar. Jadi jika hari biasa berlatih hingga 1 atau 2 jam, selama puasa bisa mengurangi hingga setengahnya saja.

Waktu 30 menit sudah cukup untuk latihan dan selama satu bulan sebaiknya menghindari senam aerobic. Bisa diganti dengan yoga, atau lainnya yang tidak terlalu menguras energi. Selain latihan basket, bersepeda, jalan santai, bisa dilakukan.

Lompat tali, bisa digunakan sebagai alternatif dalam olahraga. Membantu memperkuat jantung, otot kaki dan pernapasan. Namun bisa dilakukan dari rumah saja dengan durasi singkat sesuai kemampuan tubuh.

Angkat beban berat, meski melatih kekuatan otot lengan dan perut, perlu dipertimbangkan. Boleh menggunakan barbell dengan berat sedang hingga rendah. Otot tetap bekerja namun minim risiko cedera.

Beberapa rahasia atlet basket tetap bugar atlet basket justru menganjurkan untuk fokus pada kualitas bukan kuantitas. Jadi tidak perlu dilakukan setiap hari untuk menjaga kebugaran selama bulan puasa. Bisa seminggu 3 sampai 4 kali saja.

Makanan Bergizi Bisa Membuat Atlet Bugar

rahasia atlet basket tetap bugar

Rahasia atlet basket tetap bugar meski menjalani puasa yang terakhir adalah mengkonsumsi makanan bergizi. Meski sudah memiliki pola yang rutin dilakoni, namun selama satu bulan tentu terdapat pergeseran waktu.

  1. Mengatur Porsi Makan

Waktu makan berat hanya ada 2 kali. Saat sahur, porsi makan bisa dilebihkan untuk karbohidrat. Tetap dengan pola gizi berimbang dimana protein dan serat harus melengkapi.

Pada saat berbuka, tidak langsung makan besar namun perlahan dimulai dari yang mudah dicerna. Smoothies, menjadi salah satu menu yang dianjurkan untuk berbuka. Memiliki kandungan gizi dan cepat diserap tubuh.

  1. Konsumsi Buah

Buah harus masuk dalam setiap waktu makan, bahkan cemilan di malam hari. Saat sahur bisa diakhiri dengan sepotong buah semangka, pear atau jeruk. Mengurangi rasa tidak nyaman setelah makan berlemak.

Berbuka, bisa menggunakan buah dalam bentuk potong maupun jus. Perhatikan tambahan gula, namun sebaiknya diminimalisir. Sehingga tidak menyebabkan haus berlebih dan meningkatkan gula darah dengan cepat.

  1. Konsumsi Sayur

Sayur harus masuk dalam menu makan. Mengandung serat penting yang membantu proses metabolisme. Serat dalam sayur juga membantu melarutkan lemak jika diolah dan dikonsumsi dengan benar dan menjadi rahasia atlet basket tetap bugar.

Sayuran hijau bisa dimasukkan dalam menu makan dalam bentuk mentah maupun matang. Atlet mancanegara lebih suka makan sayur dalam bentuk salad. Bisa dilihat postur tubuh mereka atletis meski sudah berumur.

Baca Juga : Teknik Dasar Badminton Paling Mudah Diikuti Bagi Pemula

Selain makan buah, yoghurt juga perlu. Mengandung ribovlafin, protein serta kalsium yang dibutuhkan atlet dalam menunjang aktifitasnya. Jadi seperti itulah daftar rahasia atlet basket tetap bugar yang bisa dicoba selama bulan puasa.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Sepak BolaEdukasi Olahraga

Latihan Bermain Sepakbola Untuk Meningkatkan Kemampuan

5 Mins read
Latihan bermain sepakbola sebenarnya menjadi hal yang mudah. Sepakbola merupakan salah satu olahraga sederhana dan dimainkan dengan cara yang sederhana. Meskipun menjadi…
Edukasi Olahraga

Kombinasi Diet dan Olahraga yang Efektif Untuk Dilakukan

5 Mins read
Kombinasi diet dan olahraga sebenarnya menjadi salah satu kunci agar bisa memperoleh bobot tubuh yang ideal. Menjadi bagian dari masyarakat modern seperti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *