Basket

Inilah Power Forward Legenda dan Terbaik Dalam NBA

4 Mins read

Power forward legenda sangat cukup erat kaitannya dalam sejarah panjang permainan ini. Sebagai permaian dan olahraga yang mengedepankan ketangkasan kemudian pertahanan sangat kuat, posisi pemain yang bertugas power forward cukup menentukan keberhasilan serta kemenangan klub.

Permainan tersebut mempunyai aturan 5 orang melawan 5. Beberapa post pada permainan basket telah diatur sebaik mungkin sesuai dengan tugas maupun kriteria berbeda-beda, seperti point guard sampai power forward.

Baca Juga : Daftar Lapangan Tenis Terbaik di Seluruh Belahan Dunia

Setiap post tersebut memiliki tugas fungsi masing-masing dengan kualitas penilaian dan kriteria berbeda-beda. hal tersebut bisa didasarkan kondisi tubuh untuk menyesuaikan kebutuhan. Misalnya sebagai guard umumnya memiliki postur tubuh kecil agar lebih lincah ketika menggiring bola.

Berbeda juga pada post tugas seorang power forward yang memang dikhususkan untuk dijaga oleh seseorang dengan kriteria tinggi maksimal didukung kondisi fisik cukup kuat. Hal tersebut berhubungan dengan tugasnya yang cenderung cukup komplek pada area bawah ring lawan.

Berbicara mengenai posisi, saat ini kita akan membahas mengenai posisi seorang dengan tugas power forward. Fungsi posisi ini cukup strategi sebab beberapa hal memang hanya bisa dilakukan oleh spesialis tersebut. Ajang Sekelas NBA telah digelar lama telah melahirkan power forward legenda dari berbagai klub.

Ada banyak fungsi cukup penting dan harus diketahui oleh seorang poer forward, walaupun tugasnya cukup sama dengan pemain yang berposisi sebagai center. Akan tetapi ada sedikit perbedaan mendasar dari posisi keduanya. Meskipun berbeda maka seringkali ada beberapa pemain dengan tugas posisi ganda baik power maupun center.

Dalam permainan bola basket post ini dikenal dalam ring ke 4. Tugas paling pertama dan utama dari posisi pemain sebagai power forward yaitu menangkap kondisi bola rebound yang jatuh dari ring agar bisa dimaksimalkan kembali menjadi point.

Hal tersebut dilakukan ketika bertahan maupun saat posisi sedang dalam menyerang, maka dari itu syarat postur badan tinggi dan ketahanan badan kuat wajib menjadi kriteria umumnya.

List di bawah ini merupakan power forward legenda yang cukup dikenal pada sejarah panjang NBA.

Timothy Theodore Duncan

Power Forward Legenda

Nama pertama pada lingkung sejarah post tersebut dalam sepanjang sejarah NBA dengan posisi ini adalah timothy Theodore Duncan maupun penggemar biasa mengenalnya dalam sebutan tim Duncan. Pemain berkebangsaan amerika ini memang menjadi salah satu legenda dalam NBA karena tubuh tinggi dan kekarnya.

Duncan memulai membela klub profesionalnya pada tahun 1997, yakni San Antonio Spurs. Klub basket ini berdiri sejak tahun 1967 dan pada awal kiprahnya masih seringkali mengalami kekalahan telak akibat performa dan kedalaman skuad masih kurang memadai.

Akan tetapi semua berubah ketikan tim Duncan masuk dan bergabung dalam tim, dengan langsung mengisi posisi tersebut, Duncan berhasil membawa San Antonio Spures menggapai gelar sebagai juara perdananya ketika tahun 1999. Tidak heran apabila peran tim Duncan layak diberi gelar power forward legenda.

Kekuatan fisik dan tinggi badannya yang memadai cukup memberikan efek bantu paling cepat untuk mengangkat performa tim. Hanya butuh dua tahun saja bagi Duncan untuk membawa san Antonio spurs menjadi klub basket cukup disegani pada ajang sekelas dan sebesar NBA.

Setelah berhasil membawa san Antonio spurs menjadi juara pada tahun 90-an, maka lambat laun beberapa trophy juara terus diberikan. Menurut data sejak tahun pertamanya bergabung Duncan telah berhasil memberikan lima gelar juara kompetisi lingkup NBA, yaitu sejak tahun, 1999, 2003, 2005, 2007, dan terakhir diraih tahun 2014.

Duncan bisa dicap sebagai orang setia serta cukup berdedikasi sangat tinggi, sebab selama hampir 20 tahun karir pemain profesionalnya, sebagai pemain dengan fungsi power forward legenda kelahiran Virginia ini cukup membela satu klub, yakni san Antonio spurs. Selain prestasi klub Duncan juga diberikan gelar berupa MVP serta NBA ALL Star.

KarL Malone

Power Forward Legenda

Berikutnya ada nama karl Malone yang juga layak diberikan gelar sebagai legenda, khususnya pada posisi tersebut. pemain kelahiran tahun 1963 ini memang tidak pernah merasakan gelar juara bersama klubnya tapi pemain ini sangat layak untuk diapresiasi dalam mengisi pos posisi tersebut.

Utah jaz merupakan tim peserta NBA tempat karl Malone mengembangkan karir profesionalnya, selama hampir beberapa tahun membela Utah jazz belum ada gelar diraih, tapi secara probadi pemain tersebut sangat cocok untuk menyandang sebagai power forward legenda.

Alasan kuat menobatkan karl Malone sebagai pemain terbaik lahir dari berbagai apresiasi yang telah dia dapatkan utamanya dari penonton setia dan fansnya. Pemain ini cukup pintar untuk mencuri bola dari lawan untuk selanjutnya di konversi menjadi point.

Tidak heran dalam karirnya bersama Utah jazz pemain ini tercatat telah menorehkan sebanyak 36.928 point. Apabila di persentasekan berarti sebanyak 25 point telah karl raih pada setiap pertandingan.

Meskipun tidak mampu mempersembahkan gelar juara pada Utah jazz, akan tetapi karl tercatat telah dua kali mengantarkan klub profesional ini dalam grand final meskipun hasil akhirnya berakhir dengan kekalahan.

Atas apresiasi dan dedikasi tingginya karl Malone mendapat apresiasi dari Utah jazz dengan tidak lagi memberikan nomer punggung 32 kepada pemain lain. Hal tersebut dirasa layak menjadikan pemain ini sebagai power forward legenda.

Dennis Rodmand

Power Forward Legenda

Nama ketiga yaitu Dennis Rodmand, meskipun pemain tersebut dikenal dengan tingkah nyentrik serta seringkali terkenal kontroversial, akan tetapi Dennis cukup bisa disebut sebagai seorang legenda, terutama pada post serupa. Hal tersebut berdasarkan prestasi serta raihan dalam karir profesionalnya.

Power forward legenda layak disandingkan pada Dennis, terlebih lagi ketika pemain yang dinilai sering bertindik ini membela klub Detroit piston lalu Chicago Bulls. Dua klub tersebut merupakan tempat menempa karir profesional Dennis lengkap juga dengan raihan yang telah didapatkan.

Hasilnya semasa karinya membela dua klub tersebut, dannis berhasil memberikan 5 gelar juara. Kemampuan dalam menempatkan posisi lalu mengatur waktu yang presisi menjadikan Dennis cukup banyak membuat kagum, utamanya pada saat berposisi sebagai pemain power.

Pau Gasol

Power Forward Legenda

Nama terakhir untul list deretan power forward legenda yakni Pau Gasol. Jika mayoritas pemain berkualitas serta terbaik NBA lahir di negara Amerika serikat, maka Pau Gasol merupakan pemain dari luar negara tersebut dan cukup sukses menjadi cukup hebat.

Menguji karir di kompetisi NBA sejak tahun 2002 ternyata pemain berkebangsaan spanyol ini langsung mencuri perhatian dengan membawa gelar NBA rookie of the year dan bisa di sebut Power Forward Legenda. Hal tersebut diraih oleh gasol dalam karir profesional pertamanya bersama Memphis Grizzles.

Pau memutuskan untuk hengkang dan bergabung dengan LA Lakers dengan berhasil menyabet gelar NBA pertama kalinya secara berturut-turut. Raihan gelar juara tersebut dia raih pada tahun 2009 dan berlanjut satu tahun berikutnya.

Baca Juga : Ingin Memilih Raket untuk Bermain Badminton?

Prestasi lainnya juga disematkan gasol melalui torehan pint, dia dapatkan sebanyak 20.894. Point tersebut cukup fantastis melihat perannya sebagai posisi power forward.

Beberapa nama diatas mungkin akan menjadi contoh bagi calon muda dengan post sama, sehingga akan melahirkan power forward legenda terbaru pada generasi mendatang.

Related posts
Basket

Ingin Tahu Cara Jago Bermain Basket Apakah Harus Tinggi?

5 Mins read
Melihat performa dan fisik dari pemain top NBA, beberapa orang beranggapan bahwa jika ingin jago bermain basket harus tinggi. Namun apakah benar…
Basket

Daftar Pemain Basket Termahal di Dunia Harus Kalian Tahu

5 Mins read
Permainan basket sudah sangat populer di kalangan anak muda, namun kenalkah Anda dengan pemain basket termahal di dunia? Mereka adalah pemain yang…
BasketEdukasi Olahraga

Rahasia Atlet Basket Tetap Bugar Selama Bulan Puasa

5 Mins read
Mungkin kamu bertanya-tanya apa sebenarnya rahasia atlet basket tetap bugar? Jika diperhatikan, para atlet basket memiliki postur tubuh atletis dan selalu tampak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *