Basket

Posisi Pemain Basket dan Fungsinya Dalam Permainan

4 Mins read

Salah satu kunci untuk mendapatkan kemenangan dalam sebuah pertandingan adalah strategi serta penentuan posisi pemain basket. Lihat saja Michael Jordan yang berperan sebagai pencetak poin di timnya. Pada tahun 1986, ia mampu mencetak rata-rata 37,1 poin per pertandingan. Jumlah ini meningkat dari tahun 1984 yang hanya berada di 28,2 poin.

Baca Juga : Peraturan Dasar Bulutangkis Sesuai Standar BWF

Keberhasilan Michael Jordan dalam mencetak skor tentunya tidak lepas dari peran para pemain yang lainnya. Tanpa passing dan blocking yang tepat, ia tidak akan bisa melakukan shooting dengan bebas. Oleh karena itu, dalam bermain basket, kerja sama tim sangatlah penting untuk diperhatikan. Namun, sebelumnya, setiap pemain harus memahami posisi dan peran masing-masing ketika berada di lapangan.

Posisi Pemain Basket di Lapangan

Pada umumnya, setiap tim basket memiliki 12 pemain, dengan komposisi 5 berada di lapangan dan sisanya adalah cadangan. Penentuan posisi pemain basket biasanya ditentukan dari keahlian dan keterampilan yang dimiliki. Nantinya, setiap orang akan memiliki tugas yang berbeda untuk menjalankan strategy. Agar lebih paham mengenai setiap bagian, berikut adalah posisi yang terdapat dalam olahraga basket:

1. Point Guard

Posisi Pemain Basket

Setiap tim membutuhkan pelatih di dalam dan diluar lapangan. Jika diluar lapangan mereka memiliki pelatih asli, maka di dalam permainan mereka memiliki posisi pemain basket point guard (PG). Tugas utama dari orang yang berada di posisi ini adalah untuk mengarahkan rekannya dan menginformasikan jika ada peluang. Oleh karena itu, seorang PG juga harus pintar dalam membaca situasi pertandingan untuk menciptakan peluang.

Untuk bisa memberikan peluang kepada rekan satu tim, maka seorang PG harus mampu memberikan umpan dengan cepat serta tepat. Orang yang ingin berada di posisi pemain basket ini harus memiliki lemparan jauh yang kuat serta teknik bermain yang handal.

Pada umumnya, seorang PG berbadan kecil, dan bergerak dengan cepat di lapangan. Hal ini bertujuan agar sang pemain dapat bergerak dengan mudah dan lincah ke arah lawan. Namun, pemain yang tinggi pun dapat menempati posisi ini selama dia mampu memimpin, memberikan umpan dan berlari dengan cepat.

Untuk strategi bertahan, PG juga memiliki tugas mengganggu lawan dalam menciptakan poin. Mereka dapat melakukannya dengan bermain bertahan secara aggressive namun tidak sampai membuat pelanggaran. Dengan dua tugas yang dimiliki, maka posisi PG di lapangan berada di antara lawan dan gawang milik timnya.

2. Shooting Guard

Posisi Pemain Basket

Sesuai namanya, posisi ini bertugas untuk menembak dan menciptakan poin dari luar lingkaran. Oleh, karena itu pemain harus bisa menembak dari jarak yang jauh namun ke arah yang tepat. Kemampuan lain yang harus dimiliki orang yang berada di posisi ini adalah tembakan dari berbagai posisi baik dari luar lingkaran, pinggir lapangan hingga melakukan lay up.

Meskipun memiliki tugas menembak jarak jauh, SG juga berperan dalam membantu point guard. Apabila rekannya mengalami kesulitan dalam menghadang atau memberikan umpan, maka merekalah yang harus maju untuk membantu.

Seorang shooting guard yang bagus akan menjadi ancaman yang besar bagi lawannya. Oleh karena itu, mereka akan sering dihadang dan menjadi incaran. Jadi, para pemain harus pintar mencari celah atau area kosong untuk bisa mencetak poin.

3. Small Forward

Posisi Pemain Basket

Posisi yang akan sering menjadi incaran lawan dan akan sering dihadang adalah small forward. Perannya disini adalah merobohkan pertahanan lawan dan mencetak angka sebanyak-banyaknya. Hal ini tentunya akan membuat tugasnya semakin sulit dan menantang. Oleh karena itu, dibutuhkan pemain dengan teknik menembak yang handal serta jago mencari peluang.

Untuk memudahkan perannya, orang yang terpilih pada posisi ini biasanya berbadan tinggi dan atletis. Dengan postur badan seperti ini, maka mereka akan lebih mudah dalam mencetak poin sehingga mengancam lawan mainnya. Sama halnya dengan, shooting guard, pemain di posisi ini juga harus bisa mencetak angka dari berbagai posisi, baik jarak dekat maupun jauh.

Selain sebagai penyerang, small forward juga berperan sangat penting dalam strategi bertahan. Kelincahan yang dimilikinya diharapkan dapat membantu menghadang hingga merebut bola dari lawan. Kesimpulannya, orang yang berada di posisi ini diharapkan mampu membantu semua pemain baik untuk menyerang maupun bertahan.

4. Power Forward

Posisi Pemain Basket

Power forward memiliki peran yang hampir sama dengan posisi small forward. Posisi mereka di dalam lapangan biasanya selalu berada di bawah ring, baik untuk mencegah lawan untuk mencetak poin. Atau untuk mencetak poin untuk timnya dengan melakukan rebound.

Dalam strategi menyerang, para pemain power forward diharapkan mencetak poin dari jarak dekat. Dengan badannya yang besar dan tinggi, maka pemain lawan akan mengalami kesulitan dalam menghadang bolanya. Sebaliknya, untuk strategi bertahan, para power forward diharapkan mampu menghadang para lawan dalam mencetak poin.

5. Center

Posisi Pemain Basket

Posisi pemain basket yang terakhir namun tak kalah penting adalah bagian center. Sesuai namanya, posisi dari pemain ini berada di tengah lapangan, diantara pertahanan serta penyerangan.  Khusus untuk posisi ini, pelatih biasanya memilih pemain dengan badan terbesar dan tertinggi agar lebih mudah dalam menghalangi lawan menyerang.

Sebaliknya, posisi pemain basket  ini juga diharapkan mampu mencetak poin dalam jarak dekat, seperti dari lay up ataupun dunk. Dengan posisinya yang berada di tengah, ia juga akan menjadi penyambung umpan kepada rekannya yang berada di area lawan.

Untuk posisi bertahan, pemain center diharapkan mampu beradu fisik dengan lawan agar tidak sampai mencetak angka. Namun, untuk tugas ini, para center harus berhati-hati karena sangat riskan terjadi pelanggaran. Jika terjadi sebuah pelanggaran, maka tim lawan akan mendapatkan kesempatan untuk menambah poin.

Pentingnya Mengatur Posisi Pemain Basket dengan Strategi

posisi pemain basket para pemain tidak akan berarti jika tidak didukung dengan strategi yang bagus oleh para pelatih. Semua tim memiliki jumlah pemain yang sama dengan fungsi dan tugas sama. Yang membedakan hanyalah bagaimana pelatih mengatur mereka bermain hingga dapat bertahan dan menyerang secara bagus.

Contohnya, seorang pelatih ingin menggunakan strategi menyerang dengan pola 3-2. Dengan pola ini, terdapat tiga pemain yang berada di belakang untuk bertahan sedangkan dua di depan untuk menyerang. Ketika sudah memutuskan untuk menggunakan strategi ini, maka pastikan setiap pemain menjalankan perannya. Jangan sampai kelima pemain ikut maju ke depan dan membuat pertahanan mudah diserang.

Meskipun setiap orang memiliki peran yang berbeda-beda, namun tidak menutup kemungkinan untuk saling membantu. Oleh karena itu, posisi pemain basket di dalam tim harus memiliki teknik dasar dalam bermain basket, mulai dari dribbling, umpan hingga lay-up.

Baca Juga : Bursa Transfer Pemain Sergio Aguero Pindah ke Barcelona

Jadi, itulah detail posisi pemain basket beserta perannya dalam tim. Setiap orang berperan penting baik dalam menjaga areanya maupun menyerang. Namun, tanpa sebuah strategi, pemain juga tidak akan memiliki arah dan pola permainan yang tepat. Jadi, pastikan untuk memiliki pemain yang tepat dengan sebuah strategi yang cerdas.

Related posts
Basket

Berikut Daftar Sepatu Basket Termurah dan Berkualitas

5 Mins read
Sepatu basket termurah menjadi salah satu atribut yang sangat diperlukan. Apalagi, olahraga basket merupakan olahraga aktif. Jadi, sepatu menjadi salah satu hal…
Basket

Pengertian Bola Basket Bagi Pemula dan Sejarahnya

5 Mins read
Hingga kini mungkin masih banyak orang belum mengerti pengertian bola basket bagi pemula. Padahal, permainan satu ini cukup populer di Amerika Serikat…
BasketHome

Peraturan Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

5 Mins read
Tidak semua orang mengerti tentang peraturan dasar permainan bola basket. Apalagi, permainan ini tidak terlalu populer bagi beberapa orang. Jadi wajar memang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *