Basket

Posisi Pemain Basket di Lapangan Beserta Tanggung Jawabnya

4 Mins read

Posisi pemain basket ternyata berbeda-beda di lapangan. Olahraga permainan ini dimainkan secara group berjumlah 5 orang sekaligus. Tanggung jawab maupun fungsi masing-masing pemain itu berbeda-beda berdasarkan area dimana tanggungjawabnya mereka berada. Jadi setiap sudut lapangan memiliki penjaga yang memiliki tanggung jawab penting.

Sehingga mereka harus lebih fokus ke dalam permainannya sebab olahraga basket butuh kerjasama antar tim yang tinggi. Seperti yang diketahui bahwa sehebat apa pemainnya, maka setiap pemain tidak bisa menggiring atau mendribel bola sendiri lalu melakukan shooting begitu saja ke dalam gawangnya.

Baca Juga : 5 Turnamen Esports Internasional yang Selalu Ditunggu-tunggu

Hal seperti ini sangat jarang ditemui dalam setiap pertandingan. Sebab lawan di lapangan juga merupakan tim. Tidak akan mudah melewati rintangan dari pertahanan yang dibentuk oleh lawan untuk melakukan shooting bola ke ring bila tidak dibantu oleh rekan 1 tim dulu untuk membawa bolanya.

Meski tidak menekuni dunia basket layaknya atlet profesional namun mengetahui informasi mengenai semua yang berhubungan dengan olahraga bisa menjadi keuntungan tersendiri. Minimal mengetahui teknik dan ketentuan bermain. Sehingga mendapatkan manfaat ketika mencoba memainkannya. Berikut penjelasan posisi pemain basket dan tanggung jawab pemain ketika di lapangan:

Posisi Point Guard dalam Olahraga Basket

posisi pemain basket

Posisi atlet basket yang pertama adalah Point Guard. Seperti namanya Guard yang berarti penjaga. Pemain pada posisi ini berfungsi untuk menjaga permainan tim agar tidak diganggu lawan. Selain itu, mereka juga ditugaskan untuk mempertahankan posisi bola agar tetap berada di pihak tim sendiri.

Dengan begitu point guard bisa menghalau lawan saat memasuki area tim. Melihat hal tersebut, artinya posisi ini memikul tanggung jawab yang besar karena berperan sebagai playmaker. Karena irama permainannya ada di tangannya. Mereka inilah yang nantinya akan menentukan kapan bermain dalam ritme cepat atau santai.

Jadi bisa dibilang bahwa pada dasarnya Point Guard turut andil membawa bola dan melakukan passing kepada rekannya. Mereka biasanya akan lebih fokus di area perimeter namun fleksibel ketika bermain di lapangan. Selain itu, posisi pemain basket point Guard ini pada umumnya wajib menguasai skill khusus.

Mereka harus pandai dalam mengatur waktu, kapan mengoper bola serta melakukan shooting. Karena fungsi ini, berada di Point Guard harus lincah, memiliki kecepatan tinggi dalam berlari, serta berada di tempat fleksibel. Pemain berpostur paling kecil paling cocok untuk wilayah tersebut.

Peraturan pertandingan kini berlaku lebih fleksibel, dimana seorang Point Guard bisa memiliki beberapa fungsi sekaligus. Kondisi ini disebut dengan Combo Guard. Artinya mengisi lebih dari 1 posisi penjaga secara bersamaan di waktu yang sama. Pemain juga bisa berperan sebagai Shooting Guard.

Wilayah Posisi Pemain Basket untuk Shooting Guard

posisi pemain basket

Shooting Guard ini posisinya hampir sama seperti point guard, begitu juga dengan fungsinya. Mereka berfungsi sebagai penjaga tim dalam pertandingan. Jadi tanggung jawabnya adalah bekerja pada garis perimeter ketika melakukan offense. Namanya penjaga tembakan, tugasnya menutup akses dari lawan ketika shooting dengan block.

Orang ini biasa disebut dengan pemain nomor 2. Mereka biasanya memiliki kemampuan shooting jarak jauh. Selain itu, biasanya mereka juga berpeluang besar dipilih untuk menjadi seorang Shooting Guard. Anggota tim dengan persentase shooting besar berpotensi menempati posisi pemain basket tersebut.

Shooting Guard seringkali berpotensi besar menyumbang poin dalam persentase tinggi bagi masing-masing tim. Salah satunya membuat tembakan 3 angka sekaligus. Karena posisinya memiliki peluang potensial tersebut, sehingga hal ini membuat Shooting Guard biasanya dibebani tanggung jawab untuk mencetak tembakan 3 angka dalam permainannya di lapangan.

Namun meski begitu, menariknya adalah Shooting Guard ini biasanya tidak wajib memiliki skill mendrible bola dengan baik, handling, dan passing dengan tepat. Namun mereka hanya harus bisa melakukan tembakan dari berbagai sisi saja jadi sesuai dengan namanya.

Salah satu contoh atlet yang berada pada posisi ini adalah Kobe Bryant. Dimana lebih banyak pemain melakukan spot up shooter. Tanggung jawab pokoknya menghasilkan angka dari tembakan. Jadi tidak diharuskan memenuhi persyaratan seperti point guard seperti skill dunk and layup, midrange shoot, fadeaway shoot.

Small Forward serta Power Forward

posisi pemain basket

Kedua posisi pemain basket tersebut bisa ditebak apa saja fungsinya di lapangan. Forward dapat diartikan sebagai seorang penyerang. Pemain pada posisi forward umumnya paling menonjol di lapangan. Biasanya di posisi ini seringkali dipilih dari postur tubuh yang kuat, tinggi, dan memiliki kecepatan dalam mengolah bola.

Tidak jarang penyerang ini sangat diidolakan oleh kaum wanita karena postur tubuhnya bagus. Sementara itu bila mengisi tempat sebagai Small Forward, maka setiap pemain wajib menguasai skill tingkat dewa. Selain lincah, kuat, memiliki akurasi tinggi, skill tembakan, dan instingnya juga harus tajam.

Small Forward, biasanya akan menjadi penilaian utama sebuah regu basket. Karena mereka inilah yang nantinya bertugas untuk menghasilkan tembakan dengan jitu. Sehingga posisi pemain basket ini seringkali dijadikan sebagai fungsi pokok sebuah tim olahraga basket.

Power Forward, memiliki wilayah pergerakan paling dekat dengan rim. Jadi mereka biasanya memiliki posisi yang lebih fleksibel sesuai tugasnya. Yaitu berperan untuk mengamankan wilayah tim sendiri. Karena tugasnya itu membuatnya sering disebut sebagai back-up center karena bergerak di area belakang dan tengah.

Keahlian mereka biasanya lebih kompleks karena fungsinya berlaku di hampir seluruh wilayah lapangan. Sementara itu diposisi Power Forward serupa dengan penyerang sebelumnya, mensyaratkan postur lebih tinggi serta juga besar dibandingkan Guard. Sehingga memiliki kekuatan untuk mempertahankan daerah sendiri. Sulit menghentikan pergerakan yang berada diposisinya ini.

Posisi Pemain Basket ke 5 adalah Center

posisi pemain basket

Untuk posisi pemain basket yang terakhir atau kelima yaitu Center atau artinya adalah tengah. Pasti sudah bisa menebak seperti apakah tanggung jawab dan fungsi dari posisi ini. Posisi ini merupakan orang yang memikul beban sebagai Short Blocker, Rim Protector, serta harus memaksimalkan fungsi pertahanannya.

Karena tugas beratnya inilah membuat seorang Center begitu ditakuti oleh lawan di lapangan. Tempat atau wilayah pergerakan Center adalah di area rim. Kadang di bawah rim kadang berada di close range. Lebih banyak bermain untuk tembakan jarak dekat dan kebanyakan berhasil.

Center mendapat perhatian khusus dari sebuah regu dan biasanya akan diisi oleh seseorang yang memiliki postur paling besar, tinggi, dan kuat. Center biasa menjadi pemantul bola kepada rekan satu tim ketika bertanding di lapangan. Mereka juga menggunakan wingspan untuk usaha dalam pertahanan.

Baca Juga : 4 Tim Esport Paling Populer dan Bergengsi di Indonesia

Bisa dikatakan juga bahwa mereka merupakan garda terakhir yang mengamankan rim sendiri dari tembakan lawan. Karena tugasnya itulah membuat seorang center harus percaya diri meski ruang geraknya lebih intens berada di kandang sendiri ketika bertanding dalam posisi pemain basket.

Mereka inilah yang nantinya akan menjadi orang yang paling banyak bekerja dalam pick and roll bersama Guard atau Forward. Sehingga mereka harus memiliki strategi jitu. Tidak boleh lengah meski ritmenya lambat. Posisi pemain basket ini bisa mengakomodasi ke arah mana saja karena berada di tengah.

Related posts
Basket

Berikut Daftar Sepatu Basket Termurah dan Berkualitas

5 Mins read
Sepatu basket termurah menjadi salah satu atribut yang sangat diperlukan. Apalagi, olahraga basket merupakan olahraga aktif. Jadi, sepatu menjadi salah satu hal…
Basket

Pengertian Bola Basket Bagi Pemula dan Sejarahnya

5 Mins read
Hingga kini mungkin masih banyak orang belum mengerti pengertian bola basket bagi pemula. Padahal, permainan satu ini cukup populer di Amerika Serikat…
BasketHome

Peraturan Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

5 Mins read
Tidak semua orang mengerti tentang peraturan dasar permainan bola basket. Apalagi, permainan ini tidak terlalu populer bagi beberapa orang. Jadi wajar memang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *