Basket

Pengertian Bola Basket Bagi Pemula dan Sejarahnya

5 Mins read

Hingga kini mungkin masih banyak orang belum mengerti pengertian bola basket bagi pemula. Padahal, permainan satu ini cukup populer di Amerika Serikat dan sebagian negara Eropa.

Basket sendiri sudah ada sejak lama, namun tidak langsung populer. Kepopulerannya datang setelah banyak orang melihat bahwa permainan ini terlihat cukup menarik. Jadi mulai banyak orang memainkannya.

Baca Juga : Cara Download Mobile Legends Apk untuk Player Baru

Di Indonesia sendiri sebenarnya juga cukup populer. Meskipun masih kalah dengan olahraga lain seperti sepakbola, bulutangkis, dan bola voli. Namun, bukan berarti tidak ada penggemarnya, bukan?

Jika Anda masih awam dalam dunia basket, tentu akan sulit memahami cara permainannya. Oleh sebab itu, kami akan memberikan banyak informasi terkait permainan men-dribble bola ini.

Pengertian Bola Basket Bagi Pemula

Secara umum pengertian bola basket bagi pemula, basket merupakan permainan yang tujuannya mendapatkan banyak poin dari lawan. Selama beberapa waktu, setiap regu harus saling beradu strategi supaya bisa terhindar dari tekanan lawan dan memenangkan pertandingan.

  1. Sejarah

Pada awalnya, permainan ini tercipta karena seorang guru olahraga bernama James Naismith ingin mengisi waktu luang dengan aktivitas dalam ruangan. Beberapa peraturan diciptakan dengan memasang ring di tembok.

Setelah berkembang, permainan ini sendiri pertama kali dimainkan secara resmi pada gimnasium YMCA di New York. Setelah itu, permainan ciptaan Naismith ini menjadi populer dan dikenal hingga saat ini.

  1. Waktu Permainan

Untuk lama waktu pertandingan sendiri sebenarnya ada 2 versi. Pertama adalah mengikuti aturan dari NBA dengan ketentuan 4 x 12 menit. Sedangkan aturan dari FIBA adalah 4 x 10 menit.

  1. Lapangan

Sama dengan lama waktu permainan, lapangan yang dipakai juga mengikuti 2 aturan berbeda. Aturan pertama dari NBA dengan ukuran 28,7 x 15,2 meter dan aturan FIBA 28 x 15 meter.

  1. Penentuan Juara

Tim mana saja yang mendapatkan poin paling banyak akan keluar sebagai pemenang. Poin bisa didapatkan dari lemparan bebas, lemparan pada area poin, serta lemparan dari luar area poin.

Jumlah Pemain yang Diperlukan Dalam Bermain Basket

pengertian bola basket bagi pemula

Supaya pengertian bola basket bagi pemula lebih jelas, maka Anda juga perlu mengetahui berapa jumlah pemainnya. Aturan yang berlaku adalah 5 pemain dalam lapangan dan 5 pemain cadangan.

  1. Forward

Setidaknya dalam permainan basket ada 3 peran utama, salah satunya adalah forward. Seorang forward memiliki tugas mencetak poin sebanyak-banyaknya. Biasanya seorang forward juga menjadi pemain andalan karena akurasi lemparan.

  1. Defense

Seperti namanya, seorang defense memiliki tugas yang cukup berat. Seorang defense harus menjaga pergerakan lawan supaya tidak bisa mencetak angka. Intinya adalah pemain yang bertugas menjaga pertahanan tim.

  1. Playmaker

Salah satu tugas yang paling berat adalah sebagai playmaker. Seorang playmaker dituntut mengatur strategi dalam pertandingan. Bahkan dituntut menciptakan permainan yang atraktif sehingga rekan satu tim memiliki kesempatan mencetak angka.

Teknik Dasar Dalam Bermain Basket

pengertian bola basket bagi pemula

Ada beberapa pengertian bola basket bagi pemula jika Anda ingin bermain basket. Tentunya teknik ini nantinya bisa dikembangkan menjadi berbagai teknik lain. Tujuannya supaya permainan lebih variatif dan lebih atraktif untuk ditonton.

  1. Catching Ball

Jika ingin bermain basket, maka latihan dasar yang harus dilakukan adalah menangkap bola. Meskipun kedengarannya cukup mudah, namun faktanya sangat sulit. Apalagi jika sudah dalam pertandingan dengan tempo tekanan tinggi.

  1. Pass Ball

Latihan mengoper juga menjadi latihan dasar bagi seorang pemula. Ada beberapa jenis operan, misalnya over head pass, chest pass, hingga bounce pass. Semua jenis operan ini harus Anda pahami.

  1. Dribbling

Basket merupakan olahraga yang menggunakan tangan untuk membawa bola. Caranya sendiri juga cukup gampang. Pantulkan saja bolanya ke lantai dan tangkap kembali serta lakukan secara berulang-ulang.

  1. Pivot

Pengertian bola basket bagi pemula juga perlu memahami tentang pivot. Gerakan ini sendiri merupakan gerakan poros untuk melindungi atau menyelamatkan bola. Jadi bola tetap berada pada penguasaan tim.

  1. Lay Up

Latihan paling dasar untuk mencetak poin adalah lay up. Gerakan ini dilakukan dengan gerakan sedikit melompat dengan kedua tangan memegang bola. Kemudian bola dilemparkan ke arah ring basket.

  1. Shooting

Shooting bisa diartikan sebagai upaya untuk mendapatkan poin. Latihan melempar bola bertujuan untuk meningkatkan akurasi lemparan. Dengan begitu, potensi tercetaknya poin akan jauh lebih tinggi.

Teknik Permainan yang Perlu Diketahui

Untuk memaksimalkan peluang kemenangan, maka teknik dalam melakukan lemparan tentu harus diperhatikan. Ada banyak sekali teknik melempar yang bisa Anda pelajari sebagai salah satu pengertian bola basket bagi pemula.

  1. Fade Away

Ini merupakan teknik yang dilakukan dalam keadaan tertentu. Teknik fade away mengharuskan pemain harus mendorong badannya ke belakang sebelum melempar bola. Jika keseimbangan buruk, maka akan pemain bisa terpelanting.

  1. Hook Shoot

Teknik ini bisa Anda lakukan ketika mendapatkan penjagaan ketat. Caranya adalah melempar bola menggunakan 1 tangan dari arah samping. Akurasi lemparan menggunakan teknik ini sendiri cukup tinggi, yaitu 80%.

  1. Jump Shoot

Jump shoot sering dilakukan untuk mendapatkan 3 poin angka. Teknik ini sendiri bisa dilakukan ketika area pinalti mendapat penjagaan ketat. Jadi sulit untuk mengoper bola ke rekan satu tim.

  1. Slam Dunk

Slam dunk sendiri merupakan teknik melempar bola yang sangat populer dan menjadi pengertian bola basket bagi pemula. Apalagi bagi pemain dengan efektifitas gerakan menusuk hingga ring lawan. Gerakan ini nanti akan langsung memasukan bola langsung dari tangan.

  1. Crossover

Pengertian bola basket bagi pemula Teknik ini sebenarnya lebih cocok untuk mengecoh lawan jika dibandingkan untuk mencetak angka. Gerakan crossover adalah memindahkan bola dari satu tangan ke tangan lain dengan beberapa improvisasi gerakan.

Berbagai Macam Pelanggaran Dalam Bermain Basket

pengertian bola basket bagi pemula

Jika ingin melihat pengertian bola basket bagi pemula, maka Anda juga harus memperhatikan aturan ini. Ada banyak aturan yang jika dilanggar akan menguntungkan tim lawan.

  1. Double Foul

Ketika sudah melakukan berhenti men-dribble bola, maka jangan lakukan dribble kembali. Lebih baik oper ke rekan satu tim. Jika tetap dilanjutkan maka Anda akan terkena pelanggaran.

  1. Jumping Foul

Tidak jadi ketika sudah dalam posisi melempar bola di udara adalah sebuah kesalahan. Hal tersebut akan dihitung sebagai sebuah pelanggaran. Sebaiknya jangan lakukan pelanggaran ini sebanyak 5 kali.

  1. Offensive Foul

Ketika lawan sedang dalam posisi bertahan yang tepat, maka jangan tabrak. Jika memaksakan, maka Anda yang malah dianggap melanggar. Tindakan ini juga berakibat buruk bagi tim, bukan?

  1. Personal Foul

Posisi bertahan yang tidak tepat bisa menyebabkan sebuah pelanggaran. Misalnya saja kesalahan saat melakukan blocking pemain. Justru tim lawan akan mendapatkan keuntungan dengan free throw.

  1. Technical Foul

Jenis foul satu ini mungkin tidak termasuk dalam kategori yang sudah ditentukan. Bahkan, Technical Foul bisa dikatakan sebagai aturan tambahan. Salah satu contoh yang sering terjadi adalah umpatan kepada wasit.

  1. Unsportsmanlike Foul

Supaya pengertian bola basket bagi pemula bisa Anda pahami, maka semua tindakan tidak fair harus dihilangkan. Semua bentuk tindakan seperti itu bisa dianggap sebagai pelanggaran, misalnya memprovokasi wasit.

  1. Team Foul

Pelanggaran selama 5 kali berturut-turut akan sangat merugikan. Hal tersebut karena akan ada free throw yang didapatkan oleh tim lawan. Jadi sebaiknya hindari tindakan yang berpotensi menjadi sebuah pelanggaran.

Penentuan Poin dan Juara

pengertian bola basket bagi pemula

Dalam menentukan tim mana yang mendapatkan gelar juara, maka ada beberapa aturan khusus yang diberlakukan. Bukan hanya dari jumlah poin terbanyak saja, namun juga dari berbagai aspek lainnya.

  1. Sistem Poin

Sistem poin dilakukan untuk melihat tim mana yang menjadi juara. Kemenangan akan mendapatkan 2 poin, imbang 1 poin, dan kalah 0 poin. Semakin banyak kemenangan maka semakin besar perolehan poin.

  1. Nilai Terbanyak

Untuk pengertian bola basket bagi pemula bisa dipahami melalui poin terbanyak setiap tim. Semakin banyak poin kemenangan maka kemungkinan juara juga jauh lebih tinggi dari tim lain.

  1. Agregat Permainan

Ketika ada 2 tim yang memiliki poin sama, maka akan dilakukan sistem agregat. Artinya tim dengan kemenangan terbanyak akan mendapatkan juara. Begitu juga dihitung melalui head to head kedua tim.

  1. Penentuan Goal Average

Goal Average dilakukan ketika ada lebih dari 2 tim yang memiliki poin sama. Semua total perolehan poin kemenangan dalam setiap pertandingan akan ditotal untuk melihat siapa paling tinggi.

  1. Sistem Undian

Jika dari semua cara sudah dilakukan dan hasilnya tetap sama, maka cara terakhir adalah undian. Mungkin jika menggunakan cara undian bisa dikatakan bahwa keberuntungan sangat besar pengaruhnya.

Baca Juga : Peraturan Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

Basket memang permainan yang cukup menarik. Banyak orang mulai melihat basket sebagai permainan atraktif. Itulah mengapa pengertian bola basket bagi pemula sangat penting bagi setiap orang.

Related posts
Basket

Ingin Tahu Cara Jago Bermain Basket Apakah Harus Tinggi?

5 Mins read
Melihat performa dan fisik dari pemain top NBA, beberapa orang beranggapan bahwa jika ingin jago bermain basket harus tinggi. Namun apakah benar…
Basket

Daftar Pemain Basket Termahal di Dunia Harus Kalian Tahu

5 Mins read
Permainan basket sudah sangat populer di kalangan anak muda, namun kenalkah Anda dengan pemain basket termahal di dunia? Mereka adalah pemain yang…
BasketEdukasi Olahraga

Rahasia Atlet Basket Tetap Bugar Selama Bulan Puasa

5 Mins read
Mungkin kamu bertanya-tanya apa sebenarnya rahasia atlet basket tetap bugar? Jika diperhatikan, para atlet basket memiliki postur tubuh atletis dan selalu tampak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *