Basket

10 Pemain Basket Legendaris Dunia Sepanjang Masa

4 Mins read

Bagi Anda pecinta bola basket tentunya mengetahui beberapa pemain basket legendaris di dunia. Beberapa nama dari mereka memang begitu populer hingga ke antero dunia. Bakat yang dimilikinya membuahkan prestasi melebihi pemain lainnya. Bahkan hingga memecahkan berbagai rekor.

Karir mereka begitu gemilang selama bermain basket, dengan karakteristik yang khas hingga sangat mudah dikenali. Bahkan, hingga detik ini meski nama-nama yang akan kami sebutkan sudah tidak bermain basket lagi, namun segala prestasinya masih lekat dalam ingatan pecinta basket.

Baca Juga : Kemenangan Shelby Rogers Kalahkan Brengle di Miami Open

Hingga orang awam juga sangat familiar dengan nama tersebut. Sebab, ada beberapa rekor dari pemain basket legendaris ini yang belum terpecahkan oleh pebasket di masa kini.

Berikut adalah nama pemain basket legendaris yang selalu di kenang sebagai legenda dunia hingga sekarang.

Bintang Basket Michael Jordan

pemain basket legendaris

Legenda dunia yang hingga saat ini namanya masih terkenal di mana-mana. Bahkan sebagai bentuk penghormatan, merek sepatu ternama dunia menggunakan namanya. Michael Jordan sudah berkecimpung di dunia basket NBA sejak tahun 1984 dan membela tim Chicago Bulls hingga tahun 1998.

Selama menjadi pebasket, Jordan sudah berhasil menghasilkan enam gelar juara dan ditunjuk sebagai MVP reguler sebanyak lima kali. Jordan memiliki karakter yang unik dan tidak dimiliki pemain lain.

Sebab kemampuan pemain basket legendaris ini dalam memainkan bola, pengendalian jalannya permainan, dan upaya membantu kerja sama dengan pemain lainnya untuk mencapai kemenangan.

Bukan hanya soal statistik perolehan skor, namun karakteristik ini yang menjadikannya begitu unik. Menurut para pengamat olahraga basket, pemain yang mendekati kemampuan Jordan adalah LeBron James.

Mantan Pebasket Bill Russell

pemain basket legendaris

Bill Russell merupakan legenda basket dunia yang menjadi pemenang pertama medali emas dalam cabang basket, juara NBA, dan juga pemenang saat di perguruan tinggi. Selama menjadi pemain basket deretan prestasinya sangat banyak.

Russell merupakan salah satu pemain dari 50 dengan prestasi cemerlang sepanjang sejarah NBA. Pemain basket yang legendaris ini berhasil memenangkan lima gelar MVP, berhasil masuk NBA All-star sebanyak 12 kali, dan berhasil mewariskan teknik shotblocker revolusioner dalam NBA.

Pada masa Russel yang bermain di tahun 60-an, jumlah total grup yang berkompetisi ada 9. Meski terlihat mudah karena hanya perlu melawan lebih sedikit grup, namun pada masa itu terdapat lebih dari satu pemain basket legendaris dalam satu tim.

Bahkan jumlahnya hingga 3-4 pemain bintang di satu tim. Teknik permainan pebasket saat itu sangat kuat dan tembakannya akurat, sehingga tidak salah jika Bill Russel yang merupakan pemain terbaik saat itu menjadi legenda dunia hingga saat ini.

Magic Johnson Legenda Amerika

emain basket legendaris

Semua pecinta basket di seluruh negara pasti tidak merasa asing dengan nama ini. Posternya yang sedang berlagi memegang boba basket akan jadi incaran dan pajangan di kamar sebagai motivasi.

Magic Johnson, mantan pemain basket asal Amerika Serikat yang namanya melegenda hingga detik ini. Dia dikenal sebagai pengoper bola dan point guard terbaik di dalam sejarah NBA. Tembakannya akurat dan tajam.

Karena kemampuannya yang luar biasa, Johnson bahkan dikontrak hingga 13 musim oleh Los Angeles Lakers. Prestasinya selam menjadi pemain basket adalah masuk ke dalam MVP Awards, berhasil bermain di Final NBA sebanyak 9 kali, All-Star Games sebanyak 12 kali, dan mendapatkan nominasi All-NBA First and Second Team sebanyak 10 kali.

Selain itu, pemain basket legendaris bernama asli Earvin Johnson Jr. merupakan pemimpin the league un regular-season assists sebanyak 4 kali, dan the NBA’s all-time leader assists.

Johnson juga merupakan salah satu pemain yang berpartisipasi dalam United States Men’s Olympic Basketball team pada tahun 1992. Pada olimpiade yang diadakan di Barcelona itu, Johnson berhasil meraih medali emas bersama timnya.

Pemain Legenda Larry Bird

pemain basket legendaris

Bermain dari tahun 80-an hingga 90-an, Larry Bird sudah mencapai prestasi tertingginya sebagi pebasket hingga dikenal sebagai legenda dunia. Bird, masuk ke dalam sektor small forward dan power forward selama 13 musim NBA dan memutuskan untuk pensiun pada tahun 1992.

Dia berhasil menyabet 12 kali NBA All-Star Games, tiga kali meraih juara NBA, dan tiga kali berhasil mendapatkan penghargaan MVP.

Kareem Abdul Jabbar

pemain basket legendaris

Pemain basket legendaris Kareem Abdul Jabbar merupakan pemain NBA dengan pemegang rekor point terbanyak sepanjang sejarah. Hingga saat ini rekor tersebut belum terpecahkan oleh pemain manapun.

Kareen Abdul Jabbar berhasil mencetak 38.387 point dan jumlah tersebut memiliki selisih 6000 point dari angka yang diraih Michael Jordan selama masa aktifnya sebagai pemain basket.

Mantan Pemain LA Lakers Jerry West

pemain basket legendaris

Jerry West merupakan mantan pemain Los Angeles Lakers yang dijuluki sebagai Mr.Clutch. julukannya itu karena West mampu membuat sandiwara besar permainan saat kondisi timnya sedang lemah.

Kemampuannya yang luar biasa karena mampu melakukan tembakan dari jarak 60 kaki pada menit-menit akhir. Hal itu terjadi ketika final NBA tahun 1970 saat timnya melawan New York Knicks. Jerry West merupakan pemain yang siluetnya masih digunakan NBA hingga saat ini.

Sebab, pemain basket legendaris ini begitu dikenang karena permainan luar biasanya selam 14 musim di NBA. Jerry West merupakan satu-satunya pemain di dunia yang memperoleh gelar MVP dari tim kalah.

Legenda Spurs Tim Duncan

pemain basket legendaris

Tim Duncan adalah mantan pemain San Antonio Spurs. Duncan dikenal sebagai power forward dan pemimpin klub ini. Dia juga dikenal sebagai pemain yang berhasil mengoleksi point terbanyak. Posisinya satu peringkat di bawah Kareem Abdul Jabbar.

Pemain Legenda Wilt Chamberline

pemain basket legendaris

Pemain basket legendaris yang memulai karirnya pada Basketball Hall of Fame di tahun 1978. Sepanjang karirnya tersebut Wilt Chamberline berhasil mencatatkan namanya sebagai pemain yang paling mendominasi di NBA.

Rekor yang sudah dicetaknya dalam dunia perbasketan sangat banyak, diantaranya adalah pencetak angka paling produktif sepanjang masa, rebound dan kategori lainnya. Chamberline merupakan satu-satunya pemain yang mampu mencetak 40 hingga 50 poin dalam sekali bermain.

Bahkan Chamberline mampu mencetak 100 point per game. Sepanjang sejarah basket, hanya dia yang mampu melakukannya. Oleh sebab itu dia dianggap sebagai pemain bola basket terhebat. Dia bahkan dijuluki dengan pemain NBA paling sangar, bahkan sekelas Bill Russell tidak tahu cara menghadapi Wilt Chamberline

Sepanjang karirnya Wilt Chamberline berhasil mendapatkan juara NBA pada tahun 1967 dan 1972, mendapatkan gelar MVP sebanyak 4 kali, bertanding dalam laga final MBA sebanyak 1 kali, dan mendapat penghargaan Rookie of the Year pada tahun 1960.

Mantan Pebasket Hakeem Olajuwon

pemain basket legendaris

Mantan pemain basket legendaris tim Huston Rockets di kompetisi NBA. Pada tahun 90-an, pemain ini dikenal sangat sulit dikalahkan dengan tinggi badannya yang mencapai 2.13 meter. Hakeem Olajuwon ditempatkan di posisi center dalam timny.

Berkat kemampuannya dia berhasil membersamai timnya meraih juara NBA pada tahun 1994 dan 1995. Bahkan hingga saat ini namanya masih tercatat sebagai pemain dengan blocked shoot terbanyak.

LeBron James Legenda Masa Kini

pemain basket legendaris

Pemain profesional pada periode ini yang memiliki kemampuan mendekati Michael Jordan adalah LeBron James. Dia sudah berkiprah dalam dunia basket selama 15 tahun terakhir. Kemampuannya tidak hanya mencetak angka saja, tapi juga bisa mengendalikan permainan dengan baik.

Selain itu James mampu mendistribusikan bola dengan baik dan memblok serangan lawan. Kemampuannya sangat kompleks sebagai pebasket, sebab permainanannya begitu unik dan khas di arena.

Baca Juga : Daftar Sirkuit MotoGP Terbaik untuk Kelas Internasional!

Sepuluh mantan pemain yang telah disebutkan di atas memiliki prestasi tidak biasa dan teknik permainan unik. Maka, tidak heran jika mereka berhasil menjadi pemain basket legendaris dunia hingga saat ini.

Related posts
Basket

Berikut Daftar Sepatu Basket Termurah dan Berkualitas

5 Mins read
Sepatu basket termurah menjadi salah satu atribut yang sangat diperlukan. Apalagi, olahraga basket merupakan olahraga aktif. Jadi, sepatu menjadi salah satu hal…
Basket

Pengertian Bola Basket Bagi Pemula dan Sejarahnya

5 Mins read
Hingga kini mungkin masih banyak orang belum mengerti pengertian bola basket bagi pemula. Padahal, permainan satu ini cukup populer di Amerika Serikat…
BasketHome

Peraturan Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

5 Mins read
Tidak semua orang mengerti tentang peraturan dasar permainan bola basket. Apalagi, permainan ini tidak terlalu populer bagi beberapa orang. Jadi wajar memang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *