Basket

4 Daftar Negara Penghasil Atlet Basket Terbaik di Dunia

4 Mins read

Membahas mengenai negara penghasil atlet basket, mungkin orang awam langsung menyebutkan Amerika Serikat. Hal ini memang tidak salah karena perkembangan olahraga satu ini dimulai dari negeri Paman Sam dan terus tersebar sampai seluruh dunia. Hasilnya dunia olahraga bola besar tersebut memang paling maju di negeri asalnya.

Baca Juga : 4 Atlet Badminton Tercantik Saat Ini dan Sepanjang Sejarah

Apalagi kalau berbicara tentang NBA sebagai kompetisi klub bola basket paling besar seantero dunia. Di dalamnya bisa kita lihat sudah cukup berkembang dimana tidak hanya diisi oleh pemain lokal. Bahkan klub-klub besar NBA mulai mencari bibit pemain baru dari Eropa, Afrika bahkan Asia asalkan bagus.

Berikut adalah 4 Daftar Negara Penghasil Atlet Basket Terbaik di Dunia

Negara Penghasil Atlet Basket Amerika Serikat

atlet basket

Seperti kita ketahui sebelumnya kalau NBA memang berasal dari Amerika Serikat sehingga memiliki perkembangan dan industri basket terbaik seluruh dunia. Amerika Serikat memiliki pengembangan dunia basket lebih alami dibanding negara lain. Apalagi ada Street Basketball yang dimainkan hampir semua orang saat ke tempat umum.

Negara penghasil atlet basket ini juga selalu jadi unggulan saat mengikuti kompetisi atau kejuaraan, baik level senior maupun junior. Untuk hasilnya tentu berhasil banyak meraih juara karena sangat dominan sekali. Bahkan mereka bisa menyapu bersih jadwal piala dunia dan olimpiade sampai menang sehingga sangat ditakuti.

Proses mendominasi NBA ini memang sudah ada sejak kompetisi ini pertama kali digulirkan sehingga memunculkan ribuan atlet berkualitas. Maka dari itu persaingannya cukup sulit dan membuat banyak pemain asing asal Amerika Serikat memilih kontrak klub dari negara lain atau berkarir sebagai pelatih kepala suatu tim.

Beberapa tim Amerika Serikat seperti Boston Celtics, Memphis Grizzlies, San Antonio Spurs, LA Lakers, Golden State Warriors dan sebagainya memang punya persaingan ketat. Bahkan seorang atlet harus lolos banyak tes sebelum masuk tim utama. Tidak heran setiap match kelihatan sangat intens dan selalu seru ditonton.

Julukan negara penghasil atlet basket terbaik ini juga terbukti lagi dengan banyak pemain legenda terkenal dari Amerika Serikat. Sebut saja nama paling besar seperti Michael Jordan dimana untuk orang awam pasti mengenal namanya. Ada juga legenda besar lain seperti Shaqueell O’Neill dan Kobe Bryant.

Sementara itu untuk pemain terkenal saat ini termasuk lebih melimpah karena persaingannya cukup merata. Tapi kalau berbicara mengenai pebasket paling menonjol, pasti nama Lebron James, Stephen Curry, Anthony Davis, James Harden, Kevin Durrant, Kevin Love, Kyrie Irving, Russel Westbrook atau Kawhi Leonard pasti selalu muncul.

Beberapa Pemain NBA Terbaik Asal Eropa

atlet basket

Selanjutnya kita beralih ke eropa dimana memiliki banyak talenta tidak kalah dari Amerika Serikat. Misalnya saja Yunani yang sekarang sedang terwakili oleh Giannis Antetokounmpo dan bermain sebagai bintang bersama Milwaukee Bucks. Ada juga saudaranya yaitu Thanasis Giannis Antetokounmpo dengan tim sama yakni Milwaukee Bucks.

Negara penghasil atlet basket eropa juga harus disematkan pada Spanyol. Kita bisa melihat pemain seperti Marc Gasol dari Toronto Raptors, Juancho Hernangomez dengan Denver Nuggets atau Willy Hernangomez bersama Charlotte Hornetts. Selain itu ada pebasket legend seperti Ricky Rubio Phoenix Suns dan Pau Gasol.

Selanjutnya Jerman dengan beberapa pemain terkenal seperti Dennie Schroder bersama Oklahoma City Thunders, Maxi Kleber dengan Dallas Mavericks atau Morittz Wagner Washington Wizard. Negara tetangga seperti Italia juga punya Marco Belinelli bersama San Antonio Spurs dan Danilo Gallinari sebagai punggawa Oklahoma City Thunders.

Wilayah balkan juga tidak boleh kita lupakan, seperti Serbia dengan nama Nemanja Bjelica dengan Sacramento Kings, Bogdan Bogdanovic bersama Sacramento Kings atau Nikola Jokic di Denver Nuggets. Lalu negara Ceko ada Tomas Satoransky, sementara Montenegro memiliki perwakilan yaitu Nikola Vucevic bersama tim NBA Orlando Magic.

Eropa juga punya negara penghasil atlet basket berbakat terbaik seperti Prancis. Di NBA, Anda bisa melihat kiprah Rudy Gobert bersama Utah Jazz, Evan Fournier dengan Orlando Magic atau Elie Okobo di Phoenix Suns. Ada juga anggota tim nasional Prancis seperti Vincent Poirier bersama Boston Celtics.

Anda juga harus mempertimbangkan Turki karena punya atlet terkenal seperti Cedi Osman bersama Cleveland Cavaliers, Ersan Ilyasova Milwaukee Bucks serta Furkan Korkmaz dengan Philadelphia 76ers. Terakhir yakni Lithuania dengan perwakilan pemain seperti Jonas Valanciunas bersama Memphis Grizzlies dan Domantas Sabonis Indiana Pacers

Negara Penghasil Atlet Basket Asia dan Australia

atlet basket

Kalau berbicara negara asia di NBA, pasti kita langsung menuju pada Tiongkok karena punya tokoh paling legend sepanjang sejarah yaitu Yao Ming. Sepanjang karir di Amerika, ia tampil bersama Houston Rickets mulai dari tahun 2002 sampai 2011. Sekarang Tiongkok punya Ding Yanyuhang di Dallas Mavericks.

Tetangga Tiongkok yaitu Jepang juga tidak mau kalah dan sekarang punya perwakilan tersendiri di kompetisi elite dunia. Misalnya aksi dari Rui Hachimura bersama tim Washington Wizard. Selain itu Anda juga bisa menikmati langsung penampilan ciamik seorang Yuta Watanabe bersama punggawa lain di klub Memphis Grizzlies.

Untuk negara penghasil atlet basket yang sedang paling berkembang, mungkin bisa kita sematkan pada Filipina. Apalagi sekarang mereka ingin menguasai asia setelah berhasil menjadi raksasa di kawasan asia tenggara. Beberapa tokoh terkenal Filipina adalah Jordan Clarkson bersama Utaz Jazz dan Kai Sotto di NBA G.

Selanjutnya ada nama Iran dimana sebenarnya belum memiliki atlet yang berkiprah di NBA. Meski begitu tetap harus diakui kemampuannya karena salah satu tim terbaik di asia. Untuk atlet paling terkenal dari Iran mungkin Hamed Hadadi, pemain berumur 35 tahun tersebut bermain untuk klub Tiongkok.

Sementara itu untuk kawasan Australia termasuk penyumbang terbanyak untuk kompetisi NBA jika dibanding negara asia lain. Misalnya saja Joe Ingles bersama Utah Jazz, Patty Mills di San Antonio Spurs dan Matthew Dellavedova dengan Cleveland Cavaliers. Anda juga bisa menyaksikan aksi Aron Baynes bersama Toronto Raptors.

Beberapa Pebasket Terbaik yang Berasal dari Afrika dan Amerika Selatan

atlet basket

Walau afrika lebih terkenal sebagai daerah penghasil pesepakbola, bukan berarti tidak punya bakat basket. Hal ini dibuktikan dengan Nigeria dimana memiliki Josh Okogi bersama tim utama Minnestota Timberwolves. Sekarang sudah muncul nama lain seperti Al-Farouq Aminu dengan Orlando Magic.

Sebenarnya dulu ada Hakeem Olajuwon bersama Houston Rockets dan masih jadi legenda. Olajuwon dikenal karena menjadi salah satu pebasket muslim terbaik. Afrika sebenarnya mampu menghasilkan bakat lainnya seperti dari Tunisia dengan perwakilan Salah Mejri. Ia memiliki kontrak bersama Dallas Mavericks.

Negara penghasil atlet basket afrika selanjutnya yakni Kamerun dengan tokoh paling terkenal saat ini Joel Embiid bersama Philadelphia 76ers. Bahkan ia sudah beberapa kali terpilih sebagai starting untuk NBA All Star. Orang Kamerun lain di NBA yaitu Pascal Siakan di Toronto Raptors.

Kameran kurang lebih sama dengan Kongo, ada nama terkenal seperti Bismack Biyombo. Kongo dulu punya Dikembe Mutombo, atlet basket legenda Hounston Rockets. Sementara itu untuk Amerika Selatan, perwakilannya adalah Brasil dengan pemain seperti Cristiano Felicio di Chicago Bulls dan Bruno Caboclo bersama Memphis Grizzlies

Baca Juga : 4 Benua Penghasil Pemain Manchester United Paling Sukses

Meski Amerika Serikat sudah dan dan dimungkinkan terus mendominasi, bukan berarti menutup kemungkinan bakal muncul talenta asing dari luar negeri. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pebasket mampu bersaing di NBA yang kebanyakan diisi orang Amerika. Jadi, kita tunggu saja produk negara penghasil atlet basket selanjutnya.

Related posts
Basket

Berikut Daftar Sepatu Basket Termurah dan Berkualitas

5 Mins read
Sepatu basket termurah menjadi salah satu atribut yang sangat diperlukan. Apalagi, olahraga basket merupakan olahraga aktif. Jadi, sepatu menjadi salah satu hal…
Basket

Pengertian Bola Basket Bagi Pemula dan Sejarahnya

5 Mins read
Hingga kini mungkin masih banyak orang belum mengerti pengertian bola basket bagi pemula. Padahal, permainan satu ini cukup populer di Amerika Serikat…
BasketHome

Peraturan Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

5 Mins read
Tidak semua orang mengerti tentang peraturan dasar permainan bola basket. Apalagi, permainan ini tidak terlalu populer bagi beberapa orang. Jadi wajar memang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *