BasketEdukasi Olahraga

Berikut Manfaat Bermain Basket Bagi Tubuh dan Kesehatan

5 Mins read

Manfaat bermain basket bagi tubuh sebenarnya ada banyak sekali. Namun, biasanya orang hanya melihat manfaatnya hanya untuk melatih kebugaran saja. Padahal masih banyak manfaat lain yang jarang diketahui.

Baca Juga : Berikut Deretan Kandidat Top Skor Liga Champions 2021

Basket mungkin tidak semua orang menyukainya, namun tidak sedikit juga orang yang gemar memainkannya. Bahkan, ada beberapa orang yang sudah dari kecil bercita-cita menjadi seorang pemain basket nasional.

Impian tersebut tidak salah karena memang sangat realistis. Semua hal bisa terjadi asalkan mau berusaha. Apalagi, olahraga satu ini juga memberikan beberapa Manfaat bermain basket bagi tubuh besar bagi banyak orang.

Jika dilihat, baik jasmani atau rohani sebenarnya menerima manfaat dari aktivitas bermain basket. Oleh sebab itu, kami akan memberikan beberapa informasi manfaat apa saja yang didapatkan dari bermain basket.

Manfaat Bermain Basket Bagi Tubuh untuk Menjaga Kinerja Metabolisme

Manfaat bermain basket bagi tubuh

Banyak ahli kesehatan menyarankan olahraga sebagai salah satu gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat bisa mempengaruhi kinerja metabolisme supaya lebih maksimal. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah sakit itulah Manfaat bermain basket bagi tubuh .

  1. Menjaga Kinerja Hormon

Olahraga mungkin kegiatan yang cukup melelahkan. Namun, justru dari hal tersebut hormon bisa bekerja lebih optimal. Basket menjadi salah satu olaharaga yang mampu merangsang hormon bekerja lebih optimal.

  1. Menjaga Daya Imun

Ketahanan tubuh menjadi salah satu aset berharga. Oleh sebab itu, penting sekali menjaga daya tahan tubuh dengan meningkatkan imunitas. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan rutin bermain basket.

  1. Memaksimalkan Pembakaran Lemak

Tidak jarang beberapa orang mengalami masalah pada berat badan secara berlebihan. Basket merupakan olahraga yang aktif bergerak. Dengan kata lain bisa dengan mudah membakar lemak berlebih dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Keseimbangan

Semakin aktif bergerak, maka semakin siap Anda dalam merangsang sebuah tindakan. Itulah mengapa keseimbangan seseorang bisa lebih tinggi daripada orang biasa. Jadi akan sangat berguna dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

  1. Kordinasi Tubuh Meningkat

Manfaat bermain basket bagi tubuh merupakan olahraga aktif yang membutuhkan pergerakan cepat antara tangan, kaki, dan anggota tubuh lain. Artinya, dalam waktu singkat Anda harus mampu mengkoordinasi setiap fungsi tubuh untuk melakukan pergerakan.

  1. Melancarkan Detoksifikasi

Proses detoksifikasi umumnya terjadi saat organ pencernaan bekerja. Lalu, bagaimana saat sedang berpuasa? Tentu organ pencernaan juga berhenti bekerja, bukan? Jadi proses detoksifikasi juga pastinya tidak berjalan.

Meningkatkan Ketangkasan dan Motorik Tubuh

Manfaat bermain basket bagi tubuh

Manfaat bermain basket bagi tubuh lain adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik tubuh. Kemampuan tersebut sangat penting untuk aktivitas sehari-hari. Jadi dipastikan basket akan membantu Anda lebih mudah menjalani aktivitas harian.

  1. Meningkatkan Ketangkasan

Ketangkasan menjadi modal penting jika ingin hidup lebih baik. Basket menyediakan aktivitas supaya Anda bisa melatih ketangkasan. Hal tersebut karena basket mampu menyediakan gerakan atraktif dan variatif.

Ketangkasan sendiri bermanfaat untuk melindungi Anda dari suatu hal buruk. Misalnya jika tidak sengaja terjatuh, maka secara otomatis badan akan melakukan gerakan penyelamatan melalui berbagai gerakan tertentu.

  1. Melatih Kemampuan Motorik

Kemampuan motorik membuat semua anggota badan melakukan kinerjanya dengan baik. Basket mengkombinasikan antara gerakan tangan, kaki, dan anggota tubuh lain. Itulah mengapa semua anggota badan akan menerima efek positifnya.

Karena semua anggota badan ikut beraktivitas, maka tidak jarang jika bermain basket secara berlebihan badan akan merasakan sakit. Ini adalah reaksi yang artinya semua anggota badan telah mencapai batasnya.

  1. Meningkatkan Reaksi

Sama seperti ketangkasan, reaksi tubuh dalam melakukan tindakan dipengaruhi oleh kebiasaan. Reaksi tubuh akan terbentuk secara otomatis jika dilatih secara rutin. Salah satunya adalah Anda bisa melakukan latihan olahraga basket.

  1. Menguatkan Massa Otot

Anda pasti bisa memahami bahwa semua olahraga mampu meningkatkan massa otot. Tidak heran jika para atlet basket memiliki otot yang kuat. Bahkan, postur tubuhnya menjadi lebih baik dan kokoh.

Membentuk Badan Ideal dengan Latihan Rutin

Manfaat bermain basket bagi tubuh

Selain konsumsi makanan bergizi, olahraga adalah cara lain membentuk tubuh ideal. Basket menjadi salah satu pilihan jika ingin menikmati postur tubuh ideal. Tentunya dengan cara latihan rutin.

  1. Mengurangi Berat Badan

Manfaat bermain basket bagi tubuh tentunya adalah mampu mengurangi berat badan. Berat badan ideal pada dasarnya bisa diukur melalui rumus tertentu. Hal ini juga berkaitan dengan tinggi badan Anda.

Lemak berlebihan akan terbakar secara rutin jika Anda sering bermain basket. Terutama jika sudah sampai mengeluarkan keringat. Jika sudah demikian maka artinya pembakaran sudah berjalan lancar.

  1. Tubuh Menjadi Lebih Tinggi

Basket mengharuskan Anda aktif bergerak, baik berlali atau melompat. Aktivitas seperti ini ternyata bisa membuat otot kaku meregang. Artinya secara tidak langsung tubuh juga menjadi lebih tinggi.

Bagian tulang belang dan tulang kaki juga pastinya akan ikut meregang. Aktivitas secara rutin pastinya menghasilkan dampak positif. Itulah mengapa hampir semua pemain basket memiliki postur tubuh tinggi.

  1. Tubuh Lebih Kokoh

Aktivitas rutin akan membentuk tubuh kuat dan kokoh. Hal tersebut akibat tubuh telah menerima pelatihan dalam waktu lama. Badan juga memiliki massa otot besar yang mampu menahan goncangan dari luar.

  1. Tulang Lebih Kuat

Manfaat bermain basket bagi tubuh lainnya adalah mampu menguatkan tulang. Tulang kaki, tulang punggung, hingga tulang tangan jauh lebih kuat. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk menghindari penyakit tulang.

  1. Badan Lebih Bugar

Olahraga rutin mampu membuat badan lebih sehat. Tubuh sehat tentunya tidak akan mudah terserang penyakit. Itulah mengapa Anda harus rutin berolahraga, salah satunya adalah aktivitas rutin basket.

Terhindar dari Berbagai Penyakit Tulang

Manfaat bermain basket bagi tubuh

Manfaat bermain basket bagi tubuh adalah mampu mengurangi kemungkinan terkena penyakit tulang. Seperti yang sudah diketahui, penyakit tulang adalah salah satu masalah yang dialami oleh kebanyakan orang.

  1. Menghindari Osteoporosis

Osteoporosis menjadi salah satu momok menakutkan bagi orang lanjut usia. Ketidakmampuan tulang menyangga tubuh membuat beberapa orang harus berjalan dengan bantuan tongkat. Bahkan lebih parahnya harus menggunakan kursi roda.

Osteoporosis sebenarnya bisa dihindari dengan rutin konsumsi makanan yang mengandung kalsium. Namun, jika Anda masih jarang berolahraga, maka hasilnya juga tidak akan maksimal untuk menghindari osteoporosis.

  1. Menguatkan Tulang

Tulang kuat menjadi pondasi setiap orang melakukan aktivitas harian. Semua jenis pekerjaan lapangan membutuhkan tulang kuat. Itulah mengapa Anda harus tetap menjaganya dengan rutin olahraga serta minum susu.

Sebagai kerangka tubuh, apa jadinya jika tulang tidak mampu menopang seluruh tubuh? pastinya setiap anggota badang menjadi lebih lemah. Bahkan beberapa anggota badan juga akan kehilangan fungsinya.

Menjaga Kesehatan Mental Jika Dilakukan Secara Rutin

Manfaat bermain basket bagi tubuh

Manfaat bermain basket bagi tubuh bukan hanya untuk kebutuhan jasmani saja. Kebutuhan mental dan rohani juga bisa menerima dampak positif jika Anda melakukannya secara rutin.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Setiap orang memiliki tingkat kepercayaan diri yang berbeda-beda. Ada yang mampu tampil di hadapan banyak orang dengan leluasa. Namun ada juga beberapa orang yang masih malu jika berhadapan di depan banyak orang.

Namun, jika Anda rutin bermain basket maka tingkat kepercayaan diri pasti meningkat. Hal itu karena Anda harus selalu tampil untuk keluar dari tekanan lawan dan meraih kemenangan.

  1. Membangun Jiwa Extrovert

Basket membuat setiap orang harus terus berkomunikasi dengan orang lain. Bagi Anda yang memiliki jiwa introvert, hal ini sangat baik. Sedikit demi sedikit jiwa extrovert akan terbentuk.

  1. Mengurasi Stres

Olahraga mampu membuang semua beban dalam pikiran. Hal tersebut karena selama bermain, semua fokus pikiran akan tertuju pada aktivitas Anda saat ini dan mengurangi beban stres.

  1. Meningkatkan Kebahagiaan

Manfaat bermain basket bagi tubuh memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk merasakan kebahagiaan. Hal tersebut datang dari komunikasi dan sosialisasi antar pemain. Bahkan, selama bermain juga ada canda tawa supaya tidak tegang.

Menjaga dan Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat bermain basket bagi tubuh

Manfaat bermain basket bagi tubuh juga bisa meningkatkan fungsi otak. Apalagi, dalam permainan Anda diharuskan untuk terus berpikir supaya bisa menang. Apalagi jika sampai tim terkena tekanan dari tim lawan.

Basket membuat seseorang harus mengatur strategi terbaik mencapai kemenangan. Bukan hanya adu kekutan fisik saja, namun kecerdasan juga memiliki faktor penting. Ditambah pemain terus dituntut bermain lebih kreatif.

Meningkatkan konsentrasi juga bisa dilakukan melalui permainan basket. Fungsi otak yang aktif akan mempermudah seseorang lebih fokus dan konsentrasi. Jadi sangat bermanfaat jika ingin melakukan aktivitas tertentu, bukan?

Baca Juga : Tips Bermain Basket Saat Puasa Supaya Tidak Kelelahan

Meskipun basket sangat melelahkan, namun manfaatnya sangat besar bagi tubuh. Asalkan tidak dilakukan secara berlebihan maka tidak akan memberatkan. Apalagi dengan manfaat bermain basket bagi tubuh yang sangat banyak tersebut.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Sepak BolaEdukasi Olahraga

Latihan Bermain Sepakbola Untuk Meningkatkan Kemampuan

5 Mins read
Latihan bermain sepakbola sebenarnya menjadi hal yang mudah. Sepakbola merupakan salah satu olahraga sederhana dan dimainkan dengan cara yang sederhana. Meskipun menjadi…
Edukasi Olahraga

Kombinasi Diet dan Olahraga yang Efektif Untuk Dilakukan

5 Mins read
Kombinasi diet dan olahraga sebenarnya menjadi salah satu kunci agar bisa memperoleh bobot tubuh yang ideal. Menjadi bagian dari masyarakat modern seperti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *