Basket

Kekalahan Indonesia Patriots untuk Pertama Kali di IBL 2021

4 Mins read

IBL 2021 kali ini ramai diperbincangkan mengenai kekalahan Indonesia Patriots. Kekalahannya tersebut merupakan pengalaman perdana tim basket profesional ini dalam mengikuti pertandingan yang diselenggarakan di dua kota sekaligus yaitu Bogor dan Jakarta. Indonesia Patriots harus berbesar hati menerima kenyataan pahit tersebut.

Bahwa hasil kerja kerasnya tersebut belum maksimal di musim kali ini. Mengingat sistem Bubble tahun ini dilaksanakan dengan berbagai aturan ketat. Pertandingannya hanya dilaksanakan pada satu wilayah saja meski sebenarnya juga mengambil 2 lokasi berbeda kota.

Baca Juga : 8 Kecelakaan Formula 1 yang Berujung Maut

Tidak seperti sebelumnya yang dilakukan di beberapa seri kota. Robinson Resort Cisarua dan Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta. Namun pertandingan yang berlangsung hari Jumat, 19 Maret 2021 kemarin pada akhirnya menyisakan pelajaran berharga bagi kedua tim.

Robinson resort Cisarua, Bogor menjadi saksi betapa ketat persaingan keduanya. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap pemain dari keduanya memiliki pengalaman handal dalam mengolah bola dan menghasilkan shooting terbaik.

Berikut adalah sedikit ulasan tentang bagaimana proses terjadinya kekalahan Indonesia Patriots.

Atmosfer Berbeda di IBL 2021

kekalahan Indonesia Patriots

Kekalahan Patriots dalam gelaran ajang kompetisi bola basket kasta tertinggi ini diwarnai oleh atmosfer berbeda. Tahun ini pertandingan dibayang-bayangi oleh pandemi covid-19. Sehingga ini membuat beberapa hal tidak berjalan sebagaimana mestinya. Namun meski begitu para pemain dari masing-masing tim tetap optimis bertanding.

Mereka semua berharap bisa memberikan penampilan yang terbaik di ajang pertandingan tersebut. Mereka semua asal jalan saja, karena salah satu fokus utama yang terpenting bagi para pemain adalah pertandingannya bisa tetap berlangsung meski mengharuskan semuanya mengikuti peraturan tertentu.

Fase pertandingan pertama IBL ini digelar di Bogor, untuk bebek reguler. Sedangkan fase kedua yang akan bergulir mulai 23 Mei hingga 6 Juni diadakan di Jakarta. Di sini nantinya diselenggarakan babak play off, semifinal, dan final sekaligus. Apakah kekalahan Indonesia Patriots dipengaruhi kondisi selama karantina?

Tidak ada yang bisa memprediksi sejauh ini. Sebab bukan hanya pemain tetapi seluruh official juga wajib menjalani karantina. Mereka semua tidak diperkenankan meninggalkan kawasan pertandingan serta wajib menjalankan protocol kesehatan dengan peraturan yang ketat.

Namun meski begitu sepertinya hal ini tidak jadi masalah. Seperti dikutip dari pernyataan salah satu pemain Prawira Bandung, Diftha Pratama, bahwa pertandingan tetap berlangsung saja sudah sangat bagus. Dirinya yakin pihak penyelenggara sudah menyiapkan segala fasilitas untuk pemain dan official guna menghindari kebosanan selama karantina.

Target Berat untuk Sang Satria Muda

kekalahan Indonesia Patriots

Kekalahan Indonesia Patriots dalam ajang permainan basket bergengsi Tanah Air ini berhubungan erat dengan kekuatan dan kecepatan pergerakan lawannya. Dalam hal ini lawan terberatnya adalah Satria Muda Pertamina Jakarta. Tim unggulan yang digawangi oleh Arki Dikania Wisnu serta Laurentius Steven tidak bisa dipandang sebelah mata.

Bahkan sejak dari awal tim tersebut memang memasang target untuk menang. Mereka sangat tahu betul siapa lawan yang harus dihadapi nanti. Itulah sebabnya kemudian SM melakukan persiapan sekaligus simulasi pertandingan sebelum akhirnya harus bertanding melawan the Patriots tersebut.

Tujuannya adalah untuk menyesuaikan dengan jadwal yang ketat. Selain itu persiapan matang dilakukan sebagai balasan atas ketidakikutsertaan keempat punggawanya di tahun 2020 lalu. Akhirnya kompetisi yang diharapkan harus berhenti tanpa ada pemenang akibat dari pandemi corona.

IBL 2020 merupakan pelajaran berharga bagi SM. Dimana Arki Dikania Wisnu, Laurentius Steven, Kevin Y Sitorus serta Hardianus tidak diperkenankan ikut memperkuat tim. Tahun ini melalui sistem Bubble dimana setiap tim dan official harus stay selama 32 hari di satu wilayah, sehingga hal ini dimanfaatkan sebaik-baiknya secara intensif.

Selama karantina berlangsung sampai seluruh fase kompetisi selesai, ternyata sedikit banyak hal tersebut mempengaruhi kondisi psikologis setiap pemain. Jauh dari keluarga, penonton, serta fans bisa jadi faktor yang menyebabkan kekalahan Indonesia Patriots di musim kompetisi tahun ini.

Meski semua orang bisa memahami perubahan situasi yang terjadi di lapangan, namun tetap saja hal tersebut kemungkinan besar dapat mempengaruhi motivasi tim tersebut. Itulah sebabnya dengan adanya pandemi corona membuat beberapa pihak mengalami masalah psikologi dan fisik karena harus menjalani masa yang tidak biasa.

Kekalahan Patriots dari Satria Muda

kekalahan Indonesia Patriots

Kekalahan Indonesia Patriots dari SM diawali pada kuarter pertama. Kondisi persaingan yang ketat sejak awal diakhiri hasil skor 22-17. Kemenangan di pihak SM terjadi karena diketahui mereka bisa bermain secara dominan. Stamina masing-masing tim tidak diragukan lagi.

Ini terlihat dari kecepatan dan kejelian mereka dalam memanfaatkan umpan selama mewarnai jalannya pertarungan keduanya. Meski mendapat hasil yang kurang memuaskan pada kuarter pertama, ternyata Patriots masih kompetitif dan bermain secara maksimal. Karena mereka ingin mendapatkan kemenangan.

Bahkan meski tidak diramaikan oleh riuh suara suporter dalam lapangan tetapi fokus para pemain masih tetap terjaga dengan baik. Meski pada akhirnya hasil pertandingan pada kuartir kedua belum maksimal tidak seperti yang diharapkan. Karena SM menambah skor sebanyak 19 poin.

Dengan begitu hal ini memperlebar gap dari Patriots dengan jarak sebanyak 14 angka sekaligus. Maka dari itu pada kuartir kedua akhirnya berakhir dengan skor 41-31 antara dua belah pihak. Sehingga hal ini membuat kekalahan Indonesia Patriots semakin dekat dengan selisih skor 10 poin.

Berlanjut pada kuarter selanjutnya dimana Satria Muda semakin memperlebar selisih angka dengan menambah 22 poin lagi. Sedangkan rivalnya hanya bisa mencapai poin tipis di 19 angka saja. Itulah kenapa pada hasil akhir di kuartal ketiga pertandingan tersebut akhirnya berakhir dengan skor 63-50 dan menjadi kekalahan Indonesia Patriots.

Meski begitu Patriots tidak patah semangat. Kuarter keempat, saat paling krusial tim Patriots. Dimana kerjasama pemain yang solid mampu memperkecil selisih skor keduanya. Pertandingan berakhir dengan hasil 70-66. Kemenangan didapat Satria Muda dengan hanya beda 2 angka saja di sisa durasi permainan kurang 15 detik.

Penentu Hasil Pertandingan antara Satria Muda dan Indonesia Patriots

kekalahan Indonesia Patriots

Meski harus berakhir dengan kekalahan Indonesia Patriots, namun sebenarnya hasil akhir seperti kalah dan menang dalam pertandingan diyakini menjadi hal biasa. Setiap tim harus menerima hasil dari usaha mereka selama persiapan pertandingan berlangsung hingga berhadapan dengan lawannya di lapangan.

Hal yang sama terjadi pada Jumat lalu (19/3). Dimana persiapan masing-masing sudah sangat matang dan maksimal. Ada banyak kegiatan yang sudah disiapkan oleh masing-masing tim jauh-jauh hari, mulai latihan, karantina, mematuhi protokol kesehatan, dan semua peraturannya.

Namun kembali lagi, kekalahan Indonesia Patriots selalu ada hal mengejutkan terjadi di lapangan di luar prediksi. Pemain paling dominan dari salah satu tim ikut menentukan hasil pertandingan. Rupanya Arki Dikania Wisnu menjadi momok bagi Patriots. Pada 15 detik terakhir mampu menambah 2 poin yang sekaligus menghentikan perlawanan Patriots.

Baca Juga : Inilah Daftar Kejuaraan Tenis dan Sistem Pertandingannya

Dari pihak Indonesia Patriots Aldy Izzatur Rachman menjadi bintang tim yang mampu menghasilkan 16 poin. Diakui pemain lawan, Laurentius Steven bahwa Patriots menampilkan permainan luar biasa. Kekalahan Indonesia Patriots di laga bergengsi Nasional ini tetap mendapat apresiasi dengan hasil perolehan tripoin sebanyak 42%.

Related posts
Basket

Berikut Daftar Sepatu Basket Termurah dan Berkualitas

5 Mins read
Sepatu basket termurah menjadi salah satu atribut yang sangat diperlukan. Apalagi, olahraga basket merupakan olahraga aktif. Jadi, sepatu menjadi salah satu hal…
Basket

Pengertian Bola Basket Bagi Pemula dan Sejarahnya

5 Mins read
Hingga kini mungkin masih banyak orang belum mengerti pengertian bola basket bagi pemula. Padahal, permainan satu ini cukup populer di Amerika Serikat…
BasketHome

Peraturan Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

5 Mins read
Tidak semua orang mengerti tentang peraturan dasar permainan bola basket. Apalagi, permainan ini tidak terlalu populer bagi beberapa orang. Jadi wajar memang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *