Basket

Ingin Tahu Cara Jago Bermain Basket Apakah Harus Tinggi?

5 Mins read

Melihat performa dan fisik dari pemain top NBA, beberapa orang beranggapan bahwa jika ingin jago bermain basket harus tinggi. Namun apakah benar bahwa tinggi badan sangat berpengaruh dalam menentukan keahlian dan kemenangan tim?

Baca Juga : Rahasia Atlet Basket Tetap Bugar Selama Bulan Puasa

Jika memang mengacu pada pertandingan NBA dan komposisi tim terkuat, memang tinggi menjadi faktor penting dalam menentukan kemenangan. Namun kondisi fisik tersebut tidak dapat dijadikan tolok ukur faktor keberhasilannya.

Hal ini mengingat orang – orang Amerika cenderung memiliki tinggi badan lebih besar dibandingkan orang – orang Asia. Dalam Word Population Review, tinggi rata – rata orang Amerika mencapai 175,3, jauh berbeda dengan Indonesia yang hanya 153.

Mengukur berdasarkan tinggi saja sepertinya tidak cukup untuk mengatakan keterampilan dalam bermain bola dan menjadi pemain handal. Buktinya Filipina pernah merebut juara 3 pada FIBA dari 12 peserta yang mengikuti pertandingan.

Mitos Mengenai Jago Bermain Basket

Sebagai olahraga populer tentunya tidak sedikit mitos yang berkembang karenanya. Mulai dari tinggi adalah faktor segala – galanya, yang memang menurut fakta ketinggian tersebut akan memberikan keunggulan kompetitif.

Namun dalam permainannya sendiri faktor individu tidaklah begitu mencolok. Basket adalah permainan tim, koordinasi, kerja sama, serta kekompakan menjadi keunggulan penting selain potensi fisik individunya.

Memang apabila dipertandingkan, orang tinggi memiliki berbagai keunggulan, contohnya jangkauan stealnya lebih besar, blokade yang lebih kuat, dan terlihat lebih mengintimidasi. Tetapi mengenai keseluruhan pertandingan, faktor tim lebih dominan.

Karena populer dan identiknya dengan ketinggian, berkembang juga mitos bahwa dengan bermain basket mampu menambah tinggi badan seseorang. Karenanya banyak orang menyarankan agar tingginya bertambah cobalah berenang atau bermain basket.

Namun secara ilmiah, belum ada keterkaitan pastinya, karena terdapat pemain yang berlatih keras namun tidak mengalami peningkatan ketinggian. Faktor penentu ketinggian sebenarnya hanya dua, yaitu genetik atau nutrisi saja.

Mitos berikutnya adalah kemudahan dalam mendapatkan popularitas, terutama dari penggemar perempuan. Namun untuk mampu digemari, haruslah dibarengi dengan kepribadian kuat. Karena bermain tidak mencolok sangat kecil kemungkinan akan digemari.

Mengapa Bertubuh Tinggi Lebih Jago Bermain Basket?

jago bermain basket

Berkaca pada pemain top NBA dengan rata – rata ketinggian hampir mencapai 2 meter, seolah – olah menunjukkan bahwa semakin tinggi, semakin jago. Namun sebenarnya tidak demikian, ketinggian merupakan salah satu faktor saja.

Ketinggian memang mempengaruhi beberapa faktor permainan, seperti rebound dan turn over. Dalam memperebutkan bola yang gagal masuk ke ring, ketinggian menjadi faktor penting. Karena akan semakin mudah meraihnya.

Baik dalam offensive maupun defensive rebound, tingginya pemain menjadi faktor penentu utama selain timing lompatan. Kekuatan bertahan dan menyerang tersebut menjadi keunggulan kompetitif sehingga membuatnya terlihat jago.

Jangkauan lebih besar juga dimiliki oleh tingginya postur tubuh, lompatan dan ayunannya lebih sulit dihalau sehingga kemungkinan merebut poin lebih besar. Tidak hanya itu, potensi melakukan steal juga lebih besar, terutama apabila lawan lengah.

Potensi fisik saja sebenarnya tidak cukup untuk menentukan kemenangan, haruslah dibarengi dengan latihan secara disiplin. Seperti dicontohkan oleh pemain top NBA, meskipun postur tubuhnya mencapai 2 meter, latihannya sangat ketat.

Koordinasi dan kekompakan tim juga perlu diasah, sehingga potensi unggul masing – masing individunya bisa meledak secara optimal. Sehingga jagonya pebasket tinggi, tidak hanya didasarkan pada faktor postur tubuh saja.

Tips Agar Jago Bermain Basket

jago bermain basket

Permainan ini dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak terikat dengan ketinggiannya. Permainan basket memadukan berbagai faktor, sehingga Anda dapat menguasai beberapa diantaranya untuk mengasah keterampilan bermainnya.

1. Memahami Aturan Permainan

Setiap cabang olahraga memiliki aturannya sendiri, aturan tersebut dibuat agar kompetisi menjadi semakin adil, menarik, dan menjaga keselamatan pemainnya. Karenanya penting agar memahami peraturan dasarnya secara mendalam.

Memahami peraturan juga mengegah agar bertindak gegabah ketika dihadapkan pada kondisi sulit, seperti berbuat kecurangan atau mencederai lawan. Menghayati peraturan mampu menumbuhkan jiwa sportivitas dalam permainan.

2. Melatih Teknik Dasar

Terkadang teknik dasar selalu diabaikan oleh pemain baru, padahal untuk jago bermain basket, teknik dasar menjadi pondasinya. Ketepatan dalam dribling, passing, dan shooting merupakan tiga teknik dasar dalam penyerangan.

Terkadang anak – anak muda tergiur dengan trik – trik bermain basket, sehingga fokus mempelajarinya dibandingkan teknik dasar. Pada pertandingan sesungguhnya, trik tersebut tidak mesti berguna secara maksimal, tempo dan desakan lawan menjadi penghalangnya.

Memang sesekali trik tersebut berhasil, namun menemukan momentumnya sangat sulit dan jarang. Memperkuat teknik dasar dan fokus pada mengasahnya, lebih optimal dalam meningkatkan keterampilan bermain Anda.

3. Berlatih secara disiplin dan rutin

Pemain top NBA seperti Stephen Curry dan Russell Westbrook, memiliki sejarah panjang sebelum menjadi top player seperti saat ini. Keduanya berlatih dari kecil, tidak tanggung – tanggung hampir setiap hari rutin berlatih.

Latihan tersebut akan membentuk muscle memori, karena olahraga dengan ketangkasan semacam ini memerlukan reflek yang baik. Refleks tersebut dapat terbentuk apabila terbiasa atau melakukan repetisi secara berulang kali dan rutin.

Pastikan memiliki pemandu atau pelatih dalam membina latihan Anda, karena mereka memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai batasan fisik Anda. Jangan terlalu memaksakan diri melebihi kapasitas, karena akan membuat cedera.

4. Menjaga kebugaran tubuh

Faktor fisik memiliki pengaruh kuat terhadap ketahanan selama bermain, terlebih dalam tempo cepat. Stamina harus mampu terjaga hingga akhir pertandingan, karena kalau tidak tentunya akan merugikan tim Anda dan jago bermain basket.

Menjaga kebugaran tubuh merupakan syarat utama agar jago bermain basket. Pastikan tubuh selalu mendapatkan nutrisi seimbang, sehingga ketahanannya mampu meningkat. Nutrisi cukup juga menambah kecepatan pemulihan apabila cedera.

Berlatih di gym bisa menjadi alternatif menyenangkan untuk menjaga kebugaran tubuh dan menjadi syrat jago bermain basket. Panggillah seorang instruktur untuk memandu dan memantau perkembangannya, terlebih apabila ingin melatih otot tertentu agar lebih lincah.

5. Berlatih kekompakan tim

Basket bukan permainan individu seperti catur, melainkan permainan tim dengan komposisi dan peran beragam. Permainan individu menonjol akan kalah dengan lawan yang mengoptimalkan kekompakannya dalam merebut poin.

Berlatih kekompakan tidaklah mudah, terkadang seseorang cenderung ingin bersinar dan mendapatkan sorotan sendiri. Nilai – nilai individualis haruslah dilawan, sehingga mampu saling memahami dan saling berkoordinasi dengan baik dan dapat jago bermain basket.

Berlatih sparing dengan tim lain bisa menjadi salah satu langkah untuk menguji kekompakan timnya dan jago bermain basket. Apabila cenderung ingin menguasai permainan sendiri, menunjukkan bahwa kekompakannya masih rapuh.

6. Menjaga emosi tetap stabil

Salah satu kendala dalam setiap atlet adalah menahan emosinya, karena apabila sudah dikuasai oleh emosi kejeliannya dalam melihat peluang akan berkurang. Tidak jarang ada kondisi yang menyulut emosi, baik disengaja atau tidak.

Keterampilan mengendalikan diri tersebut penting, mulai dari menghindari pelanggaran karena tidak jeli atau mengambil peluang di dalam kesempitan. Fokus dan latihan secara berkala bisa membantu mengontrol emosi Anda dan bisa jago bermain basket.

Pemain top NBA cenderung memiliki emosi stabil ketika bermain. Ini adalah salah satu rahasia jago bermain basket mereka. Fokus pada lawan dan bola bisa membantu mengendalikan ketika diri sedang dalam kondisi emosional.

Mengenal Pemain Basket NBA Terpendek

jago bermain basket

Di antara raksasa setinggi 2 meter, seorang pemain NBA Earl Boykins mampu bersaing dengan baik dan menorehkan prestasi gemilang. Kariernya di NBA bermula ketika ia bermain profesional untuk Denver Nuggets.

Kariernya bersama Denver Nuggets berlangsung lama, yaitu selama tiga musim penuh dan beberapa bagian dari musim ke empat. Selama bersama mereka ia mampu mencetak skor sebanyak 32 poin selama pertandingan.

Prestasinya tersebut membuatnya mampu mencetak rekor sebagai pemain terpendek di sejarah NBA dengan skor lebih dari tiga puluh poin selama pertandingan. Padahal secara tinggi, Earl Boykins hanya 165 cm saja.

Tinggi 165 di antara rata – rata pemain dengan tinggi 190 ke atas merupakan tantangan tersendiri. Kelincahan serta keterampilannya dalam mengawal bola menjadikannya sebagai pemain yang handal dan berprestasi tinggi.

Kini dirinya tidak lagi bermain karena sudah memasuki masa pensiunnya, menorehkan sejarah pemain terpendek dengan pencapaian gemilang. Setelah pensiun, dirinya kini menjadi pelatih di Douglas County High School.

Pengalaman pertandingannya di NBA yang terkenal kompetitif dan ketat menjadikan bukti bahwa tinggi bukanlah segalanya untuk jago dalam permainan basket. Keterampilan, kecerdikan, kelincahan, dan kerja keras menjadi kuncinya.

Baca Juga : Daftar Pemain Basket Termahal di Dunia Harus Kalian Tahu

Fisik bukan menjadi penghalang untuk mengejar mimpi dan hobi, termasuk menjadi pemain bola basket. Keterbatasan tinggi menjadi tantangan dan ada berbagai cara untuk menjadi jago bermain basket.

Related posts
Basket

Daftar Pemain Basket Termahal di Dunia Harus Kalian Tahu

5 Mins read
Permainan basket sudah sangat populer di kalangan anak muda, namun kenalkah Anda dengan pemain basket termahal di dunia? Mereka adalah pemain yang…
BasketEdukasi Olahraga

Rahasia Atlet Basket Tetap Bugar Selama Bulan Puasa

5 Mins read
Mungkin kamu bertanya-tanya apa sebenarnya rahasia atlet basket tetap bugar? Jika diperhatikan, para atlet basket memiliki postur tubuh atletis dan selalu tampak…
BasketEdukasi Olahraga

5 Tips Bermain Basket di Bulan Ramadhan, Agar Tidak Batal Puasa

4 Mins read
Bulan Ramadhan tidak bisa dijadikan alasan untuk libur dari kegiatan olahraga. Sehingga kamu wajib tahu nih beberapa tips bermain basket di bulan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *