Basket

Mengenal Atlet Basket Indonesia Berkualitas Dan Berbakat

4 Mins read

Atlet basket Indonesia tercatat sudah banyak menghiasi kompetisi baik di dalam negeri, maupun mewakili negara dalam berbagai ajang. Beberapa torehan juga dibuat oleh beberapa pemain tersebut dalam ajang beberapa gelaran kompetisi bergengsi.

Hal tersebut membuktikan bahwa untuk sekelas negara Indonesia dengan angka cukup tinggi pada olahraga tersebut, ternyata jumlah peminat dan penggemar tidak kalah banyak dibandingkan dengan cabang lainnya. Wajar saja apabila nama-nama berkualitas dalam dunia basket cukup dikenal.

Baca Juga : Fakta Hengkangnya Aguero dari Manchester City

Sebelum masuk pada ranah siapa saja atlet Indonesia yang mempunyai andil besar dalam semua ajang bergengsi. Anda juga penting untuk mengetahui bagaimana perkembangan olahraga ini khususnya di negara Indonesia berdasarkan beberapa faktanya.

Olahraga bola basket ini telah ditemukan oleh seorang guru olahraga pada tahun1891. Asal usul terjadinya olahraga ini adalah keingan guru untuk tetap memberikan pelajaran olahraga pada muridnya dirungan tertutup, pilihan untuk melakukan kegiatan olahraga secara tertutup inilah yang menyebabkan terbentuknya basket dalam ruangan.

Perkambangan zaman dan teknologi informasi nampaknya semakin membuat olahraga ini cukup dikenal. Amerika Serikat Merupakan negara yang paling mempunyai minat tinggi terhadap basket, ada banyak pemain berkualitas yang lahir dari negara yang dikenal dengan sebutan paman sam.

Ada banyak kompetisi dan ajang besar yang dilangsungkan di Amerika seperti NBA. Untuk bagian dari dataran asia, negara china merupakan komoditas pertama yang memainkan olahraga tersebut.

Sementara Indonesia merupakan negara yang mengenal basket akibat dibawa orang china, Indonesia bisa dikatakan mengenal basket akibat tradisi yang dibawa oleh para pedagang maupun keturunan china.

Dan sampai sekarang, basket cukup berkembang di negara Indonesia. Berbagai prestasi telah dicapai oleh para pemain berbakat dari seluruh penjuru tanah air. Baik tim putra maupun putri sama-sama memberikan gelar cukup prestius seperti sea games maupun ajang bergengsi lainnya.

Melihat hal tersebut, berikut ini adalah beberapa atlet basket Indonesia berkualitas serta juga menorehkan prestasi cukup membanggakan baik dalam tim maupun bangsa.

Galank Gunawan

Pemain pertama yang layak menyandang sebagai salah satu atlet profesional berkualitas dari Indonesia adalah Galank Gunawan. Pria kelahiran sampit ini merupakan pemain basket berposisi sebagai power forward.

Ada banyak fungsi cukup penting dan harus diketahui oleh seorang power forward, walaupun tugasnya cukup sama dengan pemain yang berposisi sebagai center. Akan tetapi ada sedikit perbedaan mendasar dari posisi keduanya. Meskipun berbeda maka seringkali ada beberapa pemain dengan tugas posisi ganda baik power maupun center.

Syarat untuk menjadi seorang pemain dengan posisi seperti ini nampaknya memang bisa diwakilkan oleh seorang Galank Gunawan, atlet basket Indonesia satu ini mempunyai tinggi sekitar 194 cm dengan bobot badan sebesar 95 kg, paduan antara tinggi dan berat badannya pun sangat cocok mengisi post tersebut.

Saat ini Galank tengah berkompetisi di ajang liga basket Indonesia dengan menyandang sebagai pemain dari klub Bank BJB garuda Bandung. Karir basket pertamnya dimulai pada saat Galank membela klub satria muda pada tahun 2008.

Prestasi yang paling fenomenal dari pemain muda sampai saat ini adalah turut mengantarkan Indonesia menurut medali perak pada ajang sea games 2015. Sehingga tidak bisa dibantahkan bahwa Galank akan menjadi seorang pemain profesional masa depan.

Daniel Wenas

Atlet Basket Indonesia

Atlet basket Indonesia selanjutnya adalah Daniel Wenas. Bermain dan senang terhadap basket sejak kecil atau tepatnya sejak umur 13 tahun membuat Daniel mempunyai ketertarikan kuat pada olahraga ini.

Berposisi sebagai shooting guard dengan tinggi badang mencapai 190 cm membuat Daniel memang menjadi Atlet Basket Indonesia cukup hebat untuk urusan mencetak gol ke ring lawan. Wajar apabila pemain ini sangat potensial sehingga kerap kali menjadi pilihan untuk membela tim nasional basket Indonesia dalam beberapa ajang.

Selain sebagai shooting guard Daniel juga dipercaya sebagai point guard. Pemain ini bisa bermain di dua posisi berbeda sehingga cukup memberikan kreasi taktik cukup penting bagi klub.

Berbagai prestasi sudah Daniel torehkan pada saat ia masih belum masuk pada dunia basket profesional. Atlet basket Indonesia ini pertama kali meraih gelar pribadi pada saat Kejurnas KU 16 Indonesia 2007 serta 2008. Pada ajang tersebut Daniel mendapat penghargaan sebagai 1st place.

Prestasi terakhirnya dia raih pada saat menjadi Nominee for Most Improved Player pada gelaran IBL 2015-2016. Selain dua prestasi tersebut masih banyak lagi prestasi yang dia raih baik di level klub maupun pribadi.

Abraham Damar

Atlet Basket Indonesia

Atlet basket Indonesia yang ketiga adalah Abraham damar, pemain kelahiran pangkal pinang ini cukup bisa dikatakan sebagai salah satu pemain andalan berkualitas yang dimiliki oleh Indonesia. Damar telah aktif bermain dalam tim basket sejak masa kuliah tepatnya di universitas Esa Unggul.

Mengawali karir basket profesional dalam tim stadium Jakarta pada tahun 2015, damar semakin moncer menunjukkan tajinya lewat beberapa aksi heroic. Sehingga ia mampu melirik perhatian klub lain, akhirnya pada tahun 2016 dia resmi dipinang oleh stapac Jakarta hingga saat ini.

Namanya semakin melambung tinggi ketika dia berhasil meraih gelar prestisius pribadinya sebagai most improved player. Gelar ini dia raih pada gelaraan IBL tahun 2017. Sehingga cukup layak bagi damar menyandang status sebagai atlet basket Indonesia.

Andakara Prastawa Dhyaksa

Atlet Basket Indonesia

Nama terakhir untuk mengisi pos sebagai salah satu Atlet Basket Indonesia terbaik dalam cabang olahraga ini adalah Andakara Prastawa Dhyaksa. Pemain kelahiran Jakarta ini memang harus masuk pada list pemain terbaik dan berkualitas dalam negeri ini.

Andakara sejak saat pertama bermain sudah berposisi sebagaii point guard. Posisi ini memang krusial sebab menjadi salah satu nyawa permainan. Apabila di sepak bola ada playmaker, di basket mempunyai nama point guard.

Intinya pemain yang berposisi ini menjadi orang yang memastikan bahwa strategi bermain telah berjalan secara baik. Lancar atau tidaknya strategi akan bergantung pada posisi ini. Andakara merupakan pemain yang cerdik dan cukup lincah sehingga sangat cocok mengisi post sebagai pengatur serangan.

Pemain yang memulai karirnya di aspact Jakarta ini cukup menyita perhatian sebab telah mengumpulkan beragam penghargaan atas apa yang telah diraihnya. Salah satu gelar yang paling fantastis ialah ketika berhasil meraih rockie of the year pada tahun 2013.

Gelar tersebut ia dapatkan ketika pertama kali masuk pada dunia basket profesional. Maka wajar apabila pemain satu ini merupakan atlet basket Indonesia yang cukup mengejutkan public sebab mampu meraih prestasi tersebut pada awal tahun karirnya.

Raihan gelar tersebut juga mengantarkan andakara dipanggil untuk membela timnas Indonesia. Penampilannya yang cukup mengejutkan dan gemilang tersebut membuatnya langsung terjun membela Indonesia dalam beberapa ajang bergengsi.

Baca Juga : Inilah Klub Bola Terkaya Dalam Sejarah Dunia

Karirnya di timnas juga tidak kalah fantastisnya, andakara berhasil meraih medali perak pada gelaran sea games tahun 2015. Selanjutnya dia juga meraih medali yang sama pada tahun 2017 dalam gelaran sea games.

Deretan nama diatas merupakan pemain muda kebanggaan Indonesia. Atlet basket Indonesia akan terus lahir untuk menggantikan generasi sebelumnya dengan kemampuan yang juga berkualitas.

Related posts
Basket

Ingin Tahu Cara Jago Bermain Basket Apakah Harus Tinggi?

5 Mins read
Melihat performa dan fisik dari pemain top NBA, beberapa orang beranggapan bahwa jika ingin jago bermain basket harus tinggi. Namun apakah benar…
Basket

Daftar Pemain Basket Termahal di Dunia Harus Kalian Tahu

5 Mins read
Permainan basket sudah sangat populer di kalangan anak muda, namun kenalkah Anda dengan pemain basket termahal di dunia? Mereka adalah pemain yang…
BasketEdukasi Olahraga

Rahasia Atlet Basket Tetap Bugar Selama Bulan Puasa

5 Mins read
Mungkin kamu bertanya-tanya apa sebenarnya rahasia atlet basket tetap bugar? Jika diperhatikan, para atlet basket memiliki postur tubuh atletis dan selalu tampak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *