Basket

Daftar Atlet Basket Asia di NBA Paling Sukses

4 Mins read

Superstar atlet basket Asia di NBA sampai sekarang mungkin tidak ada banyak. Hal ini disebabkan karena rata-rata pebaskat disana memang kalau tidak berasal dari Amerika Serikat pasti Eropa. Tapi bukan berarti tidak ada orang asia yang mampu mendominasi NBA, bahkan ada beberapa atlet bisa sukses.

Baca Juga : Berkembang, Inilah 4 Tim Esports Berprestasi Asal Indonesia

Kesuksesan tersebut terbilang cukup berat karena melalui perjuangan super panjang dan kalau kalah bersaing langsung disingkirkan. Beberapa pebasket asia tersebut sangat terkenal, misalnya saja Yao Ming. Selain itu ada banyak pebasket asal Tiongkok lainnya berjuang disana, ditambah lagi dari negara lain seperti Iran atau Jepang.

Berikut adalah beberapa Daftar Atlet Basket Asia di NBA Paling Sukses :

Atlet Basket Asia di NBA Houston Rockets

Atlet basket Asia di NBA

Hoston Rickets memang menjadi salah satu wadah asia dalam dunia basket karena punya kenangan baik dengan salah satu tokoh besarnya yaitu Yao Ming. Dia disebut sebagai orang Tiongkok paling ikonik di sini, apalagi tingginya 229 cm. Bahkan Yao Ming mampu merepotkan Shaqueel O’Neil.

Yao Ming sendiri memperkuat tim utama Houston Rockets mulai dari dari tahun 2002 dan pensiun di sana. Selama berkarir sepanjang 9 tahun ia termasuk sukses sebagai atlet basket Asia di NBA. Kesuksesan ini terbukti dari mampu juara kompetisi dan medali emas 3 kali untuk negara.

Semasa berseragam Hounston Rockets, Yao Ming menjadi andalan posisi center. Bahkan dominasinya sangat hebat karena mampu menyaingi center lain yang lebih besar atau kuat. Sepanjang 9 musim bersama tim asal Texas, Yao Ming berhasil tampil sebanyak total 468 pertandingan dengan statistik menakjubkan setiap ia dimainkan.

Nama Yao Ming masih tetap dielu-elukan oleh fans bahkan sampai sekarang. Sebenarnya belum lama ini ada salah satu pemain yang diharapkan menjadi penerus Yao Ming yaitu Zhou Qi. Mereka sama-sama berasal dari negeri Tirai Bambu, bahkan Zhou Qi juga sudah sering bermain bersama James Harden.

Atlet basket Asia di NBA tersebut sebelumnya sudah pernah juara FIBA Asia Championship bersama tim nasional. Zhou Qi membawa pembuktikan untuk Tiongkok sebagai raksasa asia dalam dunia basket. Mereka mampu menyapu bersih pertandingan dengan jumlah skor cukup mencolok dan sengit meski menghadapi lawan yang kuat.

Walau sama-sama bergabung dengan Houston Rockets, sayangnya Zhou Qi belum begitu besar seperti Yao Ming. Apalagi pada musim 2018 lalu Zhou Qi hanya bermain sebanyak 18 kali saja. Maka dari itu memutuskan ganti tim untuk memuluskan niatnya sebagai pemain muda dengan potensi besar di Amerika.

Pebasket Legenda Tiongkok Lainnya di Amerika

Atlet basket Asia di NBA

Untuk pemain bola basket lain dari negeri Tiongkok yakni Yi Jianlian yang pernah menjadi bagian dari berbagai tim besar negeri paman sam. Misalnya saja Milwaukee Bucks, Washington Wizard, Brooklyn Nets sampai Dallas Mavericks. Meski tidak menjadi bintang utama, tapi Yi Jianlian memiliki pengaruh cukup baik.

Yi Jianlian sebenarnya punya pengalaman mengesankan, apalagi atlet basket Asia di NBA tersebut sempat bergabung dengan LA Lakers. Tapi sayangnya memutuskan pergi sebelum musim berlangsung karena hanya bermain pada jadwal pramusim saja. Saat ini Yi Jianlian bermain di Tiongkok bersama tim dari Chinese Basketball Association.

Mengenai urusan legenda, Tiongkok sebenarnya punya nama besar selain Yao Ming, yakni Mengke Bateer. Dia pernah berjaya bersama Denver Nuggets, Toronto Raptors dan San Antonio Spurs. Kesuksesan seorang Mengke Bateer terbukti karena menjadi orang asia pertama mampu menjadi kampiun NBA sehingga bisa dikatakan tersukses.

Atlet basket Asia di NBA kebanggaan negeri tirai bambu itu sebelumnya bermain di Tiongkok selama 3 tahun. Kehebatan seorang Mengke Bateer ini terbukti karena termasuk center legenda terkuat saat itu. Bahkan kekuatannya menjadi momok bagi forward atau center lawan sehingga kesulitan menerobos pertahanan Mengke Bateer.

Pebasket legenda Tiongkok selanjutnya adalah Wang Zhizhi di mana pernah mencicipi berbaju Dallas Mavericks, New York Clippers dan Miami Heat. Sayangnya Wang Zhizhi sekarang memutuskan untuk bermain di negeri sendiri bersama Baby Rockets. Wang Zhizhi berhasil meraih 7 gelar juara dan sering menjadi MVP liga.

Atlet Basket Asia di NBA Saat Ini

Atlet basket Asia di NBA

Meski sudah berhasil menembus Amerika Serikat, tidak semua atlet mampu bertahan lama. Salah satu orang yang masih ada dan terus berjuang di National Basketball League yaitu Ding Yanyuhang. Dis sekarang bergabung bersama Dallas Mavericks sebagai Shooting Guard. Sebelum NBA, Ding Yanyuhang pemain Shandong Golden Stars.

Ding Yanyuhang sebenarnya punya prestasi bagus baik saat membela klub maupun negara. Contohnya saja Ding Yanyuhang mampu mempersembahkan medali emas untuk kontingen Tiongkok di Asian Games. Dia berhasil membawa tim nasional merajai event tersebut untuk kali ke tujuh sepanjang sejarah.

Atlet basket Asia di NBA selanjutnya ada dalam diri Hameed Haddadi. Mungkin bagi penggemar basket dunia tidak asing dengan namanya karena menjadi legenda hidup bagi Iran. Dulu Hameed Haddadi sempat menjadi bagian skuat Memphis Grizzlies dan Pheonix Suns. Bahkan pernah ada rumor ke Miami Heat.

Tapi sayangnya pemain berusia 35 tahun tersebut sepertinya tidak tertarik lagi menuju National Basketball League. Apalagi sebelumnya sudah berhasil meraih 3 emas Asia Games bersama timnas Iran. Jadi, sekarang Hameed Haddadi memutuskan bermain lebih santai di Tiongkok bersama timnya saat ini.

Sebenarnya sampai sekarang masih ada nama Jordan Clarkson yang merupakan keturunan Filipina-Amerika. Tapi Jordan Clarkson memutuskan bermain untuk tim nasional Filipina dan bergabung dengan Utah Jazz. Saat ini Jordan Clarkson usianya 28 tahun sehingga matang dan berpengalaman.

Peluang Pebasket Asing dari Asia dan Dunia di NBA

Atlet basket Asia di NBA

Untuk persaingan pemain di NBA sampai saat ini memang begitu ketat. Apalagi sekarang muncul dominasi dari pebasket asing, misalnya pemain asal Prancis Gobert di mana ia pernah menjadi bintang baru. Bahkan mengalahkan rookie lain asli atau lokal dari Amerika Serikat.

Sementara itu untuk Asia sekarang masih punya wakil dengan kemampuan baik seperti duo Jepang. Duo tersebut yaitu Yuta Watanabe bersama tim utama Toronto Raptors dan Rui Hachimura yang menjadi andalan Washington Wizard. Khusus Rui Hachimura berhasil lolos sistem draft tahun 2019 lalu.

Meski termasuk minoritas, tapi semua atlet basket Asia di NBA sangat dihargai oleh fans. Apalagi tergolong salah satu olahraga paling besar di negeri paman sam sehingga jika ada pemain yang asalnya jauh bisa menambah antusiasme penonton.

Hal ini terbukti dengan contoh player asing dari San Antonio Spurs seperti Manu Ginobili, Dirk Nowitzki dan Tony Parker. Selain itu dulu muncul pemain asing terbaik seperti Hakeem Olajuwon yang mungkin bakal mendominasi kalau tidak ada Michael Jordan.

Karena ada sistem draft, semua pemain asing terlebih dahulu harus bermain di level tertinggi, misal Spanyol atau Tiongkok. Selanjutnya bakal dipilih supaya dapat masuk draft bisa bergabung salah satu tim NBA. Perjuangannya begitu lama dan berat karena saingannya ratusan.

Baca Juga : Tips Nonton Sepakbola Eropa Langsung ke Stadion

Munculnya sistem baru setiap musimnya juga membuat peluang pebasket dengan kebangsaan manapun kemungkinan bisa masuk kompetisi paling elit di dunia tersebut. Tidak menutup kemungkinan juga ada orang Indonesia mampu menembus Amerika. Apalagi atlet basket Asia di NBA selalu ditunggu-tunggu aksinya karena mampu memberi efek besar.

Related posts
Basket

Berikut Daftar Sepatu Basket Termurah dan Berkualitas

5 Mins read
Sepatu basket termurah menjadi salah satu atribut yang sangat diperlukan. Apalagi, olahraga basket merupakan olahraga aktif. Jadi, sepatu menjadi salah satu hal…
Basket

Pengertian Bola Basket Bagi Pemula dan Sejarahnya

5 Mins read
Hingga kini mungkin masih banyak orang belum mengerti pengertian bola basket bagi pemula. Padahal, permainan satu ini cukup populer di Amerika Serikat…
BasketHome

Peraturan Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

5 Mins read
Tidak semua orang mengerti tentang peraturan dasar permainan bola basket. Apalagi, permainan ini tidak terlalu populer bagi beberapa orang. Jadi wajar memang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *