Badminton

Teknik Dasar Badminton Paling Mudah Diikuti Bagi Pemula

5 Mins read

Setiap atlet profesional harus menguasai teknik dasar Badminton terlebih dahulu. Penguasaan tentang hal tersebut harus dimulai dari sejak dini pada saat bergabung dalam club maupun mandiri. Sebab menjadi landasan untuk mempelajari teknik lainnya dalam permainan.

Baca Juga : Peraturan Tenis Meja yang Penting Dipelajari Pemula

Namun meski begitu tidak berarti berlatih mandiri membuat Anda tidak dapat menguasai teknik dasarnya. Anda bisa mempelajari dasarnya melalui berbagai tutorial. Bisa juga memperdalam pengetahuan tersebut dengan belajar secara langsung dari mentornya.

Yang pasti, olahraga badminton tidak mudah dilakukan. Meski sekilas hanya butuh raket dan shuttlecock saja, namun ternyata pelajaran didalamnya sangat kompleks. Butuh kecepatan, kekuatan, serta ketangkasan untuk bisa tampil dengan maksimal saat berada di lapangan.

Bahkan bisa dibilang olahraga ini ternyata terhitung berat. Sebab Anda perlu menguasai kecepatan berlari, ketepatan mengolah umpan lawan, dan kekuatan kaki serta tangan. Itu karena aktivitas berlari, melompat, memukul harus dilakukan sepanjang permainan berlangsung.

Manfaat Menguasai Teknik Dasar Badminton

Menguasai teknik bermain itu sangat berpengaruh terhadap kelancaran dalam bermain. Jika dilakukan dengan maksimal, itu akan membuat Anda mudah menang dan melakukan minim kesalahan.

Karena tidak dapat dipungkiri bila badminton merupakan permainan yang membutuhkan strategi. Ada waktu terbaik untuk mengulur waktu dengan rally panjang.

Namun kadang Anda perlu mempercepat tempo untuk segera melakukan perlawanan agar bisa membuat lawan kalah. Ini semua bisa dipelajari dari awal selama latihan dilakukan di lapangan.

Dalam hal ini, strategi dalam permainan badminton berhubungan dengan durasi permainannya. Selama bermain akan ada banyak energi yang harus dikeluarkan. Maka dari itu perlu diatur semuanya, misalnya seperti apa ritme permainannya dari awal dan akhir.

Jangan sampai agresif di awal babak permainan, kemudian hanya bertahan setengahnya saja. Sebab ketika bermain agresif, hal tersebut membuat energi cepat habis dan tidak bisa mengikuti permainan lawan. Ini bisa terjadi jika tidak menguasai tekniknya.

Menguasai teknik dasar badminton membantu memperkecil risiko terjadinya cidera. Berbeda dengan permainan lainnya, badminton memiliki banyak pola yang harus dipelajari dengan baik. Mulai dari service, melakukan aksi penyerangan, dan sebagainya yang terdiri dari berbagai cara.

Penguasaan cara bermain akan menjadi ciri khas tersendiri dari seorang atlet. Jika Anda sering bertanding biasanya akan membuat lebih mudah mengenali pola permainan lawan. Sehingga bisa dijadikan sebagai strategi untuk mengalahkan lawan dengan mudah.

Teknik Dasar Badminton Mulai dari Memegang Raket

teknik dasar badminton

Pada dasarnya teknik bermain itu bisa dimulai dari cara memegang raket. Jadi cara memegangnya tidak bisa sembarangan begitu saja. Dibawah ini adalah cara khusus yang perlu diperhatikan agar gerakan tangan lebih baik, antara lain:

  1. American Grip

Cara memegang raket yang pertama adalah American Grip. Ini merupakan cara yang sebenarnya sering dilakukan pada saat orang memegang sesuatu. Jari-jari tangan membentuk huruf “O”.

Jadi raket diposisikan di tengah antara keempat jari dan ibu jari. Ibu jari dan keempat jari saling bertemu di salah satu sisi raket. Paling ideal digunakan ketika smash, karena kuat.

  1. Backhand Grip

Jika American Grip keempat jari dan ibu jari beradu, berbeda dengan Backhand Grip. Genggaman di belakang tangkai raket, dimana semua jari mengarah yang sama. Baik keempat jari maupun ibu jari.

Seolah kekuatan atau penyokong raket berasal dari ibu jari. Ibu jari berada di belakang tangkai sehingga seakan ikut menekan dengan kuat. Jika belum terbiasa Anda akan sedikit kesulitan melakukan teknik dasar badminton dengan benar.

  1. Forehand Grip

Cara genggaman sebelumnya menggunakan kekuatan ibu jari. Pada Forehand Grip, kekuatan utama ada pada keempat jari yaitu telunjuk, manis, tengah dan kelingking. Pada genggaman ini ibu jari tidak begitu berpengaruh.

Cara ini digunakan untuk gerakan permainan yang cepat dan lincah. Untuk tempo cepat cara ini lebih fleksibel. Mengikuti shuttlecock di depan net atau area belakang lebih mudah.

  1. Combination Grip

Cara paling aplikatif untuk berbagai aksi dalam permainan Badminton adalah Combination Grip. Anda bisa mencoba memegang dengan telunjuk ke ujung, seperti memberi tekanan. Bekerja sama dengan ibu jari yang menyokong.

Lalu sisa ketiga jari lainnya diposisikan di bawah tangkai. Ini merupakan cara gabungan dari berbagai teknik sebelumnya. Anda bisa mengganti posisi pada saat permainan yang sesungguhnya.

Teknik Bermain Badminton Dilihat dari Kakinya

teknik dasar badminton

Selain belajar cara memegang raket yang benar, Anda perlu mempelajari posisi kaki. Teknik dasar Badminton satu ini sangat vital. Sebab jika salah bisa menyebabkan cedera serius.

Pertama Anda harus memiliki kemampuan berlari cepat dengan langkah berbeda. Mulai dari langkah-langkah pendek, kemudian panjang. Jika masih pemula lakukan latihan sesuai jangkauan maksimal yang aman.

Teknik kaki atau Footwork, harus memperhatikan arah shuttlecock. Jika perlu maju Anda tahu seberapa banyak yang dibutuhkan. Anda hanya boleh maju sebanyak 3 langkah, jadi harus disesuaikan jangkauan kakinya.

Jangan heran jika pada saat pertama latihan fokus utama adalah otot kaki. Sebab Anda perlu berlari, maju, mundur dan melompat. Jika sudah terbiasa latihan bagian kaki akan mudah mengikuti permainan.

Perhatikan base, atau posisi awal Anda dalam permainan. Lalu mundur maksimal 3 langkah dari posisi awal. Ini perlu Anda lakukan jika mendapat umpan panjang ke belakang.

Dari posisi awal tersebut Anda boleh bergerak menyamping kanan atau kiri sebanyak 1 langkah. Jika mendapat umpan pendek, maju sebanyak 3 langkah. Kecepatan gerakan kaki harus menyesuaikan tempo lawan.

Sikap Tubuh saat Bermain Badminton

teknik dasar badminton

Teknik dasar Badminton selanjutnya adalah sikap tubuh. Sikap tubuh akan mendorong semangat baik dalam memulai maupun membalas dan pengaturan strategi. Fokus juga ditentukan dari sikap tubuh dalam permainan ini.

  1. Attacking Stance

Posisi siap untuk menyerang ini harus Anda lakukan di area perlawanan. Yaitu daerah dalam lapangan yang mendekati garis-garis, sebab ini merupakan area berbahaya. Namun disesuaikan dengan umpan lawan.

Pada posisi ini jarang kaki harus lebih lebar. Sehingga mudah menjangkau ke semua sisi. Lengan yang tidak memegang raket terlebih dahulu diangkat untuk memaksimalkan pukulan.

  1. Defensive Stance

Posisi bertahan, artinya tetap siaga dengan umpan lawan. Ini bisa Anda terapkan pada saat lawan melakukan service. Badan condong ke arah net dengan raket di depan pinggang.

Dengan posisi ini, maka koordinasi mata, tangan dan kaki lebih maksimal. Anda lebih siap mengikuti arah permainan lawan. Kemana arah shuttlecock akan jatuh lebih mudah terjangkau.

  1. Net Stance

Dalam teknik dasar Badminton Anda akan mengenal istilah netting. Netting adalah ketika shuttlecock berada di sekitar net. Untuk ini Anda perlu berada di sedikit ke depan di dekat net.

Anda harus bisa membaca pada saat lawan ingin bermain dengan cara ini. Sehingga posisi tubuh tidak berada di belakang. Sebab akan sulit menjangkau umpan jika Anda terlalu mundur.

Cara Mengolah Shuttlecock saat Bermain Badminton

teknik dasar badminton

Inti dari permainan badminton selanjutnya adalah kemampuan dalam mengolah shuttlecock. Mulai dari yang pertama yaitu service. Jika salah satu pemain sudah melakukannya, artinya permainan dimulai.

Terdapat service bawah, dilakukan dengan memukul dari raket yang posisinya di bawah bahu. Hasil dari pukulan ini maka shuttlecock akan melambung ke atas. Service atas, menghasilkan arah horizontal.

Teknik dasar badminton Service atas dilakukan dengan memukul dari raket di atas bahu. Anda harus tepat dalam memilih serve atau service supaya tidak cepat dikalahkan lawan dengan mudah.

Smash, merupakan teknik dasar badminton dengan pukulan keras yang bertujuan untuk menghentikan gerakan lawan. Drop shot, adalah cara memukul ke arah tengah. Ini dilakukan untuk memancing lawan menuju area tengah lapangan.

Lob, adalah teknik dasar badminton cara untuk mengarahkan lawan ke belakang area lapangan. Untuk melakukan hal ini biasanya Anda akan memukul shuttlecock dengan melambungkannya. Jika berhasil, lawan akan kesulitan bergerak mundur dan kalah.

Netting, adalah teknik dasar badminton cara pengolahan yang sangat sulit. Anda tidak butuh kekuatan untuk melakukannya. Namun koordinasi mata, tangan harus cermat supaya bola jatuh di area yang sulit bagi lawan.

Overhead, mirip dengan smash namun tidak dengan kekuatan penuh. Anda bisa mengalahkan lawan jika mampu mendaratkan bola dengan tepat ke area lawan atau tubuh lawan. Terakhir adalah Drive.

Baca Juga : Pentingnya Gerakan Olahraga Saat Puasa dan Contohnya

Saat ingin bermain ganda, Anda perlu melakukan pukulan mendatar dengan cepat. Perhatikan trik ini saat bermain badminton. Teknik dasar badminton ini bertujuan untuk memaksa lawan bertahan, tidak dalam posisi menyerang.

Related posts
Badminton

Khasiat Bermain Badminton yang Akan Dirasakan Tubuh

5 Mins read
Ada banyak khasiat bermain badminton yang akan dirasakan oleh tubuh. Namun masalahnya, hanya sedikit orang yang sadar akan hal ini. Sedikitnya orang…
BadmintonEdukasi Olahraga

Tips Menjaga Stamina Saat Bermain Badminton di Lapangan

5 Mins read
Tidak semua orang mengetahui tips menjaga stamina saat bermain badminton. Pembahasan dari hal ini masih terdengar tabu di masyarakat. Ini sebenarnya merupakan…
BadmintonEdukasi Olahraga

Tips Bermain Badminton Saat Bulan Puasa Agar Tidak Batal

5 Mins read
Sebagai atlet tepok bulu, Anda wajib tahu beberapa tips bermain badminton saat bulan puasa Ramadhan agar tidak batal. Memang, seorang atlet bulu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *