Badminton

Jenis Sepatu Badminton yang Digunakan Atlet Bulu Tangkis

5 Mins read

Sepatu badminton merupakan salah satu equipment yang wajib dimiliki oleh atlet bulu tangkis. Sebab, sepatu yang digunakan untuk olahraga tepok bulu ini tentu saja berbeda dengan sepatu olahraga lainnya.

Sepatu untuk olahraga bulu tangkis ini terbuat dari material khusus. Sehingga, tampak lentur dan memudahkan kaki Anda untuk bergerak. Para atlet olahraga bulu tangkis ini tidak asal dalam memilih jenis sepatu yang akan digunakan.

Baca Juga : Cara Bermain FIFA Online 4 Termudah Lewat PC atau Laptop!

Sebab, pemilihan sepatu bulu tangkis yang tidak sesuai dengan spesifikasinya dapat menghambat kelincahan Anda dalam bergerak. Selain itu, pemilihan sepatu bulu tangkis yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan jenisnya dapat menyebabkan kaki terkilir.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui berbagai macam jenis sepatu khusus untuk olahraga bulu tangkis yang biasanya digunakan oleh para atlet-atlet ternama dunia.

Meskipun dari segi harga lebih mahal, namun sepatu yang digunakan untuk olahraga bulu tangkis ini membantu kelincahan ketika bergerak dan melindungi kaki Anda dari cedera fatal.

Untuk membantu pergerakan dalam bermain bulu tangkis dan menghindari cedera, maka gunakan sepatu dengan spesifikasi yang mirip dengan atlet badminton.

Cara Membedakan Sepatu Badminton Asli dengan yang Palsu

sepatu badminton

Mungkin beberapa orang belum paham betul cara membedakan keaslian produk sepatu bulu tangkis. Rata-rata, para penggemar olahraga bulu tangkis ini tergiur dengan harga murah dari produk sepatu tersebut.

Padahal, harga sepatu bulu tangkis asli ini dibanderol dengan harga cukup mahal. Meskipun mahal, kualitas dari sepatu tersebut tidak perlu diragukan lagi. Ada beberapa cara mudah untuk membedakan originalitas dari sepatu bulu tangkis tersebut.

Cara yang pertama adalah dengan melihat kode box sepatu yang Anda beli. Biasanya, sepatu bulu tangkis original ini memiliki kode box berupa angka atau scan barcode yang menunjukkan keaslian produk.

Sedangkan, sepatu bulu tangkis abal-abal ini tidak menyediakan kode box atau scan barcode yang menampilkan lisensi keaslian produk. Cara yang kedua adalah melihat kondisi fisik sepatu tersebut.

Biasanya, jahitan sepatu bulu tangkis original ini sangat rapi dan terbuat dari bahan baku berkualitas. Sehingga tidak mudah rusak dan dapat digunakan hingga beberapa tahun kedepan.

Sedangkan, untuk sepatu bulu tangkis KW ini memiliki tekstur cukup keras, jahitan tidak rapi, dan mudah sobek meskipun hanya digunakan satu kali saja. Untuk itu, Anda dituntut untuk lebih bijak dalam memilih sepatu khusus olahraga badminton.

Cara yang ketiga adalah memilih lokasi toko sepatu olahraga. Umumnya, sepatu badminton original hanya dijual di toko-toko besar dan bekerja sama langsung dengan pabrikan.

Sehingga, toko-toko tersebut hanya menjual produk asli yang dikelola oleh pabrikan sepatu ternama. Sedangkan, sepatu bulu tangkis palsu ini biasanya dijual oleh perorangan dengan harga jauh lebih murah dari harga aslinya.

Jenis-Jenis Sepatu Badminton yang Cocok untuk Pebulutangkis Profesional

Bagi Anda yang menggeluti olahraga badminton, tentu membutuhkan rekomendasi sepatu kelas profesional. Sebab, sepatu bulu tangkis kelas profesional ini mampu membantu kelenturan pergerakan serta melindungi kaki Anda dari cedera berbahaya seperti terkilir.

Ada banyak merk-merk sepatu badminton yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang menggeluti bidang olahraga tepok bulu ini. Maka dari itu, ini dia beberapa jenis sepatu bulu tangkis yang direkomendasikan bagi para pebulutangkis profesional. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Yonex Aerus

Yonex menjadi salah satu produsen apparel olahraga bulu tangkis terbaik di dunia. Produsen dari Jepang ini juga memproduksi sepatu khusus untuk para atlet tepok bulu profesional.

Salah satunya adalah Yonex Aerus. Yonex Aerus menjadi salah satu sepatu terbaru yang dibekali dengan teknologi power cushion. Dengan teknologi power cushion, Yonex Aerus ini lebih ringan dibandingkan dengan sepatu bulu tangkis lainnya.

Bahkan, Yonex Aerus ini digunakan oleh para atlet dunia seperti Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya. Harga sepatu ini cukup mahal, yakni di kisaran 3 juta rupiah.

  1. Yonex SHB

Yonex SHB adalah sepatu badminton terbaru yang diproduksi oleh Yonex. Sepatu badminton ini juga sangat ringan dan mampu mengakomodir pergerakan kaki untuk meraih shuttlecock. Sepatu ini juga melindungi kaki dari cedera, seperti terkilir. Maka dari itu, Yonex SHB menjadi salah satu rekomendasi sepatu bulu tangkis kelas profesional. Harga sepatu Yonex SHB ini diperkirakan sekitar 3,5 juta rupiah.

  1. Li-Ning Smash

Li-Ning adalah salah satu produk apparel badminton dari China. Selain memproduksi raket, Li-Ning juga merilis produk sepatu badminton. Li-Ning Smash ini adalah salah satu produk sepatu bulu tangkis kelas profesional yang cukup terjangkau.

Meskipun terjangkau, Li-Ning membekali produk sepatunya dengan teknologi terbaru. Sehingga sepatu ini cukup lentur dan mampu melindungi kaki Anda dari cedera maupun terkilir.

  1. Adidas Adizero Ueberschall

Untuk Anda yang ingin mencari sepatu bulu tangkis dengan model terbaru, maka Adidas Adizero Ueberschall. Sepatu ini bisa digunakan oleh pria maupun wanita.

Keunggulan dari Adidas Adizero Ueberschall ini ada pada desainnya. Desain sepatu badminton yang diproduksi oleh apparel Adidas ini didominasi warna biru navy yang dikombinasikan dengan warna pink.

Warna pink ini terdapat di bagian outsole sepatu. Harga dari sepatu Adidas Adizero Ueberschall ini dibanderol seharga 3 juta rupiah.

  1. Hi-Qua Grand Prix

Hi-Qua Grand Prix menjadi salah satu rekomendasi sepatu bulu tangkis terbaik yang cocok untuk para atlet profesional. Desain Hi-Qua Grand Prix ini cukup ergonomis dan mampu melindungi pergelangan kaki dari cedera atau terkilir.

Hi-Qua Grand Prix ini terbuat dari bahan karet sintetis PU leather. Meskipun Hi-Qua Grand Prix lebih berat jika dibandingkan dengan sepatu lainnya.

Namun outsole sepatu ini sangat kesat di lapangan. Harga sepatu Hi-Qua Grand Prix ini dibanderol seharga 1,3 juta rupiah.

  1. Yonex Power Cushion Eclipsion X

Dan rekomendasi sepatu badminton untuk atlet bulu tangkis profesional adalah Yonex Power Cushion Eclipsion X. Sepatu ini menggunakan teknologi power cushion yang mampu meredam goncangan hingga 30%. Harga sepatu Yonex Power Cushion Eclipsion X ini dibanderol seharga 1,4 juta rupiah.

  1. Reinforce Speed RS

Reinforce Speed RS menjadi salah satu jenis sepatu bulu tangkis profesional yang masuk dalam kategori cukup murah. Sepatu premium ini dibanderol seharga 975 ribu rupiah saja.

Meskipun tergolong “murah”, namun kualitas dari sepatu dari RS ini tidak kalah dengan sepatu bulu tangkis sekelas Yonex, Hi-Qua, hingga Li-Ning. Oleh sebab itu, sepatu yang satu ini sangat cocok untuk atlet badminton kelas profesional yang memiliki keterbatasan budget.

Tips Memilih Sepatu Bulu Tangkis yang Tepat untuk Atlet Profesional

sepatu badminton

Agar tidak salah pilih untuk menentukan sepatu bulu tangkis, maka ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam menentukan equipment badminton. Sebab, memilih sepatu untuk olahraga badminton ini tidak boleh sembarangan.

Bisa saja kesalahan dalam pemilihan sepatu membuat Anda cedera. Tips pertama, ketahui terlebih dahulu ukuran sepatu yang biasa Anda gunakan. Dan jangan lupa, lebihkan satu ukuran sepatu yang biasa Anda gunakan.

Seperti contoh, Anda biasa menggunakan ukuran sepatu nomor 40, maka gunakan ukuran sepatu bulu tangkis dengan nomor 41. Tujuannya untuk melindungi jari-jari kaki agar tidak lecet.

Tips kedua, pilih jenis sepatu dengan bobot paling ringan. Sebab, berat sepatu yang digunakan mempengaruhi pergerakan Anda dalam menggapai shuttlecock.

Sehingga, kelincahan kaki-kaki Anda menggapai shuttlecock sangat tergantung pada berat sepatu yang digunakan. Tips ketiga, pilih jenis sepatu badminton dengan outsole yang cocok untuk lapangan bulu tangkis.

Sepatu bulu tangkis dengan outsole terbaik tentu melindungi pergerakan kaki Anda ketika bermain. Maka dari itu, silahkan memilih sepatu bulu tangkis original. Sebab, sepatu badminton abal-abal ini mudah rusak karena tidak sesuai dengan spesifikasi lapangan badminton.

Tips keempat, sesuaikan dengan uang yang Anda miliki. Sebab, beberapa orang ingin membeli sepatu bulu tangkis profesional ini tidak memiliki cukup uang. Solusinya adalah membeli sepatu bulu tangkas sesuai dengan budget yang tersedia.

Paling penting adalah memilih sepatu yang nyaman di kaki dan cocok dengan jenis lapangan. Sebagai atlet bulu tangkis profesional, maka Anda harus memilih jenis sepatu yang tepat.

Baca Juga : Hasil MotoGP Terbaru Sebelum Seri Grand Prix Jerez

Sebab, pemilihan sepatu bulu tangkis tentu memudahkan Anda dalam bergerak dan menggapai shuttlecock. Selain itu, pemilihan sepatu juga mampu melindungi pergelangan kaki dari cedera. Maka dari itu, pilih sepatu badminton terbaik dengan harga terjangkau.

Related posts
Badminton

Khasiat Bermain Badminton yang Akan Dirasakan Tubuh

5 Mins read
Ada banyak khasiat bermain badminton yang akan dirasakan oleh tubuh. Namun masalahnya, hanya sedikit orang yang sadar akan hal ini. Sedikitnya orang…
BadmintonEdukasi Olahraga

Tips Menjaga Stamina Saat Bermain Badminton di Lapangan

5 Mins read
Tidak semua orang mengetahui tips menjaga stamina saat bermain badminton. Pembahasan dari hal ini masih terdengar tabu di masyarakat. Ini sebenarnya merupakan…
Badminton

Teknik Dasar Badminton Paling Mudah Diikuti Bagi Pemula

5 Mins read
Setiap atlet profesional harus menguasai teknik dasar Badminton terlebih dahulu. Penguasaan tentang hal tersebut harus dimulai dari sejak dini pada saat bergabung…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *