Badminton

Daftar Pasangan Duet Badminton Terbaik Sepanjang Sejarah

4 Mins read

Kalau kita menonton pertandingan bulu tangkis, mungkin duet badminton terbaik adalah yang paling kita tunggu. Hal ini disebabkan karena ada lebih dari satu orang dalam setiap tim sehingga perjuangan atau kerja sama mereka begitu intens. Tidak heran banyak muncul atlet hebat sektor ganda atau duet.

Baca Juga : 4 Negara Sepakbola Terbaik dari Pemain Sampai Piala

Karena termasuk pertandingan paling seru, tidak heran sering ditempatkan pada pertandingan akhir atau final. Sering juga dipakai sebagai penentu juara sehingga perannya sangat penting, apalagi saat kejuaraan tim. Sampai saat ini ada banyak legenda ataupun pemain aktif dari berbagai negara berposisi ganda dengan julukan terbaik.

Berikut adalah Daftar Pasangan Duet Badminton Terbaik Sepanjang Sejarah :

Duet Badminton Terbaik Indonesia Putra Sepanjang Sejarah

Duet badminton terbaik

Pertama kita akan membahas mengenai pasangan ganda putra terbaik milik Indonesia sepanjang sejarah. Misalnya saja nama seperti Rexy Mainaki/Ricky Subagja di mana berprestasi tahun 1990-an. Mereka paling terkenal saat itu karena berhasil menang emas Olimpiade Barcelona dan mampu menjuarai turnamen All England dan World Championship.

Duet badminton terbaik juga patut kita sematkan pada Christian Hadinata/Ade Chandra yang paling populer tahun 1970-an. Sebelumnya mereka berhasil meraih kampiun saat tampil di All England dan Asian Games. Selain itu sangat membanggakan saat menjuarai Thomas Cup, sayangnya Ade Chandra pensiun lebih dulu sehingga berpisah.

Beralih ke 30 tahun selanjutnya, ada pasangan Candra Wijaya/Tony Gunawan yang lebih terkenal tahun 2000-an. Aksi paling membanggakan keduanya waktu tampil di olimpiade Sydney. Mereka pernah juara All England, World Championship dan GP Championship. Sayang Tony Gunawan pindah kewarganegaraan setelah pensiun menjadi orang Amerika Serikat.

Untuk duet badminton terbaik paling ikonik bagi anak muda mungkin ada dalam nama Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Mereka pertama kali menjadi pasangan tahun 2013 dan berhasil meraih segudang prestasi. Misalnya saja membawa trofi World Championship, Indonesia Open, Malaysia Open sampai medali emas Asian Games Korea Selatan.

Sebelum berpasangan dengan Mohammad Ahsan, sebelumnya Hendar memiliki pasangan lain yaitu Markis Kido. Sebenarnya duet dari Markis Kido/Hendra Setiawan juga begitu menawan, apalagi mampu membawa emas olimpiade Beijing. Selain itu punya gelar World Championship, asian games, sampai beberapa kali menjadi juara pertama World Super Series.

Legenda terakhir yaitu Eddy Hartono/Rudy Gunawan yang juga lebih terkenal saat membawa nama baik negara tahun 1990-an. Pada saat itu persaingannya begitu ketat, apalagi bersaing dengan pasangan dari Korea Selatan, Tiongkok dan Malaysia. Maka dari itu mereka hanya mampu meraih medali perak saat Olimpiade Barcelona.

Ganda Putra Dunia Terbaik Saat Ini

Duet badminton terbaik

Untuk saat ini sektor Mens Double memang sedang berada dalam dominasi Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon. Mereka berhasil menjadi nomor satu dalam ranking BWF dengan rekor paling lama. Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon pernah juara All England, Prancis Terbuka, Jepang Terbuka, Tiongkok Terbuka, Indonesia Terbuka dan sebagainya.

Duet badminton terbaik Mens Double sebelumnya ada nama Mathias Boe/Carsten Mogensen. Salah satu prestasi terbaik Mathias Boe/Carsten Mogensen yaitu perak Olimpiade London. Sepanjang berkarir Mathias Boe/Carsten Mogensen sudah meraih 14 gelar. Tapi sayang saat ini sudah memutuskan pensiun.

Mens Double legenda terbaik yang sudah pensiun yaitu Cai Yun/Fu Haifeng. Keduanya masing-masing berumur 41 tahun dan 37 tahun. Keputusan pensiun Cai Yun/Fu Haifeng memang karena umur sudah terlalu tua. Tapi saat masih aktif begitu cekatan dan menyulitkan pemain lebih muda.

Saingan pasangan duet badminton terbaik dunia sebelumnya yaitu Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong. Pasangan asal Korea Selatan ini juga selalu tampil spartan dan pantang menyerah. Apalagi keduanya juga dikenal memiliki rivalitas dengan Mens Double asal Indonesia yaitu Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Sekarang selain Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon, perwakilan negara kita masih dipegang oleh Muhammad Rian Adrhianto/Fajar Alfian. Keduanya mampu merengkuh juara Swiss Open, BWF World Tour, Malaysia Masters dan Korea Open. Muhammad Rian Adrhianto/Fajar Alfian terbilang masih cukup muda.

Duet Badminton Terbaik Putri Dunia Saat Ini

Duet badminton terbaik

Jika membahas Womens Double, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan memang menjadi nomor satu bahkan sampai sekarang. Sebenarnya Chen Qing Chen sering dianggap tua padahal baru 23 tahun. Mereka sangat hebat karena menjadi peringkat 1 BWF dan menjuarai BWF Final Tour, Hongkong Open sampai Thailand Masters.

Tiongkok memang surganya pemain berbakat, maka dari itu selain Chen Qing Chen/Jia Yi Fan mereka punya Du Yue/Li Yin Hui. Perwakilan negeri tirai bambu tersebut begitu spartan saat bertanding dan mampu menghentikan dominasi Jepang. Bahkan mengalahkan dua pasangan Jepang sekaligus saat Germany Open.

Sebelum Chen Qing Chen/Jia Yi Fan mendominasi duet badminton terbaik sektor Womens Double, sebenarnya sudah dikuasai oleh atlet Jepang. Misalnya saja Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara sampai Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi. Mereka sering menyapu bersih turnamen di berbagai negara, baik level besar maupun kecil.

Selain Tiongkok dan Jepang, negara tetangganya yakni Korea Selatan punya beberapa duet yang patut diperhitungkan. Misalnya saja Lee So Hee/Shin Seung Chan, Kim So Yeong/Gong Hee Yong, Chang Ye Na/Kim Hye Rin sampai Baek Ha Na/Jung Kyeong Eun. Semuanya bahkan masuk 10 besar ranking BWF.

Indonesia juga punya perwakilan untuk posisi Womens Double yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Pasangan ini sebenarnya belum mampu menunjukkan permainan level atas tapi tetap membanggakan negara. Apalagi sebelumnya sudah berhasil menjuarai Thailand Open sebanyak 4 kali.

Pasangan Ganda Campuran Bulutangkis Terhebat

Duet badminton terbaik

Kalau sektor ganda campuran, mungkin termasuk berkesan saat kita tonton pertandingannya. Maka dari itu ada beberapa pasangan dianggap legendaris, misalnya Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dari Tiongkok yang dianggap sebagai mimpi buruk semua lawan bahkan rekan senegara seperti pasangan Wang Yi Lyu dan Huang Dong Ping.

Untuk Indonesia, mungkin kita bisa menyebutkan Praveen Jordan/ Melati Daeva Oktavianti atau Hafidz Faizal/Gloria Emmanuelle. Kedua pasangan ini sudah mampu terus stabil menduduki 10 besar dunia. Indonesia sendiri dulu punya Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang merupakan duet legendaris. Bahkan berhasil menjadi ranking 1 cukup lama.

Duet badminton terbaik juga dimiliki oleh Thailand, yaitu pada nama Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Mereka pernah menarik perhatian saat berhasil menjadi nomor satu di kejuaraan junior. Selain itu asia tenggara masih punya Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dari Malaysia dengan prestasi cukup baik contohnya saat olimpiade.

Sementara itu untuk Jepang, sebenarnya memiliki Yuto Watanabe/Arisa Higashino, mereka menjadi unggulan saat berhasil meraih gelar All England 2018. Kehebatan mereka mampu mendukung raihan gelar ganda putri yang mendominasi. Sayangnya Yuto Watanabe harus absen cukup lama karena terkena skors langsung dari badan bulutangkis negeri sakura.

Dari Korea Selatan, mungkin perwakilannya Seo Seung Jae/Chae Yu Jeong. Tapi sayangnya aski keduanya harus kita tunggu lebih lama karena Seo Seung Jae ternyata memiliki hukuman supaya tidak bisa tampil. Mix Doubles terakhir yakni Marcus Ellis/Laurent Smith asal Inggris, mereka peraih perunggu Olimpiade Brasil.

Baca Juga : 4 Gaya Hidup Atlet Basket NBA Glamor dan Mewah

Meski banyak berasal dari negeri kita, bukan berarti pasangan ganda dari luar negeri tidak memiliki kualitas. Bahkan ada yang sudah melebihi baik dari segi skill maupun prestasinya. Maka dari itu perlu kita tunggu dan harapkan supaya latihan keras para atlet mampu menghasilkan duet badminton terbaik.

Related posts
Badminton

Ingin Memilih Raket untuk Bermain Badminton?

4 Mins read
Pada saat akan bermain, memilih raket untuk bermain badminton merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai permainan tersebut. Menggunakan raket terbaik…
Badminton

Mengenal Legenda Badminton Indonesia yang Berjaya

4 Mins read
Legenda badminton Indonesia cukup penting sepertinya untuk dipahami sebagai salah satu pengetahuan mengenai perkembangan olahraga tersebut khususnya pada skala nasional. Sebagai negara…
Badminton

Istilah Dalam Badminton yang Wajib Anda Ketahui

4 Mins read
Istilah dalam badminton seringkali belum banyak yang mengetahui secara baik dan pastinya cukup rumit untuk dipahami. Istilah tersebut umumnya hanya diketahui oleh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *