Badminton

Olahraga Bulutangkis dan Teknis Dasar Dalam Bermain

4 Mins read

Olahraga bulutangkis atau badminton adalah sebuah olahraga yang diminati oleh banyak kalangan di Indonesia. Tidak mengherankan banyak juara dunia yang dihasilkan dari negara Kita ini. Seperti Kevin sanjaya, Taufik Hidayat, Susi Susanti, dan masih banyak lagi. Kepiawaian dalam menggerakan raket merupakan keunggulan mutlak pemain Indonesia.

Masuk lagi pada apa itu permainan badminton. Sebenarnya permainan ini merupakan olahraga adu antar pemain atau tim untuk memenangkan pertandingan. Pemain atau tim harus sebanyak banyaknya memasukan shuttle cock ke lapangan lawan. Dengan lapangan yang saling berhadapan satu sama lain dan dibatasi oleh nett diantara keduanya.

Baca Juga : 6 Tim Esports Wanita Indonesia Terbaik & Deretan Prestasinya

Bisa dibilang bagi yang terbiasa dengan tennis, olahraga bulutangkis sangat mirip dengannya. Pemain harus saling memukul bola menuju lapangan milik pemain lawan. Dengan tujuan agar pemain lawan tidak dapat mengembalikan pukulan tersebut. Jika pemain lawan tidak dapat mengembalikannya, poin akan didapatkan tetapi harus memenuhi syarat ketentuan.

Jadi, bila ingin bermain atau sekedar menikmati sebuah sajian pertandingan olahraga badminton di tv. Wajib untuk memahami teknis bermain mulai dari ukuran lapangan, peraturan badminton, perhitungan skor, dan teknis bermain. Semua bisa disimak secara lebih lengkap pada pembasahan berikut ini.

Ukuran Lapangan Bermain Olahraga Bulutangkis

Olahraga bulutangkis

Satu hal penting agar dipahami penikmat badminton, ukuran lapangan yang kerap digunakan dalam bermain profesional berbeda dengan non profesional. Hal ini dilakukan agar alur gameplay menjadi lebih kompetitif. Setiap pemain akan bermain satu sama lain dalam bentuk persegi empat dan dibatasi oleh net.

Pembatasan tersebut bertujuan memisahkan daerah permainan sendiri dan lawan. Disajikan dalam ukuran panjang lapangan sampai 13,40 meter dalam permainan tunggal maupun ganda. Panjang ini rasanya sudah cukup membuat permainan berjalan lebih seru. Pengembalian bola jauh dan dekat akan tersajikan dari aturan bermain satu ini.

Lalu pada lebar lapangan pada pertandingan olahraga bulutangkis mencapai 6,1 meter pada pertandingan ganda (beregu) dan ukuran 5,18 meter pada pertandingan tunggal. Sedangkan pada garis garis yang berada pada lapangan untuk menentukan masuk atau tidaknya shuttle cock. Memiliki ketebalan sampai 40 mm berwarna kontras.

Panjang, lebar, dan garis garis lapangan sudah dijelaskan. Pastinya lanjut pada ukuran net, apakah ukuran net tunggal dan ganda sama? Jawabannya iya, setiap pertandingan pasti akan dipasangi net dengan ukuran setinggi 1,55 meter, panjang 6,10 meter, dan lebar 0,67 meter. Itu merupakan aturan bermain internasional.

Aturan Bermain Badminton Internasional (Partai Profesional)

Olahraga bulutangkis

Sesuai aturan yang berlaku, menurut IBF kebijakan ini berlaku aturan ini disuguhkan demi kelancaran dalam bermain. Jadi keputusan ini ditetapkan bukan hanya pada equipment permainan para pemain. Tetapi juga pada partai yang berkepentingan harus mengikuti aturan mainnya. Seperti contohnya sponsor, produsen, dan sebagainya.

  1. Kelas Partai

Ada beberapa kelas yang tersaji dalam olahraga bulutangkis. Normalnya pemain atau player putra harus berhadapan dengan player putra juga. Sebaliknya untuk player putri juga harus bertarung melawan player putri. Untuk tunggal dan ganda berlaku seperti itu. Hanya saja pada player ganda berlaku aturan campuran.

  1. Pengecekan Peralatan dan Perlengkapan oleh Wasit

Sebelum pertandingan, semua akan dicek oleh pengadil lapangan. Mulai dari kelayakan net, lapangan, bahkan peralatan dan perlengkapan bermain player. Aksesoris yang dipakai para player juga tidak luput dari pengecekan. Tujuan dari melakukannya agar tidak ada hal berbahaya yang ditimbulkan darinya. Jadi pengecekan ini tindakan normal.

  1. Penentuan Pemilik Service Pertama

Sama seperti sepak bola, basket, dan sebagainya. Dilakukan penentuan service sebelum semuanya dimulai. Tujuan ini agar didapatkan pertandingan adil tanpa rasa memihak bagi salah satu pihak. Proses penentuan pemilik service pertama biasanya dilakukan dengan melempar koin. Lalu pihak yang benar pada pilihannya, berhak mendapatkan service.

  1. Pengadil Lapangan yang Bertugas

Dalam satu pertandingan, biasanya ada satu wasit yang berada samping tengah net. Lalu dibantu juga dengan empat hakim garis yang bertugas menentukan masuk atau tidaknya bola. Dengan tanda atau isyarat, Mereka memberitahukan semuanya kepada wasit utama. Jadi letak empat hakim garis berada pada pojok lapangan.

Perhitungan Skor dalam Olahraga Bulutangkis

Olahraga bulutangkis

Sesudah mengetahui ukuran lapangan serta aturan main olahraga ini. Tidak afdol rasanya tanpa mengetahui perhitungan skor dalam pertandingan. Perhitungan skor ini penting diketahui agar leluasa dalam bermain ataupun melihat sebuah partai. Jadi Anda wajib ketahui beberapa hal penting kali ini.

Sistem kemenangan 3 pertandingan dijalankan sejak tahun 2006 lampau. Itu berarti player yang berhasil menang pada 2 partai awal, akan secara otomatis menang. Meskipun kalah sekali akan tetap dinyatakan menang. Dalam satu pertandingan menggunakan penilaian rally point sebanyak 21 angka.

Ada aturan tambahan dalam olahraga bulutangkis ketika masing masing player dapat nilai 20. Ditetapkan kondisi deuce atau kondisi permainan dinyatakan imbang. Pertandingan tidak akan bisa selesai sampai ada satu pihak yang berhasil mendapatkan selisih 2 poin. Itu untuk perhitungan skor secara umum pada satu pertandingan.

Lalu bagaimana dengan penentuan masuk atau tidaknya bola? Mudah saja, bila bola masuk sesuai keputusan wasit. Pemain yang berhasil memasukan bola akan mendapatkan 1 poin dan seterusnya. Lebih dalam lagi, bagi pihak server yang melakukan kesalahan bisa memberikan penerima server poin sekaligus pindah bola.

Berlaku sebaliknya bagi penerima server yang melakukan kesalahan. Maka pemain server akan mendapatkan poin serta bola masih tetap dipegang. Tambahan pada kesalahan dalam melakukan service. Pemain dinyatakan salah saat memukul shuttle cock lebih tinggi dari pinggang. Ada juga kesalahan saat memukul dengan badan raket tidak kebawah.

Kerap dilakukan oleh Kevin sanjaya dalam mengelabuhi lawan. Namun, bedanya Ia dapat melakukannya dengan sempurna sehingga kerap memberikan poin krusial. Entah bagaimana caranya, tetapi Ia memang sanggup melakukannya tanpa sebuah pelanggaran. Jadi pada saat genting, cara bermainnya dapat diandalkan sebagai senjata pamungkas.

Teknis Dasar bermain Olahraga Bulutangkis

Olahraga bulutangkis

Olahraga bulutangkis dasar dalam bermain bulutangkis sebenarnya terletak pada service, pukulan, dan penerimaan. Ketiganya hanya perlu cara memegang raket secara baik dan benar. Jadi ada baiknya paham cara memegang raket agar semuanya lebih jelas. Secara umum ada tiga cara memegang secara tepat.

Pertama, pegangan forehand alias reguler. Player hanya perlu mendirikan raket dengan sisi tegak berhadapan lapangan. Untuk posisi tangan harus seperti sedang bersalaman. Kebanyakan pemain pemula menggunakan teknis ini agar bisa melakukan service, penerimaan, dan pukulan keras kepada pemain lawannya pada saat masih belajar.

Kedua, Olahraga bulutangkis teknis memegang back hand. Ini adalah teknik tahap lanjut dimana player dituntut untuk memutar ┬╝ tangan ke kanan dari pegangan dasar. Teknik ini kerap dilakukan untuk membuat bola lob tinggi. Pengembalian bola yang sulit dijangkau biasanya menggunakan teknik ini. Namun, ada risiko smash dari lawan.

Ketiga, Olahraga bulutangkis ada teknik pukulan kasur dimana kerap dilakukan oleh pemain pro. Pengembalian bola pada saat akan menyentuh lapangan dengan menggunakan raket. Posisinya adalah ibu jari dan telunjuk menempel pada bagian lapangan terlebar. Tingkat kesulitannya termasuk tinggi dan harus banyak dilatih.

Baca Juga : 5 Legend Pembalap MotoGP Terbaik Dunia Sepanjang Sejarah

Bagaimana sudah paham akan aturan bermain bulutangkis serta teknis bermainnya? Jika sudah paham, coba untuk bermain atau menonton pertandingan. Pasti akan berbeda tensinya karena pemahaman membuat jalannya pertandingan lebih seru. Olahraga bulutangkis atau badminton memang seru untuk dinikmati.

Related posts
Badminton

Ingin Memilih Raket untuk Bermain Badminton?

4 Mins read
Pada saat akan bermain, memilih raket untuk bermain badminton merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai permainan tersebut. Menggunakan raket terbaik…
Badminton

Mengenal Legenda Badminton Indonesia yang Berjaya

4 Mins read
Legenda badminton Indonesia cukup penting sepertinya untuk dipahami sebagai salah satu pengetahuan mengenai perkembangan olahraga tersebut khususnya pada skala nasional. Sebagai negara…
Badminton

Istilah Dalam Badminton yang Wajib Anda Ketahui

4 Mins read
Istilah dalam badminton seringkali belum banyak yang mengetahui secara baik dan pastinya cukup rumit untuk dipahami. Istilah tersebut umumnya hanya diketahui oleh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *