Badminton

Mengenal Legenda Badminton Indonesia yang Berjaya

4 Mins read

Legenda badminton Indonesia cukup penting sepertinya untuk dipahami sebagai salah satu pengetahuan mengenai perkembangan olahraga tersebut khususnya pada skala nasional. Sebagai negara besar, maka wajar apabila Indonesia juga mempunyai beberapa pemain dengan predikat legenda.

Sebagai salah satu olahraga yang telah ada sejak abad ke-12 maka tidak jarang apabila Indonesia mempunyai andil cukup besar dalam kemajuan badminton, baik dalam negeri maupun dalam kancah internasional. Perjalanan serta perkembangan tersebut membuat negara ini banyak melahirkan pemain berkualitas.

Baca Juga : Inilah Klub Bola Terkaya Dalam Sejarah Dunia

Prestasi Indonesia juga sangat diperhitungkan oleh semua lawan tandingnya, sebab prestasi para pemain sudah diakui kehebatannya. Hampir setiap generasi selalu menghadirkan permain berkualitas dan tidak kalah bagusnya dibandingkan generasi sebelumnya.

Anda mungkin akan selalu ingat dan kenal bagaimana Taufik Hidayat mempersembahkan gelar juara dalam beberapa event bergengsi di Asia seperti Sea Games. Ada juga nama atlet kawakan seperti Susi Susanti dengan berhasil mengharumkan nama Indonesia berturut-turut pada ajang All Englandd.

Bahkan sampai saat ini Indonesia dipredikasi tidak akan kekurangan stok pemain andalan dan tidak kalah hebatnya, guna meneruskan prestasi gemilang. Ada nama-nama baru yang selalu muncul pada setiap setiap generasi.

Selain mampu mengembangkan sayap berupa prestasi cukup panjang, permainan ini cenderung memiliki spectrum cukup luas dalam menjangkau hiburan seseorang. Hampir dari semua kalangan mempunyai minat cukup kuat untuk memainkan olahraga yang mengandalkan ketangkasan tersebut.

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan apabila menekuni olahraga satu ini, yang pertama adalah tentunya kesehatan. Sebagai salah satu olahraga yang menggerakkan hampir semua fungsi badan, maka tidak jarang permainan bulu tangkis sangat cocok untuk merawat tubuh agar tetap sehat.

Berikut ini merupakan beberapa nama yang cukup menjadi legenda badminton Indonesia kancah bulu tangkis nasional dengan prestasi cukup mentereng.

Hendra Kartanegara

Legenda badminton Indonesia

Legenda yang sangat terkenal dan membuat bangsa ini berjaya dimulai dari sosok dengan nama Hendra Kartanegara. Lebih dikenal dengan sebutan Tan Joe Hok, pemain yang masih mempunyai darah tionghoa ini bisa dikatakan sebagai pioner dalam perkembangan bulu tangkis Indonesia.

Tahun 60-an, pemain ini merupakan salah satu kebanggan bangsa dengan torehan fantastisnya sebagai pemain bulu tangkis professional. Berkarir sejak tahun tersebut membuat Hendra kertanegara sangat cocok menjadi acuan para pemain bulu tangkis muda baik dalam kompetisi dalam negeri sampai kancah internasional.

Awal karir Hendra, pemain ini langsung menjadi icon dari piala Thomas. Bahkan bisa dikatakan bahwa pemain bisa dikatakan sebagai salah satu delegasi pertama Indonesia untuk mengikuti kejuaraan tersebut, sehingga apabila berbicara piala Thomas maka yang cukup bisa diingat dari sejarahnya adalah sosok tan joe hok ini.

Pada gelaran tersebut Hendra mendapat raihan fantastis dengan berhasil memboyong beberapa gelar juara piala Thomas. Gelar tersebut menjadi semakin prestius sebab pada tahun 1958, Hendra bersama pemain lainnya berhasil meraih lambang supremasi setelah berhasil menumbangkan lawan kuat dari Malaysia.

Tidak hanya itu, Hendra juga merupakan pemain Indonesia pertama yang meraih gelar juara pada ajang All England. Kehadiran Hendra sebagai juara pada gelaran tersebut mampu membuat pemain ini semakin ditakuti lawan.

Hasilnya ia juga berhasil meraih juara dan merebut medali dalam gelaran sea games tahun 1962. Keberhasilan dalam sejarah panjangnya layak untuk menyandang gelar legenda badminton Indonesia.

Rudy Hartono

Pemain yang dijuluki raja All Englandd ini memang cukup melekat di hati para penggemar nasional. Sebab selama karirnya rudy menjadi pemain yang dikenal karena kepiawannya dalam memainkan olahraga tersebut.

Ada banyak sekali raihan gelar prestius yang diraih oleh pemain legenda badminton Indonesia tersebut. selain disebut sebagai salah satu raja All England, rudy mampu meraih juara dunianya pada tahun 1980, namanya pun semakin melejit dalam kancah internasional.

Sebutan raja All Englandd merupakan salah satu yang paling dikenal. Alasan pemberian sebutan tersebut karena semasa karirnya rudy tercatat telah memberikan gelar juara All Englandd sebanyak delapan kali, dan yang paling menarik perhatian adalah 7 diantara gelar tersebut dapat pemain ini raih secara berturut-turut.

Raihan fantastis dari ajang piala All Englandd tersebutlah yang menjadikan rudy sebagai legenda badminton Indonesia. Bahkan sampai saat belum ada pemain nasional yang mampu menyamai pencapaian pemain kelahiran Surabaya ini.

Akan tetapi tidak berhenti sampai disitu saja, rudy juga tercatat sebagai pemain yang masuk dalam anggota Thomas. Selama berkarir sebagai tim Thomas, rudy berhasil meraih empat kali juara bersama tim lainnya.

Liem Swie King

Legenda badminton Indonesia

Pemain legenda badminton Indonesia selanjutnya adalah liem swie king. Apabila saat ini terdapat istilah king smash maka sebenarnya sebutan tersebut berasal dari pemain ini, kepiawannya dalam memukul bola menjadikan hal tersebut dilakukan banyak pemain lain hingga saat ini.

King secara mengejutkan juga berhasil menjadi salah satu kontestan piala All Englandd dengan menembus partai final. Akan tetapi kesempatan tersebut harus kandas sebab king kalah dengan senior senegaranya yakni rudy hartono.

Akan tetapi kesempatan untuk kembali memenangkan pertandingan tidak berlangsung lama. Bahkan pada tahun 1978, 1979, dan 1981 pemain ini secara perkasa memenangkan ajang bergengsi tersebut. sebuah raihan yang cukup baik dan fantastis untuk seorang pemain tunggal.

Akan tetapi semasa karir profesionalnya legenda badminton Indonesia ini juga tercatat pernah menjadi salah satu pemain ganda putra. Pasangan ganda yang pernah bekerja sama dengan king adalah bobby dan Kartono.

Selama karir dalam ganda putra prestasi king juga tidak kalah menterengnya dibandingkan saat dia menjadi pemain tunggal putra. Bersama Kartono, pemain ini berhasil menyabet gelar juara dunia selama 2 kali.

Sedangkan bersama Booby, king juga berhasil meraih gelar juara dunia satu kali. Selain itu pasangan king dan bobby juga sukses meraih gelar juara pada ajang piala asia, sehingga cukup layak bila pemain ini menyandang gelar legenda badminton Indonesia.

Alan Budikusuma

Legenda badminton Indonesia

Legenda badminton Indonesia terakhir yang sangat patut untuk diapresiasi atas raihan terbaiknya Alan budikusuma. Pemain kelahiran Surabaya ini mungkin merupakan salah satu yang sangat dikenal dalam sejarah panjang bulu tangkis di negeri ini.

Alasan sesuai untuk menyandang gelar legenda badminton Indonesia pada alan sangat cocok sebab pemain ini pernah menjadi salah satu pemain tunggal putra Indonesia yang berhasil menembus kompetisi sebesar olimpiade Barcelona.

Olimpiade ini digelar di Barcelona pada tahun 1992, dan alan keluar sebagai juara serta berhasil meraih medali emas. Suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang pemain bahkan pemain di seluruh dunia.

Baca Juga : Mengenal Atlet Basket Indonesia Berkualitas Dan Berbakat

Moment kemenangan semakin menjadi fantastis sebab gelar juara serta raihan medali emas dalam kompetisi sebesar olipiade barcelna tersebut ternyata merupakan raihan pertama kali untuk negara Indonesia.

Deretan nama diatas patut diapresia setinggi-tingginya sebab mampu mengharumkan nama bangsa. Legenda badminton Indonesia tersebut patut menjadi contoh bagi generasi penurus bangsa.

Related posts
Badminton

Khasiat Bermain Badminton yang Akan Dirasakan Tubuh

5 Mins read
Ada banyak khasiat bermain badminton yang akan dirasakan oleh tubuh. Namun masalahnya, hanya sedikit orang yang sadar akan hal ini. Sedikitnya orang…
BadmintonEdukasi Olahraga

Tips Menjaga Stamina Saat Bermain Badminton di Lapangan

5 Mins read
Tidak semua orang mengetahui tips menjaga stamina saat bermain badminton. Pembahasan dari hal ini masih terdengar tabu di masyarakat. Ini sebenarnya merupakan…
Badminton

Teknik Dasar Badminton Paling Mudah Diikuti Bagi Pemula

5 Mins read
Setiap atlet profesional harus menguasai teknik dasar Badminton terlebih dahulu. Penguasaan tentang hal tersebut harus dimulai dari sejak dini pada saat bergabung…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *