Badminton

Ingin Memilih Raket untuk Bermain Badminton?

4 Mins read

Pada saat akan bermain, memilih raket untuk bermain badminton merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai permainan tersebut. Menggunakan raket terbaik membantu pemain mendapatkan banyak keseruan di saat sedang berada pada game tersebut secara mudah.

Selain itu, akan lebih menyenangkan jika sudah menggunakan jenis raket paling nyaman agar digunakan saat sedang bermain tersebut. Menemukan sebuah media agar bermain bulutangkis tersebut paling nyaman serta cocok agar digunakan membuat pemain merasa lebih nyaman.

Baca Juga : Persiapan Main Tenis, Lakukan Latihan Fisik dengan Benar

Kesuksesan di saat sedang bermain pada bulutangkis juga lebih mudah didapatkan ketika telah menggunakan alat terbaik. Bukan tidak mungkin jika banyak pemain bisa mendapatkan kesuksesan secara mudah ketika telah menggunakan jenis terbaik di dalam melakukan olahraga badminton tersebut.

Saat ini, banyak orang mencoba agar mencari raket untuk bermain badminton, paling nyaman juga cocok saat digunakan. Ada berbagai jenis serta merek dapat digunakan agar bermain, namun tentu saja setiap pemain atau atlet memerlukan kebutuhan berbeda untuk pemilihan jenis raket tersebut.

Memahami setiap karakteristik yang dimiliki pada alat untuk berolahraga badminton tersebut akan menjadi sebuah pertimbangan sebelum melakukan pembelian. Jika sudah melakukan pertimbangan secara matang, maka lebih mudah agar bisa mendapatkan keuntungan dengan menggunakan raket terbaik pada permainan.

Kepuasan tersendiri saat sudah mendapatkan alat permainan terbaik tentu saja akan dirasakan oleh seorang pemain. Kepuasan ini, bisa menjadi sebuah kunci sukses dalam berada di dalam lapangan dan bermain melawan lawan main Anda di saat sedang berada pada sebuah pertandingan bulutangkis tersebut.

Berikut adalah cara Memilih Raket untuk Bermain Badminton

Pahami Raket untuk Bermain Badminton Saat Memilih

raket untuk bermain badminton

Perlu diketahui dengan baik, alat yang biasanya digunakan dalam bermain pada permainan dengan menggunakan bola bernama shuttlecock ini memiliki 3 bagian terpisah. Pertama ada bagian kepala raket yang sudah dilengkapi dengan senar dalam memberikan pukulan di bola shuttlecock saat sedang bermain nantinya.

Pada bagian kepala biasanya berbentuk oval dan sudah memiliki ukuran standar yang digunakan oleh pemain bulutangkis di seluruh dunia. Mengecek keadaan dari senar setiap sebelum melakukan pertandingan membantu dalam mempermudah di saat sedang bermain bersama dengan lawan nantinya, ini juga mencegah risiko ketidak fokusan bermain.

Selanjutnya, ada bagian batang dari raket untuk bermain badminton secara nyaman. Batang ini merupakan sebuah penghubung antara pegangan dengan kepala. Untuk batang memiliki bentuk kecil memanjang seperti pada joran pancing, terkadang ada yang memiliki jenis sedikit elastis dan bisa memantul sesuai dengan pukulan dilakukan.

Terakhir ada bagian pegangan karet atau handle grip. Pada bagian ini biasanya diatur dengan sedemikian rupa agar terasa nyaman untuk dipegang saat bermain pada bulutangkis. Biasanya atlet akan memberikan lapisan luar dalam pegangan tersebut berupa karet maupun kain handuk untuk digunakan pada pegangan.

Dengan menambahkan jenis tersebut, maka saat digunakan dalam bermain bulutangkis tidak akan mudah lepas dari tangan. Selain itu, jika sudah memberikan lapisan tambahan, akan memperkecil potensi luka mungkin saja terjadi karena bagian pegangan ini memiliki struktur cukup keras dan biasanya akan terbuat dari bahan kayu.

Perhatikan Beratnya Saat Membeli Raket

raket untuk bermain badminton

Kebutuhan raket setiap orang tentu saja berbeda – beda. Maka dari itu, mencari jenis paling tepat saat akan digunakan merupakan hal penting dilakukan. Mendapatkan raket untuk bermain badminton paling nyaman dengan berat terbaik sesuai dengan tenaga Anda agar bisa digunakan dalam mengontrol bola secara akurat.

Berat raket disimbolkan pada logo U bagian bawah pegangan raket. Ada mulai dari U (95 – 99 gram), kemudian 2U (90 – 94 gram), 3U, seterusnya hingga 6U. Perbedaan dari berat serta ukuran dari lingkaran pegangan digunakan bermain bulutangkis ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan atlet.

Biasanya raket untuk bermain pada bulutangkis terbaik ini memiliki berat ringan. Banyak atlet merasa kesulitan jika mendapatkan raket untuk bermain badminton, yang berat. Selain kesulitan di saat akan menggenggam peganggan, juga sulit untuk menggerakkan secara leluasa ketika bertanding bersama lawan pada pertandingan bulutangkis tersebut.

Pergerakan dari lengan tangan bisa terasa lebih mudah serta nyaman saat sudah memilih menggunakan jenis raket terbaik juga ringan saat digunakan. Kebanyakan orang lebih mementingkan rasa nyaman tersebut sedang berada pada permainan. Maka dari itu, tidak heran jika jenis paling berat U, 2U jarang digunakan.

Pelatihan pegangan juga kekuatan otot lengan bisa dilakukan dengan menggunakan raket tersebut. Namun tentu saja untuk bertanding secara lebih leluasa di dalam game badminton nantinya akan lebih nyaman menggunakan raket dengan berat ringan seperti jenis 3U, 4U, 5U, serta 6U sebagai pilihan bagi banyak orang.

Lakukan Pengecekan Jenis Raket untuk Bermain Badminton

raket untuk bermain badminton

Pengecekan jenis juga bentuk dari kepala raket memberikan kemudahan pemain mendapatkan game terbaik mereka. Bisa dilihat ada beberapa bentuk seperti kotak juga oval sebagai pilihan. Selain itu, disarankan untuk memilih raket yang memiliki berat seimbang antara pegangan dengan kepala agar mudah saat digunakan bertanding nantinya.

Pemilihan dari kepala raket ini juga bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda di dalam bermain bulutangkis. Jika memiliki kemampuan untuk bermain bulutangkis tanpa ada masalah. Maka lebih baik untuk bisa menggunakan cara nyaman dengan Anda mengatur pergerakan semisal lebih unggul dalam melakukan smash maka membutuhkan raket khusus.

Menggunakan raket dengan berat juga bentuk akurat membuat pukulan smash menjadi lebih kuat. Namun tentu saja ada kelemahan dari penggunaan raket untuk bermain badminton, dengan keunggulan mudah digunakan dalam melakukan smash tersebut. Akan sulit untuk menggerakkan secara lincah juga kecepatan lengan menjadi menurun.

Kepala yang ringan membantu seorang atlet untuk bisa bergerak lebih leluasa juga mudah mendapatkan kecepatan di dalam bermain. Selain itu, ini membantu otot lengan bisa menggerakkan secara mudah alat untuk memukul shuttlecock tersebut. Anda akan mudah untuk mengatur kekuatan juga gerakan dilakukan pada lengan jika memilih yang ringan.

Pilih Raket Paling Nyaman untuk Anda Gunakan

raket untuk bermain badminton

Karena ada banyak pilihan alat untuk bermain bulutangkis bisa menjadi pilihan bagi para atlet. Maka Anda yang masih menjadi pemula ataupun sudah lama bermain di dalam olahraga ini juga harus memahami secara baik apa kebutuhan Anda di saat akan berada pada pertandingan, bersama lawan main.

Sangat tidak disarankan juga hanya memilih sebuah raket berdasarkan pada kesukaan terhadap salah satu atlet bulutangkis. Tentu saja setiap orang memiliki kebutuhan berbeda – beda untuk menggunakan raket untuk bermain badminton, maka dari itu, memilih jenis sesuai untuk digunakan merupakan hal terbaik dapat dilakukan pemain.

Baca Juga : Daftar Lapangan Tenis Terbaik di Seluruh Belahan Dunia

Tidak sembarangan saat akan memilih alat permainan badminton membantu Anda merasa lebih nyaman saat mulai berada pada game tersebut. Merasakan olahraga terbaik juga nyaman akan membuat Anda merasa senang. Selain itu, sudah banyak orang bisa mendapatkan hal terbaik di saat bertanding dengan memperhatikan alat permainan.

Teknik permainan untuk kedepannya bisa diatur secara mudah ketika telah menggunakan alat permainan paling nyaman. Jika sudah mendapatkan raket untuk bermain badminton paling nyaman tersebut, maka tidak perlu lagi merasa ragu untuk bisa bertanding secara maksimal bersama dengan lawan main Anda siapapun itu.

Related posts
Badminton

Khasiat Bermain Badminton yang Akan Dirasakan Tubuh

5 Mins read
Ada banyak khasiat bermain badminton yang akan dirasakan oleh tubuh. Namun masalahnya, hanya sedikit orang yang sadar akan hal ini. Sedikitnya orang…
BadmintonEdukasi Olahraga

Tips Menjaga Stamina Saat Bermain Badminton di Lapangan

5 Mins read
Tidak semua orang mengetahui tips menjaga stamina saat bermain badminton. Pembahasan dari hal ini masih terdengar tabu di masyarakat. Ini sebenarnya merupakan…
Badminton

Teknik Dasar Badminton Paling Mudah Diikuti Bagi Pemula

5 Mins read
Setiap atlet profesional harus menguasai teknik dasar Badminton terlebih dahulu. Penguasaan tentang hal tersebut harus dimulai dari sejak dini pada saat bergabung…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *