Badminton

Ranking Pemain Indonesia di Kejuaraan Dunia Badminton 2021!

4 Mins read

Kejuaraan dunia badminton yang akan digelar pada 29 Desember sampai 5 November tahun ini. Menyuguhkan prestis tersendiri bagi para pemainnya. Bagaimana tidak karena tiap tiap negara berlomba satu sama lain agar mendapatkan gelar juara. Begitu juga dengan Indonesia terkenal dengan kemampuan bermain bulu tangkisnya.

Seperti Susi susanti dan dkk berhasil membuat bangga nama Indonesia. Pencapaian Mereka tidak boleh diremehkan karena berhasil menjadi pemain terbaik dunia selama bertahun tahun pada masanya. Begitu juga dengan jaman sekarang, banyak pemain berkualitas yang mengharumkan nama Indonesia. Seperti Marcus Gideon/ Kevin Sanjaya dan lain-lain.

Baca Juga : Three Pointer Kompetisi Bola Basket NBA Terganas Musim Ini

Berbicara kembali mengenai kejuaraan dunia, ini sama persis seperti piala dunia sepak bola. Bedanya pada kejuaraan ini diadakan dengan selang q tahun sekali. Sedangkan untuk badminton diadakan dengan selang 5 tahun sekali. Tapi prestisnya masih sama karena membuat para pemainnya berjuang demi negara tercinta Mereka.

Hal ini memang selalu dipegang berat oleh sektor bulu tangkis karena sepak bola masih belum maju seperti Mereka. Banyak bibit berkualitas pemain badminton Indonesia mampu bersaing di kancah global. Jauh berbanding terbalik dengan kondisi sepak bola Indonesia. Bisa dihitung berapa pemain yang bisa go-internasional.

Berikut adalah Update Ranking Pemain Indonesia di Kejuaraan Dunia Badminton 2021!

Sejarah Kejuaraan Dunia Badminton Lebih Lengkap

Kejuaraan badminton atau BWF diselenggarakan oleh BWF guna menentukan siapa pemain terbaik dunia. Bukan hanya berdasarkan ranking saja tetapi pelaksanaan game juga. Dimulai pertama kali pada tahun 1997, format pertandingan berubah menjadi berbeda pada tahun 1983 menjadi diadakan setiap tiga tahun sekali.

Namun, berubah lagi pada dua tarun berikutnya diadakan menjadi dua tahun sekali. Berlangsung cukup lama sampai 20 tahun, pada akhirnya Badminton World Federation memutuskan untuk mengadakannya sebagai acara tahunan. Meski begitu acara ini tidak akan sepenuhnya dilaksanakan setiap tahun. Hal ini dikarenakan ada Kejuaraan Olimpiade.

Itu berarti pada tahun ketiga kejuaraan akan distop satu kali. Jadi pada tahun ke-empat tidak akan ada kejuaraan dunia badminton yang digelar. Jadi memang semuanya sudah diatur sedemikian rupa agar tidak menggangu jalannya kejuaraan lainnya. Lalu dimana saja lokasi yang sudah mengadakan kejuaraan satu ini?

Sudah pada banyak negara bahkan Indonesia sudah menjadi tuan rumah sebanyak tiga kali. Sebuah catatan paling banyak bila dibandingkan dengan negara lainnya. Hanya Denmark yang mampu menyaingi dengan catatan yang sama. Namun, untuk kejuaraan atau kompetisi mendatang akan dilangsungkan di Huelva, Spanyol.

Tepatnya pada tanggal 29 November sampai 5 Desember 2021. Kejuaraan ini akan diikuti oleh banyak pemain Indonesia. Kali ini target kemenangan dari Indonesia bukan hanya satu dua piala saja. Bila sanggup mendapatkan yang banyak, kenapa harus sedikit. Pastinya pemain Indonesia bersemangat dalam mengejar piala masing-masing

Update Ranking Pemain dari Indonesia di Kejuaraan Dunia Badminton

Kejuaraan dunia badminton

Menurut update terbaru yang sah dari BWF, Indonesia menempatkan banyak pebulutangkis pada posisi 10 besar. Bahkan sebagian besar menempati peringkat 5 besar dunia. Seperti A. S Ginting yang menempati posisi 5 besar dunia sektor tunggal putra. Sebuah pencapaian yang luar biasa untuk saat ini.

Mengingat masih belum ada pemain sepeninggalan Taufik Hidayat yang menorehkan prestasi serupa. Lalu untuk sektor ganda putra, Mohammad Ahsan dan H Setiawan menempati posisi kedua. Posisi kedua merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Hanya saja duet ini biasanya mendapatkan posisi puncak dan harus digeser oleh Lee Yang/ Wai Chi in.

Lanjut pada ganda putri Indonesia Greysia Polii/ Apriyani Rahayu juga harus bersedia turun ke posisi empat. Sesudah digeser oleh duet pebulutangkis asal Thailand bernama Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai. Berlanjut pada ganda campuran Indonesia diwakilkan oleh P Jordan/ Melati D.O menempati posisi ke 7 dunia.

Lalu rekan duet lainnya yang bernama Hafiz Faizal/ Gloria E. Widjaja. Hanya berhasil mendapatkan peringkat 9 sesudah turun dua peringkat. Meski begitu tetap kemampuan bermain Mereka masih mumpuni. Hanya faktor keberuntungan saja yang membuat Mereka banyak tergelincir saat sedang bermain.

Peluang Wakil Indonesia Juarai Kejuaraan Dunia Badminton 2021

Kejuaraan dunia badminton

Melihat update ranking terbaru dari BWF tersebut, peluang Indonesia mendapatkan juara masih terbuka lebar. Terutama pada sektor tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran. Meski begitu perwakilan lainnya juga berpeluang. Hanya saja karena keterbatasan pengalaman dalam bermain. Mungkin bisa menjadi penyebab gagalnya Mereka menjuarai kompetisi.

Kejuaraan dunia badminton ini masih lama digelar harusnya bisa dideteksi siapa pemenangnya dengan bantuan kompetisi terdekat. All England digelar setiap tahun akan digelar pada bukan Maret ini. Lihat saja siapa yang mampu beradaptasi dalam bermain di masa pandemi seperti ini. Tidak ada ball boy menjadi pembeda.

Kini pemain harus mengambil semuanya sendiri sehingga jalannya pertandingan lebih menyusahkan. Pemain harus juga menjaga protocol kesehatan demi menghindari penyebaran virus Covid-19. Tunggu saja siapa yang mampu membawa juga gelar juara bergengsi dari negeri Britania Raya kali ini.

Dengan melihat penampilan pada laga-laga All England serta hasil yang didapatkan darinya. Muncul dugaan motivasi, cidera, dan sebagainya. Jadi data untuk menganalisa lebih dalam pasti muncul. Makanya tunggu saja sampai semuanya selesai khususnya pada kejuaraan paling dekat. Apakah benar Indonesia mampu dapatkan banyak gelar disana.

Seperti yang disampaikan oleh Rionny Maikani, bahwa pada All England pada tanggal 17-21 Maret mendatang. Indonesia mengincar banyak gelar atau paling tidak dapat mendali. Baik emas, perak, atau perunggu. Namun, bila terlalu sulit untuk mendapatkannya. Paling buruk Indonesia harus dapatkan setidaknya satu gelar.

Persiapan dan Komentar Pemain di Kejuaraan Dunia Badminton 2021

Kejuaraan dunia badminton

Kejuaraan dunia badminton persiapan yang dilakukan menurut ketua PBSI Rionny Maikani tentu dilakukan intensif. Jaraknya yang masih sangat jauh dari Olimpiade Tokyo, membuat pemain lebih bisa berlatih intensif nantinya. Hanya saja pola latihan yang harus dilakukan sedikit berbeda. Akibat adanya covid-19, semuanya jadi kacau karena ada pembatasan.

Dalam semua lini kehidupan dan berdampak pada latihan para pemain. Meski begitu para pemain cukup termotivasi untuk dapatkan kemenangan pada kompetisi ini. Kompetisi bergengsi yang diadakan setiap tahun sekali. Memang menjadi buruan bagi banyak pemain andalan negara kita ini.

Namun, menurut pasangan ganda putra terbaik Indonesia Hendra Setiawan/ Mohammad Ahsan. Menyatakan bahwa Mereka realistis terhadap kejuaraan dunia badminton di Huelva Spanyol. Hal ini dilakukan karena Mereka berdua sedang mengincar kemenangan pada Olimpiade Tokyo. “Mohammad Ahsan belum pernah memenangkannya, Jadi Kami mengincarnya” Ujar Hendra Setiawan.

Sama seperti analisa bahwa Mereka pasti akan berfokus dahulu pada kompetisi terdekat. Mulai dari All England dan Olimpiade Tokyo. Sesudah dua kejuaraan tersebut dan lain-lainnya selesai. Mereka bisa gantian fokus guna memenangkan kompetisi tahunan BFW ini.

Baca Juga : Fakta Dibalik Rivalitas Rossi vs Marquez, Begini Mulanya

Kita doakan saja yang terbaik bagi Indonesia agar semua wakilnya mendapatkan gelar. Bila tidak bisa mendapatkan gelar emas semuanya. Mungkin gelar perak dan perunggu bisa jadi pilihan lainnya. Dukungan dari Anda penggemar bulu tangkis mampu membuat perwakilan Indonesia menjuarai kejuaraan dunia badminton 2021 lebih mudah.

Related posts
Badminton

Ingin Memilih Raket untuk Bermain Badminton?

4 Mins read
Pada saat akan bermain, memilih raket untuk bermain badminton merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai permainan tersebut. Menggunakan raket terbaik…
Badminton

Mengenal Legenda Badminton Indonesia yang Berjaya

4 Mins read
Legenda badminton Indonesia cukup penting sepertinya untuk dipahami sebagai salah satu pengetahuan mengenai perkembangan olahraga tersebut khususnya pada skala nasional. Sebagai negara…
Badminton

Istilah Dalam Badminton yang Wajib Anda Ketahui

4 Mins read
Istilah dalam badminton seringkali belum banyak yang mengetahui secara baik dan pastinya cukup rumit untuk dipahami. Istilah tersebut umumnya hanya diketahui oleh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *