Badminton

Istilah Dalam Badminton yang Wajib Anda Ketahui

4 Mins read

Istilah dalam badminton seringkali belum banyak yang mengetahui secara baik dan pastinya cukup rumit untuk dipahami. Istilah tersebut umumnya hanya diketahui oleh beberapa orang saja sebab mempunyai komplekstivitas cukup memadai, apabila Anda merupakan penggemar olahraga ini maka penting untuk memahaminya.

Permainan bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang kerap kali menjadi salah satu sumber hiburan bagi beberapa orang. Dimainkan oleh minimal 2 orang dengan menggunakan raket untuk memukul kok supaya bisa melewati garis tengah sehingga bisa dikembalikan lagi melalui pukulan telak.

Baca Juga : Berikut adalah 4 Hero Harus Diwaspadai di MPL Season7

Banyak spekulasi dan pendapat yang mengartikan tentang perkembangan olahraga ini. Akan tetapi spekulasi paling kuat adalah yang menyebutkan bahwa olahraga ini telah berumur sekitar 2000 tahun, bukan waktu yang singkat untuk suatu olahraga.

Beberapa pendapat juga menunjukkan bahwa sejak zaman mesir kuno permainan ini telah mulai ditemukan. Artinya sudah terlampau jauh suatu permainan ini menghibur beberapa penduduk dunia bahkan pada lintas abad.

Ada juga yang memberikan spekulasi bahwa permainan ini berasal dari negara Tiongkok, sebab dahulu telah ditemukan suatu system permainan bernama Jianzi. Mengapa permainan ini dianggap mirip, sebab aturan dan cara bermainnya cukup banyak mempunyai persamaan dengan olahraga badminton.

Barulah pada tahun 1850 lah permainan ini mulai berkembang menjadi olehraga komersional. Pada tahun ini juga nama Badminton disematkan. Bahkan sampai saat ini olahraga tersebut semakin populer dan mendunia.

Akan tetapi kepupuleran tersebut tidak sebanding dengan pengetahuan mengenai Istilah dalam badminton. Mungkin sebagian orang belum terlalu banyak mengetahui mengenai perkembangan istilah yang biasa dipakai tersebut.

Berikut ini adalah beberapa istilah yang seringkali muncul pada permainan bulu tangkis. Anda bisa mempelajarinya secara detail sehingga mampu memahaminya dengan cukup baik.

Istilah Lapangan Pertandingan untuk Badminton

Istilah dalam badminton

Istilah dalam badminton yang pertama ada pada letak lapangan dan luas di sekitarnya. Ada beberapa istilah yang mungkin akan Anda baru mengetahuinya dalam lingkup lapangan tempat digunakannya area permainan.

  1. Alley

Alley merupakan area yang mengelilingi lapangan tempat bermain, akan tetapi tidak termasuk wilayah permainan pemain. Bisa dibilang bahwa area ini merupakan daerah terluar dari lapangan tempat terselenggaranya badminton, diameter untuk panjang dan lebar Alley berkisar antara 30×40 cm.

  1. Back Boundary line

Istilah kedua adalah back boundary line, merupakan bentang garis belakang dengan jangkauan cukup jauh serta sejajar pada letak net. Fungsi dari garis ini adalah untuk membatasi gerak belakang seorang pemain.

  1. Centre line

Merupakan garis tengah yang menjadi tanda pemisah antara garis kanan maupun kiri pada skala lingkup dalam lapangan

  1. Court

Sebutan untuk lapangan yang digunakan bulu tangkis dalam skala internasional.

  1. Long service line

Suatu garis yang terletak belakang lapangan permainan, apabila kok hendak di serve maka tidak diperbolehkan untuk melewati garis ini.

  1. Net

Merupakan jaring yang memisahkan antara dua pemain. Pembatasan menggunakan net ini secara tidak langsung menjadi suatu peraturan untuk melempar bola kok.

  1. Short service line

Merupakan garis terdekat dengan jaring net, fungsi garis ini merupakan tempat untuk menserve bola ketika permainan di mulai.

  1. Side line

Merupakan garis dengan bentang dalam bagian terluar lingkup permainan. Garis ini sekaligus menjadi salah satu batas agar mudah menentukan sah tidaknya angka untuk bola ketika terjadi tembakan jauh.

  1. T-Junction

Merupakan suatu garis pembatas antara jarak short service line serta center line.

Istilah untuk Alat Permainan Badminton

Istilah dalam badminton

Istilah dalam badminton selanjutnya yang masih jarang untuk diketahui adalah nama dari alat permainan yang dipakai. Beberapa orang kadang masih sulit membedakan dari segi alat dalam bulu tangkis.

Yang pertama tentunya adalah raket, alat ini biasa dipakai untuk memukul bola pada permainan badminton. Bentuk di ujungnya adalah oval dengan berisi jarring, dengan gagang yang sedikit panjang.

Istilah dalam badminton memang hampir sama dengan tennis, Perbedaan dengan raket tennis adalah bentuk raket tennis yang tidak memanjang. Selain itu terdapat bulatan diujungnya cenderung bulan sempurna dan tidak ada gagang panjang seperti rakat badminton.

Alat kedua dari permainan badminton adalah kok. Bola yang dipakai untuk melempar ke arah lawan ini merupakan alat yang terbuat dari gabus diujungnya dengan bentuk setengah lingkaran. Ujungnya terdapat bulu unggas sebagai salah satu alat untuk menyeimbangkan bola saat dipukul.

Sebutan Ketika Permainan Sedang Berlangsung

Istilah dalam badminton

Istilah dalam badminton berikutnya adalah ketika permainan sedang berlangsung. Ada beberapa asepk panduan yang masih menggunakan istilah dengan kecenderungan belum terlalu banyak dikenal.

Pertama ada sebutan challenge, istilah ini merupakan sebutan untuk memberikan kesempatan pada pemain untuk menilai dan mengoreksi apa saja keputusan yang telah diberikan oleh umpire maupun hakim garis. Akan tetapi dengan batas yang cukup diberikan kepada pemain.

Kedua adalah fault, merupakan pelanggaran yang terjadi dalam permainan. Ketika terjadi fault maka bisa dipastikan seorang pemain akan dikurangi pointnya.

Ketiga ada istilah interval, merupakan suatu jeda yang diberikan kepada pemain ketika mencapai angka 11. Jeda ini diberikan biasanya untuk diskusi dengan tim kemudian lapangan bisa dibersihkan terlebih dahulu.

Istilah dalam badminton keempat dalam permainan adalah let. Sebutan ini bisa dikatakan sebagai keputusan wasit untuk memainkan game ulang apabila terjadi kejanggalan. Fungsi dari let tentu mendapatkan hasil lebih jelas pada point tersebut.

Kelima ada out, merupakan posisi bola keluar. Ketika terjadi out maka point lawan yang memukul bola tersebut langsung hangus atau tidak mendapatkan point sama sekali.

Keenam ada rally, istilah ini biasanya disebutkan ketika terjadi pertarungan sengit dalam jangka waktu cukup lama antara dua pemain. Pemain bisa saling beradu ketangkasan dan menahan bola untuk kemudian saling melakukan serangan.

Terakhir ada sebutan unforced error dimana keadaan ini sebagai salah satu human error yang dilakukan oleh seorang pemain. Kesalahan tersendiri dalam pemain biasanya sering terjadi entah salah umpan maupun ketidak mampuan untuk melakukan smash, hal ini biasanya disebut sebagai unforced error.

Sebutan untuk Petugas di Lapangan

Istilah dalam badminton

Istilah dalam badminton terakhir akan membahas mengenai petugas yang berada di lapangan saat permainan berlangsung. Ada beberapa posisi yang wajib ada ketika satu kali sesi pertandingan berlangsung.

Pertama ada line judge, posisi ini merupakan petugas tambahan untuk membantu fungsi dari umpire ketika memutuskan sah tidaknya suatu point. Line judge biasanya menempati posisi di samping lapangan dekat dengan garis.

Kedua ada service judge, posisi tersebut merupakan salah satu yang mengawasi bagaimana bola kok di service. Fungsi dari service judge ini adalah untuk memastikan agar lemparan bola tidak terlalu tinggi.

Baca Juga : Bagaimana Teknik Atlet Tenis Berlatih di Lapangan ?

Terakhir ada sebutan untuk wasit dalam permainan badminton. Seperti pertandingan pada umumnya maka permainan bulu tangkis juga mempunyai hakim sebagai pengadil di lapangan, nah petugas hakim ini dikenal dengan sebutan umpire.

Sebutan dan beberapa fakta diatas merupakan salah satu diantara sekian banyak istilah lainnya, masih ada beberapa Istilah dalam badminton yang patut untuk Anda ketahui.

Related posts
Badminton

Ingin Memilih Raket untuk Bermain Badminton?

4 Mins read
Pada saat akan bermain, memilih raket untuk bermain badminton merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai permainan tersebut. Menggunakan raket terbaik…
Badminton

Mengenal Legenda Badminton Indonesia yang Berjaya

4 Mins read
Legenda badminton Indonesia cukup penting sepertinya untuk dipahami sebagai salah satu pengetahuan mengenai perkembangan olahraga tersebut khususnya pada skala nasional. Sebagai negara…
Badminton

Fakta Badminton Indonesia dan Perkembangannya

4 Mins read
Fakta badminton Indonesia rasanya layak untuk diketahui sebaik mungkin. Sebab negara ini merupakan salah satu dari sekian banyak negara dengan jumlah peminat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *