Badminton

Dasar Servis Bulutangkis, Mudah untuk Pemain Pemula!

4 Mins read

Saat ini, mempelajari mengenai dasar servis bulutangkis agar lebih memahami bagaimana cara untuk memperlakukan shuttlecock pada saat pertama kali bermain juga merupakan hal penting. Apa lagi bagi pemain pemula yang masih pada tahap belajar untuk bermain bulutangkis tersebut.

Mulai belajar dari awal permainan yaitu dengan melakukan servis yang benar menjadi suatu hal terbaik. Modal awal untuk bisa bermain dengan baik pada bulutangkis bukan lain adalah dengan melakukan servis tersebut. Jika bisa mengawali pertandingan secara baik, maka kemungkinan untuk selanjutnya juga bisa lebih baik.

Baca Juga : Los Angeles Lakers Siapkan Transfer dan Gaet Pemain

Mendapatkan poin di saat sedang bermain bulutangkis bisa didapatkan secara mudah saat sudah mulai menggunakan permainan terbaik. Strategi yang sudah disusun dengan sedemikian rupa ketika akan bermain bulutangkis juga perlu diperhatikan kembali, banyak orang mendapatkan kesalahan saat sedang bermain karena ketidaktahuan.

Seorang atlet dapat menggunakan dasar servis bulutangkis sebagai sebuah strategi mendapatkan poin di awal pertandingan. Caranya dengan memanfaatkan servis mematikan untuk membuat lawan main tidak bisa menerima pukulan pertama dilakukan oleh atlet tersebut, sehingga terjadilah poin untuk atlet.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai teknik awal permainan bulutangkis tersebut. Ada juga cara dari penggunaan raket secara baik yaitu menggunakan pegangan sesuai servis nantinya dibuat. Pada awal bermain agar tidak kesulitan menggunakan cara – cara sudah dijelaskan membuat teknik permainan terasa lebih mudah.

Jika merasa kesulitan di awal mempelajari dasar permainan ini, mungkin sudah menjadi sebuah hal biasa. Dengan terus berlatih dan tidak mengenal lelah untuk terus bermain pada bulutangkis tersebut. Maka Anda akan semakin terbiasa untuk bisa bermain dengan baik pada permainan sehingga bisa tampil lebih baik.

Pahami Terlebih Dahulu Aturan Dasar Servis Bulutangkis

dasar servis bulutangkis

Memahami aturan – aturan dasar untuk mengawali permainan bisa membuat Anda lebih mudah bisa bermain secara baik. Selain itu, jika telah memahami secara maksimal semua aturan telah diberikan, maka hal ini dapat meminimalkan risiko tidak diinginkan saat sedang bermain pada bulutangkis ini.

Pertama untuk posisi raket haru di bawah dada, jika berada sejajar atau di atasnya maka akan langsung didiskualifikasi saat melakukan servis. Selanjutnya letak raket bagian daun juga harus berada pada posisi lebih bawah dibandingkan dengan pegangan agar bisa digunakan memukul shuttlecock secara benar.

Kemudian dasar servis bulutangkis, lainnya perlu dipahami adalah pada saat melakukan pukulan pertama tersebut perhatikan secara baik posisi tubuh Anda. Jika sudah memposisikan tubuh seperti kaki kiri diatur agar statis dan dapat memberikan kekuatan saat sudah dimulainya permainan.

Disarankan juga untuk hanya melakukan pergeseran kecil saja saat sedang melakukan pukulan pertama tersebut. Dalam arti lain, tidak perlu mengangkat kaki dari tanah atau lapangan saat sedang melakukan pukulan pertama tersebut agar tetap stabil. Jadi pukulan dihasilkan juga stabil dan baik.

Ketika akan mengayunkan raket, juga memiliki teknik tersendiri agar tidak terjadi kegagalan. Tidak diperbolehkan untuk mengayunkan raket lebih daru satu jail saat servis. Jadi harus dalam satu kali ayunan untuk bisa memberikan pukulan terbaik sehingga masuk pada kawasan lapangan lawan main.

Jika sudah melakukan pukulan pada servis tersebut, baru pemain yang melakukan pukulan bisa mula bergerak. Akan lebih baik jika langsung memposisikan diri pada tempat strategis yaitu tengah atau bagian depan jika bermain double agar bisa menerima pengembalian shuttlecock secara mudah.

Apa Saja Kesalahan Pasa Saat Servis? Berikut Penjelasannya

dasar servis bulutangkis

Jika tadi sudah membahas mengenai aturan sebagai dasar servis bulutangkis. Maka sekarang ada juga beberapa kesalahan yang mungkin saja terjadi saat seseorang sedang melakukan pukulan pertama seperti posisi raket tidak benar sehingga didiskualifikasi pada saat servis saat posisi raket lebih tinggi dari pinggang.

Selanjutnya, ketika memukul bola, juga daun raket tidak diperbolehkan untuk sejajar atau lebih tinggi dibandingkan dengan grip. Jika hal tersebut terjadi, maka servis diberikan akan berubah menjadi sebuah smash. Hal ini tidak diperbolehkan saat sedang bermain bulutangkis karena menyalahi aturan.

Kaki sebagai tumpuan, baik kanan maupun kiri juga harus diperhatikan secara baik. Jika sedang melakukan pukulan pertama tersebut dan salah satu kaki menginjak atau keluar dari garis pada lapangan. Maka servis telah dibuat tersebut gagal untuk dinyatakan masuk pada lapangan lawan, lawan mendapatkan poin.

Untuk dasar servis bulutangkis, selanjutnya yang tidak boleh dilakukan adalah kaki kiri melangkah saat sedang melakukan pukulan. Atau jika tidak kaki kanan melangkah saat sebelum memukul shuttlecock. Hal ini tidak diperbolehkan bagi pemain karena sudah menyalahi aturan telah diberikan pada permainan.

Jika saat sedang melakukan rangkaian ayunan shuttlecock terputus maupun double, maka pukulan pertama dianggap tidak sah. Selain itu, bagi pihak lawan juga tidak boleh bergerak sebelum shuttlecock dipukul oleh pemain, jika bergerak maka akan terjadi kesalahan saat permainan berlangsung.

Jenis yang Bisa Digunakan Sebagai Dasar Servis Bulutangkis

dasar servis bulutangkis

Jika ingin memahami lebih dalam terdapat 3 jenis pukulan bisa digunakan saat bermain bulutangkis. Ketiga jenis pukulan dasar ini bisa dijadikan sebagai cara terbaik ketika sedang bermain. Anda dapat menggunakan sesuai kebutuhan pada pukulan tersebut sehingga mudah saat sudah mulai bermain.

  1. Servis forehand pendek

Untuk melakukan servis forehand pendek ini, bisa dengan melakukan pukulan bola pendek. Ayunan raket dikenakan di antara daun, posisi siku tangan berada pada keadaan sedikit menekuk. Jika dalam keadaan menekuk, maka ini bisa meredam tenaga dikeluarkan agar tidak melampaui pukulan dibutuhkan.

  1. Servis forehand tinggi

Sama dengan posisi sebelumnya, namun untuk dasar servis bulutangkis forehand tinggi diharuskan untuk memukul bola sekuat tenaga. Ini ditujukan agar dapat menghasilkan bola panjang juga tinggi dalam melambung. Bola juga akan tegak lurus saat masuk pada lapangan lawan.

Disarankan juga untuk melatih pukulan tersebut secara berulang – ulang. Hal ini dikarenakan pukulan tinggi harus menggunakan tenaga cukup banyak. Jika ingin menghasilkan servis terbaik, maka berlatih terus agar dapat menghasilkan pukulan terbaik merupakan jawaban agar dapat bermain dengan baik.

  1. Servis backhand

Kebanyakan servis ini digunakan saat sedang bermain double bersama dengan rekan bermain Anda. Ketika sedang melakukan pukulan ini, lebih banyak ditujukan untuk pukulan dalam jarak pendek, namun bisa juga menjadi pukulan jauh. Dengan memposisikan raket di depan pinggang, maka sudah bisa melakukan pukulan.

Tips Servis Mudah untuk Pemula

Jika masih menjadi pemula maka dasar servis bulutangkis menjadi suatu hal penting untuk dipelajari kembali. Jika sudah menggunakan servis terbaik, maka bukan tidak mungkin jika lebih mudah dalam permainan tersebut bersama dengan lawan main Anda, saat sudah menggunakan teknik terbaik.

Seorang pemain pemula bisa mendapatkan poin dengan baik jika sudah memahami permainan mulai dari servis secara matang. Belajar terus untuk bisa menguasai satu pukulan ini, bisa membuat lawan main merasa kewalahan dengan pukulan Anda berikan mulai dari awal permainan berlangsung.

Baca Juga : Macam-macam Liga Sepak bola Indonesia yang Harus Diketahui

Maka dari itu, tidak heran jika untuk menjadi seorang pemain terbaik mulai dari pemula juga harus bisa melakukan dasar servis bulutangkis dengan baik. Banyak pemain akan lebih nyaman jika sudah mengetahui aturan dasar servis bulutangkis secara nyaman dan tidak memberikan beban kepada semua pemain pemula tersebut.

Related posts
Badminton

Ingin Memilih Raket untuk Bermain Badminton?

4 Mins read
Pada saat akan bermain, memilih raket untuk bermain badminton merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai permainan tersebut. Menggunakan raket terbaik…
Badminton

Mengenal Legenda Badminton Indonesia yang Berjaya

4 Mins read
Legenda badminton Indonesia cukup penting sepertinya untuk dipahami sebagai salah satu pengetahuan mengenai perkembangan olahraga tersebut khususnya pada skala nasional. Sebagai negara…
Badminton

Istilah Dalam Badminton yang Wajib Anda Ketahui

4 Mins read
Istilah dalam badminton seringkali belum banyak yang mengetahui secara baik dan pastinya cukup rumit untuk dipahami. Istilah tersebut umumnya hanya diketahui oleh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *