Badminton

Atlet Badminton Indonesia Paling Sukses dan Melegenda Semua Sektor

4 Mins read

Atlet badminton Indonesia selalu menjadi kebanggaan untuk negeri karena membawa nama negara pada ajang internasional. Meski belum mampu meraih juara dalam suatu turnamen, nyatanya tetap didukung dengan baik oleh para suporter. Hal inilah yang membuat pebulutangkis selalu percaya diri saat bertanding demi mengalahkan lawan berat.

Baca Juga : Pemain Sepakbola Eropa dengan Kondisi Fisik Terbaik

Sampai sekarang sudah ribuan pebulutangkis mampu mengharumkan nama negara. Memang tidak semuanya punya prestasi banyak, tapi ada beberapa nama daftar legenda badminton terbesar. Daftar pebulutangkis terbaik negeri kita tergolong dalam beberapa sektor berbeda, misalnya tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Atlet Badminton Indonesia Tunggal Putra Tersukses

atlet badminton Indonesia

Untuk sektor tunggal putra legenda terbaik, nama pertamanya bisa kita sematkan buat Rudy Hartono. Beliau memang legenda sejati dan bahkan belum ada saingannya dalam bidang prestasi untuk sektor Mens Single. Sepanjang karirnya Rudy Hartono merengkuh 8 All England, 1 World Championship dan 4 piala Thomas.

Jauh sebelumnya, ada atlet badminton Indonesia bernama Tan Joe Hok yang aktif bermain tahun 1960-an. Bisa dibilang beliau paling senior tapi merupakan atlet kebanggaan negeri kala itu. Tan Joe Hok mampu menjadi kampiun 3 piala Thomas, 1 All England dan emas asian games 1962, Jakarta.

Tahun 90-an, mungkin Anda mengenal Alan Budikusuma karena berhasil meraih emas olimpiade Barcelona. Padahal Alan dulu banyak saingannya dan tetap juara satu ditambah istrinya saat ini juga berhasil meraih emas olimpiade Barcelona waktu itu. Padahal sebenarnya Alan Budikusuma kurang beruntung waktu bermain pada kejuaraan lain.

Atlet badminton Indonesia Mens Single lainnya yakni Liem Swie King yang berhasil membawa 3 All England, 1 emas asian games dan 3 piala Thomas. Selain itu Liem Swie King pernah bermain untuk sektor ganda bersama Kartono dan Bobby. Uniknya King tetap meraih banyak gelar bergengsi.

Sementara itu untuk tahun 2000-an, kebanyakan orang lebih mengenal Taufik Hidayat. Prestasinya memang besar seperti emas olimpiade Athena, 1 kejuaraan dunia, 2 piala Thomas dan 2 emas asian games. Taufik Hidayat punya julukan Bad Boy karena cenderung sering memberi kritikan super pedas untuk pengurus PBSI.

Pebulutangkis Tunggal Putri Legenda PBSI

atlet badminton Indonesia

Dalam sektor Womens Single, pastinya Susi Susanti memang belum ada yang mampu menyaingi prestasinya bahkan sampai sekarang. Sepanjang karirnya, Susi Susanti pernah meraih satu emas dan satu perunggu olimpiade. Selain itu untuk turnamen lain berhasil menjuarai 4 All England serta 2 kali kampiun kejuaraan dunia.

Pada saat itu atlet badminton Indonesia yang diharapkan menjadi pengganti Susi Susanti adalah Maria Kristin Yulianti. Tepatnya sekitar tahun 2000-an tapi sayangnya hanya berhasil membawa pulang satu perunggu olimpiade saja. Maria Kristin Yulianti terkenal sebagai pebulutangkis unik karena cara smash dan memukul kok tidak biasa.

Selain Maria Kristin Yulianti, negara kita juga pernah diwakili oleh Mia Audina. Saat masih berkarir, beliau terkenal karena memberi poin kemenangan buat tim Uber Indonesia di partai Final sehingga menjadi juara. Padahal saat itu masih sangat muda, selain uber Mia Audina pernah meraih perak olimpiade.

Jauh sebelumnya, ada atlet badminton Indonesia bernama Ivana Lie di mana terkenal tahun 80-an. Ivana Lie berhasil merengkuh juara dua World Championship. Ivana Lie sebenarnya pernah jaya saat dipasangkan bersama Christian Hadinata karena juara dunia 1985.

Sementara itu untuk tahun 2010-an, ada nama Lindaweni Fanetri yang masih terus berjuang karena belum memiliki gelar besar. Sebelumnya kita punya Bellaetrix Manuputty yang mampu meraih emas sea games sehingga digadang-gadang sebagai kebangkitan tunggal putri. Tapi cukup menyakitkan karena Bella pensiun dini karena cedera parah.

Atlet Badminton Indonesia Sektor Ganda Putra dan Putri

atlet badminton Indonesia

Untuk sektor Mens Double, pertama yakni Mohammad Ahsan Hendra/Hendra Setiawan. Mereka punya julukan The Daddies dan berhasil juara All England, World Superseries Final, BWF World Tour Finals sampai asian games sehingga panutan menjadi atlet muda. Sebelumnya ada duet Markis Kido/Hendra Setiawan dan juara olimpiade Beijing.

Saat ini Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tergolong sebagai ganda putra terbaik. Bahkan bisa dibilang kalau levelnya berbeda karena mampu menembus ranking satu untuk periode terlama. Mereka juga peraih juara World Superseries Final, All England, emas asian games dan berbagai superseries terbuka kelas internasional lainnya.

Kalau senior Kevin/Marcus, yakni Christian Hadinata/Ade Chandra dengan raihan 2 kali juara Thomas Cup. Ada juga Eddy Hartono/Rudy Gunawan di mana duet maut tersebut mampu sampai final olimpiade Barcelona tapi hanya membawa perak. Berbeda dengan Chandra Wijaya/Tony Gunawan yang berhasil membawa pulang emas olimpiade Sydney.

Atlet badminton Indonesia legenda sektor Mens Double selanjutnya yakni Tjun Tjun/Johan Wahyudi. Mereka sangat melegenda tepatnya sekitar tahun 1970-an, apalagi sudah 6 kali juara All England Prestasi tersebut sangat membanggakan apalagi juniornya seperti Ricky Subagja/Rexy Mainaki berhasil menyanyikan lagu kebangsaan saat mengikuti olimpiade Atlanta 1996.

Sementara itu sektor Womens Double, legendanya adalah Verawati Fajrin/Imenda Wigoena. Mereka mendapat emas asian games 1978 dan All England 1979. Selain itu Indonesia pernah diwakili sama Elysa Nathanael/Zelin Resiana dengan raihan besar seperti 2 piala Uber berturut-turut 1994 dan 1996 sampai sebuah emas sea games.

Negara kita sebelumnya juga pernah diwakili oleh Liliyana Natsir/Vita Marissa yang berhasil 2007 juara di Tiongkok. Selain itu prestasi penting pernah diberi oleh pasangan Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii di mana meraih emas asian games Incheon dan beberapa kali merajai ajang turnamen terbuka asia dan eropa.

Pasangan Ganda Campuran Legenda Terbaik

atlet badminton Indonesia

Kalau berbicara mengenai siapa pasangan ganda terbaik milik negara, mungkin orang langsung menyebut nama atlet badminton Indonesia Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir. Tidak salah karena sejak dipasangkan tahun 2010, menggantikan Nova Widianto ternyata terbilang sangat sukses. Bahkan Tantowi/Liliyana mampu menjadi nomor satu dalam turnamen sekelas All England sebanyak 3 kali.

Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir juga pernah 2 kali juara ajang BWF World Championship. Lebih membanggakan lagi karena sudah pernah membawa pulang medali emas olimpiade. Mereka juga sudah 2 kali Indonesia Open dan turnamen berkelas lain, sayang keduanya memutuskan pensiun karena merasa cukup dengan prestasinya.

Untuk legenda senior, mungkin kita bisa menyebut atlet badminton Indonesia Christian Hadinata/Imelda Wigoena. Mereka merajai All England tahun 1979. Imelda Wogoena sendiri termasuk fleksibel karena bisa ditempatkan pada sektor ganda putri dan mampu juara turnamen berkelas.

Perjuangan dalam sektor Mix Doubles sebelumnya pernah dibawa oleh Praveen Jordan/Debby Susanto yang menjuarai All England 2016. Praveen/Debby termasuk stabil sehingga mampu mengalahkan Mix Double terbaik dunia lainnya. Sekarang Praveen berpasangan dengan Melati Daeva Oktavianti dan pernah ranking 4 BWF.

Untuk saat ini, Indonesia masih punya banyak bakat dalam sektor Mix Double. Misalnya Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaya dan Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari. Selain itu junior lain seperti Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati sedang berjuang masuk ranking atas BWF.

Baca Juga : Atlet Basket NBA Paling Kaya dan Sukses Sepanjang Sejarah

Prestasi melimpah para pebulutangkis tersebut memang harus kita apresiasi dengan baik meski banyak yang sudah pensiun. Untuk atlet aktif juga harus didukung memakai cara baik tanpa memberi beban terlalu besar karena berpengaruh terhadap hasil pertandingan. Jadi, atlet badminton Indonesia kita harapkan bisa terus memberi manfaat.

Related posts
Badminton

Ingin Memilih Raket untuk Bermain Badminton?

4 Mins read
Pada saat akan bermain, memilih raket untuk bermain badminton merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai permainan tersebut. Menggunakan raket terbaik…
Badminton

Mengenal Legenda Badminton Indonesia yang Berjaya

4 Mins read
Legenda badminton Indonesia cukup penting sepertinya untuk dipahami sebagai salah satu pengetahuan mengenai perkembangan olahraga tersebut khususnya pada skala nasional. Sebagai negara…
Badminton

Istilah Dalam Badminton yang Wajib Anda Ketahui

4 Mins read
Istilah dalam badminton seringkali belum banyak yang mengetahui secara baik dan pastinya cukup rumit untuk dipahami. Istilah tersebut umumnya hanya diketahui oleh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *